tirto.id - Contoh soal USP Sejarah Indonesia kelas 12 dan kunci jawabannya dapat digunakan peserta didik sebagai bahan pembelajaran menghadapi USP (Ujian Satuan Pendidikan).
Apa materi dan bagaimanakah contoh latihan soalnya?
USP merupakan tes untuk mengukur kompetensi murid sebagai pengakuan prestasi maupun penyelesaian dari satuan pendidikan. Adapun tujuan diadakan ujian tersebut untuk mengevaluasi pengetahuan peserta didik selama belajar di instansinya.
Materi Sejarah Indonesia Kelas 12
Dalam Sejarah untuk SMA/MA Kelas XII (2022) yang ditulis Martina Safitry dkk., peserta didik kelas 12 diberikan 4 fokus materi dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia. Berikut ini daftar materinya lengkap dengan pembagian sub bahasannya.
Bab 1: Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
A. Pembentukan Negara dan Pemerintahan Republik Indonesia
B. Pergolakan di Awal Revolusi
1) Perebutan Senjata dan Pengambilalihan Kekuasaan dari Pihak Jepang
2) Kedatangan Sekutu dan NICA
- Pertempuran Medan Area
- Bandung Lautan Api
- Palagan Ambarawa
- Pertempuran Surabaya
- Pertempuran Palembang
- Puputan Margarana
- Pertempuran Makassar
D. Perubahan dari RIS Menuju NKRI
E. Peran Rakyat dalam Revolusi Nasional
- Peran Perempuan
- Peran Seniman dan Sastrawan
- Peran Pelajar dan Mahasiswa
A. Indonesia di Tengah Konstelasi Perang Dingin
B. Ketersebaran Kekuatan dan Identitas Nasional Baru
- Gerakan Perempuan
- Pemilihan Umum Pertama
- Nasionalisme, Agama, dan Komunis (Nasakom)
- Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia (DI/TII)
- PRRI/Permesta
- Asian Games ke-4 dan Penyelenggaraan GANEFO
- Pembangunan Proyek Mercusuar
- Kebijakan Kesehatan
- Kebijakan Pendidikan
Bab 3: Indonesia Masa Orde Baru
A. Masa Transisi Menuju Orde Baru
- Aksi Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura)
- Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar)
- Dualisme Kepemimpinan Nasional
- Memindahkan Poros Politik hingga Memberlakukan Politik Tiga Warna
- Ekonomi sebagai Panglima Pembangunan
- Penegakkan Hegemoni Lewat Aspek Sosial dan Budaya
D. Masa Akhir Pemerintahan Orde Baru
Bab 4: Indonesia Masa Reformasi
A. Reformasi: Awal Demokrasi Politik yang Terbuka
- Pengertian Revolusi dan Reformasi
- Detik-Detik Menuju Reformasi
C. Reformasi Birokrasi dan BUMN
- Penerimaan ASN yang Terbuka
- Reformasi Lembaga Negara
- Peraturan Ketenagakerjaan yang Lebih Memihak Para Pekerja
- Otonomi Daerah
- Kebebasan Menyatakan Pendapat dan Aspirasi Politik
- Berkembangnya Partai Politik
- Pemilu Langsung
- Kebebasan Pers dan Jurnalisme Warga
- Pembangunan Infrastruktur Transportasi hingga Perbatasan
- Pembangunan Infrastruktur Teknologi dan Sosial
- Gempa Bumi dan Tsunami Aceh
- Gempa Jogja dan Letusan Gunung Merapi
- Gempa, Tsunami, dan Likuefaksi di Palu
Contoh Soal USP Sejarah Indonesia Kelas 12 dan Jawaban
Berikut ini sejumlah contoh soal USP Sejarah Indonesia kelas 12 dan jawabannya.
Pilihan Ganda
1. Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, manusia masih terbatas kegiatannya untuk menghadapi kondisi alam. Cara pikir manusia masih rendah, menghasilkan perpindahan tempat dalam hidupnya. Lalu, bergantung kepada alam dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan.
Berdasarkan paparan tersebut, salah satu referensi kehidupan manusia pada masa itu adalah….
A. hidupnya nomaden
B. mulai menetap
C. tinggal di pinggir pantai
D. mulai bercocok tanam
E. tidak tergantung pada alam
Jawaban: A
2. Pembabakan masa praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam, disebut…
A. periodisasi
B. kronik
C. kronologi
D. anakronis
E. kontinuitas
Jawaban: A
3. Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia telah mengubah struktur sosial masyarakat Indonesia, sebelumnya bergaya Hindu-Buddha. Kehadiran agama Islam dapat diterima baik masyarakat Indonesia.
Faktor penyebab Islam berkembang pesat di Indonesia adalah….
A. penyebaran agama Islam di masyarakat dilakukan secara damai
B. ajaran agama Islam mudah dipelajari oleh bangsa Indonesia
C. pengaruh Hindu-Buddha hanya terdapat di kalangan istana
D. keimanan masyarakat Indonesia telah terbentuk sebelumnya
E. Hindu terdapat perbedaan status seseorang dalam masyarakat
Jawaban: B
4. Proklamasi kemerdekaan RI dilaksanakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta. Tempat tersebut dalam konsep ilmu sejarah termasuk dimensi….
A. waktu
B. manusia
C. kronologi
D. dinamika
E. ruang
Jawaban: E
5. Tengkorak Pithecanthropus erectus dari Trinil sangat pendek, namun panjang ke bagian belakang. Volume otak sekitar 900 cc, berbeda dengan otak kera (600 cc) dan otak manusia modern (1.200-1.400 cc). Tulang kening diklaim sangat menonjol, di bagian belakang mata ada penyempitan jelas sehingga dideskripsikan otaknya belum berkembang. Pada bagian belakang kepala tampak meruncing, diprediksi pemiliknya berjenis kelamin perempuan. Adapun kaburnya sambungan perekatan antartulang kepala dianggap menunjukkan bahwa individu ini sudah dewasa.
Temuan Homo erectus juga ditemukan di Ngandong, yaitu sebuah desa di tepian Bengawan Solo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tengkorak Homo erectus Ngandong berukuran besar dengan volume otak rata-rata 1.100 cc. Ciri-ciri ini menunjukkan Homo erectus ini lebih maju bila dibandingkan dengan Homo erectus yang ada di Sangiran. Manusia Ngandong berumur berumur antara 300.000 sampai 100.000 tahun.
Berdasarkan paparan tersebut dapat diketahui bahwa perbedaan Pithecantropus Erectus dan Homo Erectus terdapat pada… .
A. jenis kelamin
B. sambungan antar tulang kepala
C. bagian belakang mata
D. tulang kening
E. volume otak
Jawaban: C
6. Kajian gejala sosial dengan memfokuskan hukum kausalitas, misalnya latar belakang, sebab, proses, sampai akibat yang muncul, secara memanjang dan berdimensi waktu, merupakan bentuk pengkajian yang bersifat….
A. statis
B. struktural
C. dinamis
D. diakronis
E. sinkronisasi
Jawaban: C
7. “Semasa kecil” dalam konsep ilmu sejarah termasuk dimensi…
A. waktu
B. manusia
C. kronologi
D. dinamika
E. ruang
Jawaban: A
8. Salah satu konsep berfikir yang digunakan seorang sejarawan sinkronik, yaitu…
A. mengutamakan urutan peristiwa-peristiwa sejarah
B. mempelajari peristiwa berdasar pembabakan suatu masa
C. sejarah yang berdasarkan realitas suatu peristiwa
D. mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu
E. sejarah sejarah berdasarkan catatan-catatan perjalanan
Jawaban: D
9. Objek yang dipelajari dalam ilmu sejarah adalah manusia dan masyarakat….
A. yang hidup pada masa lampau
B. Dalam sudut pandang ekonomi.
C. yang melakukan peristiwa besar
D. dalam waktu yang relatif lama
E. dalam sudut pandang tempat.
Jawaban: A
10. Dengan membaca dan mempelajari sejarah, kita merasa dibawa pulang menembus dimensi ruang dan waktu. Guna sejarah dalam konteks ini adalah…
A. rekreatif (memberi kesenangan)
B. edukatif
C. inspiratif (memberi inspirasi)
D. instruktif (membantu mengatur)
E. aspiratif (menerima aspirasi)
Jawaban: A
11. Sejarah saling terkait satu sama lain dikenal sebagai diakronis, ilmu-ilmu sosial lain bersifat sinkronis yaitu…
A. menyempit dalam ruang
B. memanjang dalam waktu
C terbatas pada ruang dan waktu
D. tidak ada batasan dalam waktu
E. melebar dalam ruang
Jawaban: E
12. Salah satu sumber sejarah tertulis adalah…
A. Artefak
B. Fosil
C. Tengkorak
D. Prasasti
E. Candi
Jawaban: D
13. Sejarah menunjukkan peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau, karena….
A. peristiwa merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang memperbaiki bangsa Indonesia untuk bangkit dari penjajah
B. peristiwa sejarah disimpan sebagai fakta, kejadian dan kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau
C. peristiwa masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah catatan karya sejarah
D. peristiwa yang terjadi pada saat itu disebabkan karena peristiwa yang terjadi sebelumnya.
E. sejarah merupakan kumpulan peristiwa masa lalu yang dikonstruksikan sesuai zamannya
Jawaban: B
14. Perhatikan benda-benda bersejarah berikut!
(1) peralatan dari tulang
(2) Kehidupan di gua
(3) Gambar tapak tangan di dinding gua
(4) Kapak batu bergerigi
Hasil budaya masa mesolithikum ditunjukkan nomor….
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (2)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
E. (2) dan (3)
Jawaban: E
15. Perhatikan sejumlah keterangan berikut!
(1) Mencari sumber makanan yang tersedia
(2) Goa sebagai tempat tinggal
(3) Hidupnya masih berpindah-pindah
(4) Sudah ditemukan bukti tertulis
Ciri-ciri kehidupan manusia masa berburu dan meramu makanan tingkat awal (paleolithikum) adalah….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
Jawaban: D
16. Selain membahas bagaimana (bagaimana) peristiwa sejarah terjadi, sejarawan juga mengkaji….
A. why (Mengapa), Where (Dimana), What (Apa)
B. who (Siapa), When (Kapan) dan Where (Dimana)
C. When (Kapan), Where (Dimana) dan What (Apa)
D. why (Mengapa), When (Kapan) dan Where (Kapan)
E. who (Siapa), Why (Mengapa), dan When (Kapan)
Jawaban: E
17. Heuristik dalam sejarah artinya….
A. menganalisis sumber-sumber sejarah
B. memanfaatkan sumber sejarah-sumber sejarah
C. mengkaji sumber sejarah yang digunakan
D. mencari dan memilah-milah sumber sejarah
E. mencari dan menghimpun sumber sejarah
Jawaban: C
18. Pada masa pergerakan nasional, NU dan Muhammadiyah sebagai organisasi memiliki persamaan dalam pergerakan….
A. untuk mendukung pemerintah kolonial
B. corak pergerakan bersifat sosial politik
C. bergerak di bidang sosial keagamaan
D. berani kebijakan kebijakan pemerintah
E. bergerak di bidang politik dan keagamaan
Jawaban: E
19. Pulang dari Belanda, Ki Hajar Dewantara pada tahun 1922 memberikan perlawanan politik. Namun, berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa dengan lembaga pendidikan bernama…
A. Perguruan Tri Koro Darmo
B. Perguruan Pondok Pesantren
C. Perguruan Taman Siswa
D. Perguruan Nahdlatul Ulama
E. Perguruan Muhammadiyah
Jawaban: C
20. Masyarakat prasejarah masa perundagian sudah cukup maju lantaran….
A. mengenal organisasi dalam masyarakat
B. menerapkan sistem pertanian ladang
C. cara memahami mengolah makanan
D. menggunakan hari dan sistem penanggalan
E. mengenal kebudayaan perunggu dan besi
Jawaban: A
21. Kehidupan masyarakat Indonesia setelah masuknya kebudayaan Hindu-Budha, misalnya…
A. adanya sistem ekonomi uang dalam perdagangan
B. berubahnya food gathering menjadi penghasil pangan
C. diberlakukannya sistem pemerintahan kerajaan
D. dibatasinya kekuasaan raja dalam pemerintahan
E. proses yang terjadi akulturasi di bidang kepercayaan
Jawaban: E
22. Pedagang Arab, India, dan Persia, berbaur dengan orang Jawa, Melayu, Sunda, dan suku bangsa lain, kemudian tinggal serta menetap di wilayah tersebut. Hal ini membuktikan Islam masuk ke Indonesia melalui….
A. penjajahan
B. pendudukan
C. pemaksaan
D. perkawinan
E. penyiaran
Jawaban: D
23. Kehidupan sosial saat masa Hindu adalah….
A. berkembangnya sistem kasta di masyarakat
B. raja sebagai penguasa atas sistem pemerintahan
C. bangsawan sebagai penguasa atas lahan pertanian
D. pemangku adat sebagai tokoh masyarakat yang disegani
E. sebagai panglima perang yang ditakuti anak buahnya
Jawaban: A
24. Prasasti Wonogiri (903 M) mengandung informasi bahwa beberapa desa yang ada di kanan dan kiri sungai bebas dari pajak dengan tujuan…
A. tetap menjamin kelancaran lalu-lintas perdagangan lewat sungai.
B. membuka lahan pertanian di sepanjang aliran sungai
C. membangun pelabuhan-pelabuhan di sepanjang sungai
D. terbentuknya pasar-pasar sebagai pusat aktivitas ekonomi rakyat
E. mengembangkan pusat kebudayaan di sepanjang sungai
Jawaban: B
25. Negara barat berlomba-lomba mencari dunia Timur, secara khusus Nusantara. Dilihat dari bidang politik, perjalanan mereka bertujuan untuk….
A. melaksanakan perdagangan monopoli
B. menaklukkan raja-raja lokal di nusantara
C. melaksanakan misi suci agama nasrani
D. mewujudkan semboyannya yaitu emas
E. menanam investasi untuk perkebunan
Jawaban: A
26. Manusia praaksara meninggalkan benda berupa gerabah dan tembikar. Barang itu masih ada dan dipakai untuk mendesain gentong, ulekan, serta kendi. Mengapa hal ini bisa terjadi adalah….
A. benda-benda tersebut masih mempunyai nilai keindahan
B. benda-benda tersebut merupakan barang antik
C. benda-benda tersebut masih dimanfaatkan oleh manusia
D. untuk kesehatan
E. untuk sarana ibadah
Jawaban: C
27. Masa bercocok tanam, cara berpikir manusia mulai berkembang, timbul upaya menyiapkan bahan makanan, dan merencanakannya cukup untuk masa tertentu.
Satu referensi kehidupan manusia pada masa tersebut ialah….
A. hidup berpindah-pindah
B. kemampuan berpikir rendah
C. tergantung pada alam
D. tinggal di gua-gua
E. mulai bercocok tanam
Jawaban: E
28. Perhatikan beberapa peristiwa sejarah berikut!
1) Penyampaian ide dasar negara di Sidang PPKI
2) Penculikan Soekarno ke Rengasdengklok
3) Penyusunan perangkat pemerintahan
4) Penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan
5) Pembentukkan partai politik tunggal
Dari uraian di atas manakah yang termasuk peristiwa sebelum proklamasi terjadi?
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5
Jawaban: A
29. Strategi yang dipakai Indonesia untuk mempertahankan kota Bandung adalah…
A. Perang Puputan
B. Bumi Hangus
C. Perang Paregreg
D. Pagas Betis
E. Perang Gerilya
Jawaban: B
30. Pemberitahuan beberapa pernyataan berikut!
1) Kegagalan pada perjanjian Renville
2) Mempertahankan berdirinya Negara Pasundan
3) Ingin mengganti ideologi negara
4) Tidak mau hijrah ke Yogyakarta
5) Kekecewaan akan alokasi pembangunan antara pusat dan daerah
Pernyataan di atas yang menjadi latar belakang pemberontakan DI / TII Jawa Barat adalah…
A. 1, 3 dan 4
B. 2, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 5
D. 1, 3 dan 5
E. 1, 2 dan 3
Jawaban: E
Esai
1.Sebutkan beberapa latar belakang pemberontakan DI / TII Jawa Barat!
Jawaban:
1) Kegagalan perjanjian Renville
2) Mempertahankan pendirian Negara Pasundan
3) Ingin mengganti ideologi negara
2. Proklamasi Indonesia berlangsung di mana?
Jawaban: Di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta
3. Apa saja faktor penyebab kemunduran Kerajaan Sriwijaya?
Jawaban:
1) Banyak daerah kekuasaannya yang melepaskan diri
2) Adanya serangan dari kerajaan lain
4. Bagaimana kondisi perekonomian saat masa kerajaan Islam?
Jawaban: Kegiatan perekonomian maju dengan pesat. Berdirinya pelabuhan tempat transaksi diklaim sebagai fakta yang menguatkan hal tersebut. Bukan hanya disingah pribumi, namun juga orang asing dari berbagai negara.
5. Tuliskan urutan atau periodisasi sejarah Indonesia!
Jawaban:
- Zaman Hindu-Budha
- Zaman Perkembangan Islam
- Zaman Kolonialisme Belanda
- Zaman Pendudukan Jepang
- Zaman Revolusi
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani