Alami Kendala, Puluhan Pendaftar CPNS Konsultasi ke Kanreg I BKN

Oleh: Irwan Syambudi - 9 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Puluhan pendaftar CPNS itu mengalami kendala saat melakukan input data.
tirto.id - Para pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih mengalami kendala saat melakukan pendaftaran. Bahkan, setiap hari ada puluhan orang yang berkonsultasi ke Kantor Regional (Kanreg) I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta-Jawa Tengah perihal pendaftaran CPNS.

Bagian Hubungan Masyarakat Kanreg I BKN, Gunadi mengatakan, selain datang langsung ke Kanreg di Jalan Magelang Kilometer 7,5, Yogyakarta, mereka juga menghubungi melalui telepon dan juga melalui laman resmi Kanreg.

"Yang datang setiap hari sekitar 10 orang, kalau yang telepon bisa sampai 15-20 orang. Total hari ini 14 orang, kemarin 23 orang. Rata-rata setiap hari 20 orang," kata dia saat dihubungi Tirto, Selasa (9/10/2018).

Menurut dia, para pendaftar CPNS itu banyak yang berkonsultasi soal input data. Banyak di antara mereka mengalami kesalahan dalam melakukan input data, hingga kebingungan untuk mengoreksinya.

Padahal, menurut Gunadi, segala petunjuk dan prosedur pendaftaran sudah tersedia di laman resmi BKN. Untuk itu, para pendaftar seharusnya tidak perlu ke kantor Kanreg untuk melakukan konsultasi. "[Tapi] teman-teman yang mendaftar kebanyakan hanya mendapatkan informasi sekilas, padahal di aturan umumnya itu ada," jelasnya.

Selain itu, kata dia, laman resmi BKN juga sudah lebih mudah diakses dibandingkan dengan awal masa pendaftaran. Di sisi lain, lanjut dia, pihaknya juga tidak dapat menangani langsung apabila terjadi kendala dalam mengakses laman resmi.

"Kalau di Kanreg I tidak menangani masalah webnya [laman resmi pendaftaran CPNS]. Kami hanya memberikan bantuan helpdesk saja, misalnya si A kalau ada kesalahan penulisan harus kemana," kata dia.

Sementara itu, salah seorang pendaftar CPNS asal Yogyakarta, Rida Pertana mengaku sempat menemui kendala pada saat mengakses laman resmi pendaftaran CPNS. Pasalnya, ia baru bisa mengakses ke laman itu pada waktu dini hari.

Selain itu, Rida juga harus melakukannya berkali-kali saat mengunggah dokumen. "Pas unggah dokumen harus di-refresh berulang-ulang. Mungkin karena server-nya penuh," ujarnya.

Pendaftar CPNS lainnya, Anif Randika juga mengalami hal sama. Ia mengaku sulit mengakses pada masa awal pendaftaran dulu. "Unggah dokumennya lama, kalau siang sulit sekali diakses," ujar Anif.


Baca juga artikel terkait CPNS 2018 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight