tirto.id - Contoh soal penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi Guru Sejarah SMA/SMK bisa dipelajari untuk mempersiapkan tes seleksi. Pelamar kini perlu mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi kompetensi sebagai tahapan wajib PPPK Guru Sejarah SMA/SMK 2024.
Seleksi kompetensi dan wawancara menjadi salah satu dari 2 seleksi PPPK 2024 selain seleksi administrasi. Adapun seleksi kompetensi akan digelar pada 2-19 Desember 2024 (periode 1) dan 17 April-16 Mei 2025 (periode 2).
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KepmenPAN-RB) 347/2024, setiap pelamar akan mengerjakan 145 soal, terdiri dari tes tertulis kompetensi dan wawancara.
Seleksi kompetensi (yang terdiri dari teknis, manajerial, dan sosial kultural) dikerjakan dalam waktu 120 menit. Selanjutnya tes wawancara dilaksanakan selama 10 menit. Pengecualian bagi penyandang disabilitas sensorik netra dengan durasi 150 menit (kompetensi) dan 15 menit wawancara.
Contoh Soal PPPK Guru Sejarah SMA/SMK & Jawabannya
Pelamar PPPK Guru Sejarah SMA/SMK akan mengerjakan sejumlah materi pembelajaran, termasuk Pedagogik yang berkaitan dengan teori dan praktik pendidikan, termasuk metode dan prinsip-prinsip yang digunakan dalam proses mengajar dan mendidik. Selain itu, ada pula tes profesional yang juga berkaitan dengan mata pelajaran sejarah.
Berikut ini rangkuman contoh jenis 25 soal PPPK Guru Sejarah 2024 beserta jawaban, yang bisa menjadi rujukan sebelum seleksi kompetensi:
1. Rencana pembelajaran yang dirancang guru yakni terdapat aktivitas setiap kelompok menyelidiki suatu topik untuk diteliti. Contoh topik yang diangkat misalnya kehidupan zaman pra aksara. Kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan siswa yaitu?
- A. Siswa mendengarkan dan menguraikan kembali gagasan yang diberikan oleh guru dari kelompok lain.
- B. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan menulis pada kertas yang telah diberikan kepada masing-masing kelompok.
- C. Siswa dalam setiap kelompok berusaha mengumpulkan dan mengevaluasi data kemudian mensintesiskannya dalam bentuk laporan akhir kelompok.
- D. Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk merumuskan satu pendapat umum yang mewakili kelompoknya.
- E. Siswa sebagai anggota kelompok harus diberi tugas masing-masing dalam proses pembuatan produk kelompoknya.
Pembahasan: kegiatan penyelidikan atas suatu topik dapat dilakukan melalui kegiatan mengumpulkan data, mengolah data, dan melaporkan hasil olah data.
2. Manfaat yang diharapkan dapat dimiliki siswa ketika guru memberikan penugasan
proyek adalah untuk menilai keterampilan ....
- A. kemampuan mengaplikasi pengetahuan dalam suatu penyelidikan.
- B. pembelajaran secara terpadu yang telah dilakukan guru.
- C. kemampuan merefleksi perkembangan peserta didik.
- D. melihat tingkat kemajuan peserta didik sejak awal pembelajaran.
- E. keterampilan menyelidiki peristiwa-peristiwa secara khusus
Pembahasan:
proyek tertentu melatih peserta didik melakukan penelitian sederhana. Peserta didik akan terbiasa untuk melakukan penyelidikan/penelitian.
3. Salah satu prinsip dalam melaksanakan penilaian otentik adalah....
- A. memperbaiki perilaku siswa agar sesuai dengan penguatan nilai-nilai karakter
- B. memperkaya siswa dengan soal-soal latihan untuk menghadapi ujian akhir
- C. menjadikannya sebagai sarana supaya guru memiliki bank soal
- D. melakukan penilaian hasil belajar yang memungkinkan peserta didik mendemonstrasikan pengetahuannya
- E. menjadi suatu rutinitas bahwa setiap kegiatan harus dilakukan penilaian untuk mengetahui efektifitas suatu kegiatan
Pembahasan:
penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan pada saat kegiatan berlangsung dan memugkinan peserta didik menunjukkan kemampuannya. Penilaian otentik dapat dilakukan melalui observasi, penilaian diri, jurnal, tes, kinerja, penilaian proses, maupun penilaian portofolio.
4. Pendekatan saintifik diterapkan agar peserta didik dapat menemukan pengetahuan secara mandiri melalui fasilitasi dari guru. Pendekatan ini diterapkan agar pengetahuan yang didapat siswa tahan lama. Hal ini sesuai dengan pandangan bahwa ....
- A. ketika peserta didik terlibat dalam membangun pengetahuan secara mandiri, pengetahuan tersebut akan lebih diingat dan dipahami.
- B. konstruktivisme merupakan teori belajar yang mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mengkonstruktif (membangun) dan menemukan pengetahuan sendiri melalui fasilitasi dari orang lain
- C. pendekatan saintifik menghela aktivitas mandiri peserta didik untuk menemukan/membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan yang membantu proses membangun pengetahuan tersebut
- D. pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa
- E. pendekatan saintifik sesuai dengan teori perkembangan otak hubungannya dengan fenomena belajar
Pembahasan:
konstruktivisme adalah teori belajar yang mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mengkonstruksi (membangun) dan menemukan pengetahuan sendiri melalui fasilitasi dari orang lain. Pendekatan saintifik menekankan pada aktivitas mandiri
peserta didik untuk menemukan/membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan yang membantu proses membangun pengetahuan tersebut.Teori ini bertitik tolak dari pandangan bahwa ketika peserta didik terlibat dalam membangun pengetahuan secara mandiri, maka pengetahuan tersebut akan lebih diingat dan dipahami, sehingga pengetahuan yang didapat lebih tahan lama.
5. Salah satu pertimbangan dalam pemilihan metode dan media pembelajaran agar pembelajaran sejarah dapat berjalan sesuai yang direncanakan adalah ....
- A. kesulitan materi
- B. karakteristik siswa
- C. sarana prasarana
- D. ketersediaan sumber
- E. kemampuan siswa
Pembahasan:
ada banyak pertimbangan terkait dengan pemilihan metode dan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah. Salah satu dari pertimbangan tersebut adalah ketersediaan sarana prasarana pendukung untuk implementasi metode dan media tersebut. Keberadaan sarana dan prasarana ini menjadi jawaban keterlaksanaan penerapan metode dan penggunaan media. Sebagai contoh untuk pengembangan metode pembelajaran dengan media powerpoint minimal harus tersedia aliran listrik, lcd, dan perangkat komputer.
6. Pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran masa lampau. Pendekatan pembelajaran yang dapat dikembangkan yaitu ....
- A. Pembelajaran memungkinkan peserta didik melihat peristiwa masa lampau
- B. Pembelajaran memungkinkan peserta didik untuk dapat menelusuri peristiwa masa lampau
- C. Pembelajaran memungkinkan peserta didik melihat peristiwa masa lampau
- D. Pembelajaran di luar kelas dengan mengadakan pengamatan peristiwa masa lampau
- E. Pembelajaran dengan menggunakan banyak media
Pembahasan:
mengingat pembelajaran sejarah adalah mengkaji peristiwa masa lampau maka siswa perlu diberikan ruang untuk dapat menelusuri peristiwa masa lampau melalui berbagai sumber dan berbagai media.
7. Metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memilih dan menilai hasil karyanya sendiri seperti dalam portofolio dengan pertimbangan untuk ....
- A. menumbuhkan rasa tanggung-jawab siswa untuk bekerja sesuai dengan yang diharapkan
- B. siswa dapat segera memperbaiki hasil karyanya sebelum dimasukkan ke dalam portofolionya
- C. memberi kesempatan kepada siswa untuk memperbaiki semua karya-karyanya yang baik
- D. agar hubungan antara pendidik dan siswa semakin erat dengan adanya kerjasama tersebut
- E. mempelajari sendiri dan membantu pekerjaan guru dalam melakukan penilaian kemampuan belajar peserta didik
Pembahasan:
penilaian portofolio dapat digunakan sebagai teknik melatih tanggung jawab peserta didik terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan sebagai alat untuk refleksi atas penguasaan materi peserta didik dapat memperbaiki karyanya yang belum mencapai standar tertentu.
8. Esensi dari Penelitian Tindakan Kelas adalah ....
- A. memperbaiki proses pembelajaran
- B. menetapkan praktik secara terencana.
- C. mengubah keadaan kelas sesuai kemauan guru.
- D. menetapkan fokus penelitian secara cermat.
- E. melaksanakan interpretasi pada praktik penelitian.
Pembahasan: Penelitian Tindakan Kelas digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran, bukan untuk memperbaiki hasil belajar.
9. Masalah yang sulit dan sering dilupakan dalam pembelajaran sejarah yakni dalam ....
- A. menjelaskan masalah-masalah dalam pembelajaran secara faktual
- B. membelajarkan konsep-konsep utama dalam sejarah
- C. membelajarkan materi sejarah secara kronologis dan tematis
- D. menganalisis materi metakognitif
- E. membelajarkan nilai dalam setiap peristiwa sejarah
Pembahasan:
Tujuan belajar sejarah yaitu untuk membuat orang bijaksana. Menjadi bijaksana melalui kegiatan mempelajari makna/hikmah peristiwa yang telah terjadi. Pembelajaran
10. Jalur migrasi nenek moyang Bangsa Indonesia yang benar ditunjukkan oleh pernyataan berikut,
- A. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak lonjong .
- B. Jalur timur dari Yunan melalui Formosa (Taiwan) masuk ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan artefak berupa kapak persegi
- C. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak persegi.
- D. Jalur timur dari Yunan melalui Formosa (Taiwan) masuk ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan artefak berupa nekara.
- E. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak bahu.
Pembahasan:
Salah satu teori mengatakan bahwa jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak persegi. Sementara jalur timur dari Yunan melalui Formosa (Taiwan) masuk ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian
masuk ke Irian dengan artefak berupa kapak lonjong.
11. Salah satu hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia adalah sarkofagus dengan ciri utamanya adalah... .
- A. terbuat dari tembaga.
- B. berbentuk tugu.
- C. bermanfaat untuk meja persembahan.
- D. fungsinya untuk kuburan.
- E. ditemukan di daerah pantai.
Pembahasan :
Sarkofagus adalah salah satu peninggalan zaman megalitikum yang berfungsi sebagai keranda dari batu besar berbentuk lesung atau palung dengan tutup di atasnya. Fungsi sarkofagus pada zamannya adalah sebagai kubur batu.
12. Benda yang berasal tradisi pra aksara yang masih digunakan hingga sekarang adalah...
- A. Batu penggilingan beserta landasannya.
- B. Nekara
- C. Dolmen
- D. Punden berundak
- E. Sarkofagus
Pembahasan :
Pipisan adalah batu-batu Penggiling beserta landasannya.Bila dibandingkan dengan zaman sekarang, barangkali pipisan ini serupa dengan ulekan karena sama-sama digunakan untuk menghancurkan biji-bijian.Hanya saja bentuk pipisan ini datar dan halus.
13. Perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena....
- A. mundurnya peranan pelabuhan Malaka
- B. ramainya perdagangan di selat Malaka
- C. letaknya strategis antara India dengan Cina
- D. daerah kekuasaannya sangat luas
- E. menjadi pusat penghasil pala
Pembahasan:
Kerajaan Sriwijaya memiliki kekuatan armada laut yang disegani di selat Malaka pada masa kejayaannya.Penguasaan daerah tepi dan selat Malaka memberikan keuntungan besar dari sisi perniagaan regional maupun internasional.Letak yang strategis di tepian selat Malaka merupakan faktor utama penunjang kejayaan perniagaan Sriwijaya.
14. Perang suadara seringkali menghancurkan suatu kekuasaan. Sebagaimana terjadi pada keruntuhan kerajaan Hindu-Budha berikut ini,
- A. Kutai
- B. Tarumanagara
- C. Majapahit
- D. Bali
- E. Pajajaran
Pembahasan :
Tidak ditemukan bukti bahwa di Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Bali maupun Pajajaran terjadi perang saudara yang menyebabkan keruntuhan kerajaan. Fakta yang sampai kepada kita adalah perang saudara di kerajaan Majapahit yang dikenal dengan Perang
Paregreg, yang berarti perang bertahap, perang setahap demi setahap. Perang ini melibatkan keluarga dekat antara putra dari selir bernama Bhre Wirabhumi dengan menantu raja, Wikramawardhana. Dampak perang yang berlarut- larut adalah melemahnya pemerintahan dan banyak daerah melepaskan diri dari Majapahit, dan akhirnya disintegrasi maka secara perlahan Majapahit runtuh.
15. Bangunan ini sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata dunia yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, terletak 17 km timur laut kota Yogyakarta. Bangunan dimaksud adalah candi ....
- A. Borobudur
- B. Penataran
- C. Cangkuang
- D. Jago
- E. Prambanan
Pembahasan :
Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi- candi yang lebih kecil.
16 Pernyataan benar yang mengambarkan hasil kebudayaan dengan daerah temuannya adalah...
- A. Bustanus Salatin merupakan peninggalan sejarah dari Aceh.
- B. Kitab sastra gending merupakan karya sastra adiluhung dari Makasar
- C. Mesjid Tumpang Lima yang bersejarah berasal dari kerajaan Demak
- D. Mesjid atap tumpang menunjukkan bentuk akulturasi budaya di Banten
- E. Lombo adalah kapal khas dari kerajaan Islam Tidore Maluku
Pembahasan :
Bustanus Salatin merupakan peninggalan sejarah dari Aceh, kitab sastra gending merupakan karya sastra adiluhung dari kerajaan Mataram, mesjid atap Tumpang Lima berasal dari kerajaan Banten, sedangkan mesjid atap tumpang menunjukkan bentuk akulturasi budaya dari kerajaan Demak, dan lombo adalah kapal khas dari Sulawesi Selatan.
17. Pernyataan benar yang menggambarkan perkembangan politik pada masa kerajaan- kerajaan Islam di Nusantara adalah...
- A. Penyerangan terhadap Batavia dilakukan sebanyak dua kali pada masa pemerintahan Sultan Amangkurat I dari Mataram
- B. Politik adu domba Belanda memporak porandakan hubungan antara kerajaan Gowa dengan Makassar.
- C. Serangan kerajaan Demak ke Malaka untuk mengusir Portugis dipimpin Raden Patah.
- D. Samudra Pasai pada masa Sultan Malik as-Shalih berhasil menjalin diplomasi dengan kekaisaran Cina
- E. Untuk mencapai kebesaran Kerajaan Aceh, Sultan Iskandar Tani meneruskan perjuangan dengan menyerang Portugis dan Kerajaan Johor di Semenanjung Malaya
Pembahasan :
Penyerangan terhadap Batavia dilakukan sebanyak dua kali pada masa pemerintahan Sultan Agung dari Mataram, Politik adu domba Belanda memporak porandakan hubungan antara kerajaan Makasar dengan Bone, serangan kerajaan Demak ke Malaka untuk mengusir Portugis dipimpin Adipati Unus, samudra Pasai pada masa Sultan Malik as-Shalih berhasil menjalin diplomasi dengan kekaisaran Cina, dan Kerajaan Aceh pada masa Sultan Iskandar Muda menyerang Portugis dan Kerajaan Johor di Semenanjung Malaya bukan Iskandar Tani.
18. Kerajaan Ternate tumbuh menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam perniagaan internasional pada jamannya. Adapun keunggulan geostrategis dari kerajaan tersebut adalah...
- A. Letaknya di antara kerajaan Samudra Pasai dengan Demak.
- B. Tanahnya subur untuk penanaman jenis rempah seperti pala.
- C. Memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.
- D. Penduduknya ramah dan terbuka kepada para pendatang dari Eropa.
- E. Memiliki armada laut yang tangguh mampu berlayar hingga laut Tengah.
Pembahasan :
Ternate terkenal sebagai pulau rempah yang sangat dibutuhkan pada jaman itu bahkan rempah saat itu dikatakan emas hitam. Rempah yang tumbuh di Ternate adalah pala dan cengkeh. Pemandangan bawah lautnya indah tetapi belum menjadi kepedulian pada saat itu. Keramahan penduduknya kurang berkaitan langsung dengan dimensi geostrategic.
19. Bukti-bukti peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara yang masih ada sampai sekarang adalah...
- A. Cerita Hikayat dari kerajaan Makasar
- B. Mesjid Agung Atap Tumpang dari Demak
- C. Makam Sultan Malik Al Shaleh di Banten
- D. Kapal Pinisi dari Aceh
- E. Kapal Lombo dari kerajaan Banjarmasin
Pembahasan :
Cerita Hikayat dari kerajaan Samudra Pasai, Mesjid Agung Atap Tumpang dari Demak, makam Sultan Malik Al Shaleh tidak berada di Banten, demikian juga kapal Pinisi dan Lombo berasal dari Sulawesi Selatan
20. Tokoh ini menjadi wakil Golongan Tua dalam berunding dengan Golongan Muda pada peristiwa Rengasdengklok. Berkat kepiawaiannya bernegosiasi akhirnya Sukarno dan Hatta dilepaskan oleh para pemuda. Tokoh yang dimaksud ialah...
- A. Wikana.
- B. Syahrir.
- C. Mr. Akhmad Subardjo.
- D. Mr Iwa Kusuma Soemantri
- E. Dr.Buntaran Martoatmodjo
Pembahasan :
Saat itu, di Jakarta sedang terjadi perundingan antara Ahmad Subardjo (mewakili golongan tua) dengan Wikana (mewakili golongan muda).Dari perundingan itu tercapai kata sepakat bahwa Proklamasi kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan di Jakarta.
21. Perhatikan fakta sejarah terkait Sumpah Pemuda berikut ini !
1. Rapat Pemuda di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein
2. Rapat Pemuda di di Gedung Oost-Java Bioscoop.
3. Rapat Pemuda di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106,
Kronologi peristiwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928 yang benar di tunjukan pada pilihan berikut,
- A. 1,2 dan 3
- B. 2,3, dan 1
- C. 3,2, dan 1
- D. 2,1, dan 3
- E. 1,3, dan 2
Pembahasan :
Kronologi sesuai fakta memang teridentifikasi dimulai dari urutan peritiwa pada no1, diikuti peristiwa no2 dan akhiri dengan peristiwa no 3.
22. Dampak penjajahan Belanda di bidang pendidikan,adalah ...
- A. munculnya golongan golongan terpelajar pribumi di Indonesia.
- B. membuka peluang lapangan kerja di perusahaan Belanda dengan gaji sama.
- C. anak-anak pribumi juga sepandai anak-anak Belanda
- D. menimbulkan gap sosial diantara para pemuda terpelajar .
- E. penutupan sekolah-sekolah swasta oleh pemerintah Belanda.
Pembahasan :
Tenaga – tenaga kerja dengan pekerjaan yang sama di perusahaan Belanda tetapi gaji pribumi lebih rendah, sekalipun benar demikian tapi itu bukan tujuan utama kaum pribumi bersekolah, demikian pula tidak ada konflik yang menonjol sekalipun kaum pribumi diperlakukan diskriminatif.hal yang tidak sesuai fakta adalah pendirian
23. Tindakan pemerintah Belanda untuk meruntuhkan kewibawaan tradisional penguasa pribumi adalah ...
- A. mengirimkan mereka ke sekolah-sekolah modern sekuler.
- B. menjadikan mereka sebagai pegawai pemerintah.
- C. mengangkat mereka menjadi tentara KNIL.
- D. menjadikan mereka pegawai perusahaan perkebunan swasta.
- E. mengisolasi para penguasa pribumi dari rakyatnya.
Pembahasan :
Pilihan pernyataan A, C dan D adalah tindakan pemerintah yang mendorong kaum pribumi maju dan memiliki kedudukan baru dalam tata kelola pemerintahan maupun perusahaan moderen. Pemerintah Belanda tidak melarang tetapi menyederhanakan upacara dan tradisi di istana yang memakan biaya besar.Jadi tindakan menghapus kedudukan para bangsawan secara adat dan menjadikan mereka sebagai pegawai pemerintah lah pilihan yang paling benar.
24. Upaya diplomasi kerajaan Aceh Darussalam untuk mempertahankan diri dari ancaman Portugis antara lain:
- A. menjalin hubungan baik dengan kekaisaran Cina
- B. memperoleh bantuan berupa kapal, prajurit, dan makanan dari beberapa pedagang muslim di Jawa.
- C. kapal-kapal dagang Aceh dilengkapi dengan persenjataan yang cukup baik dan prajurit yang tangguh,
- D. Meningkatkan kerja sama dengan Kerajaan Demak dan Makassar.
- E. Menandatangani pembelian senjata yang lebih modern dari Turki.
Pembahasan :
Tidak pernah tercatat adanya hubungan diplomasi Aceh dengan kekaisaran Cina dalam rangka melawan Portugis, demikian juga tidak ada penandatangan pembelian senjata dengan Turki.memperoleh bantuan adalah akibat upaya diplomasi, sedangkan pilihan
C lebih terkait dalam bidang ekonomi. Jadi kerjasama dengan Demak dan Makassar lah jawaban yang paling tepat.
25. OKI (Organization of Islamic Conference) merupakan Organisasi Konferensi Islam yang tujuannya antara lain memajukan solidaritas Islam di antara anggota-anggotanya. Contoh peran Indonesia yang paling menonjol dalam OKI adalah ....
- A. mengkonsolidasikan kerja sama di antara negara-negara anggota OKI
- B. berupaya menghapus adanya pemisahan rasial dan diskriminasi
- C. memfasilitasi perundingan damai MNLF dengan pemerintah Filipina
- D. menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri anggota OKI
- E. membawa masalah utama penyelesaian Palestina dalam dunia Islam
Pembahasan:
Beberapa peran aktif Indonesia di OKI yang menonjol adalah ketika pada tahun 1993 Indonesia menerima mandat sebagai ketua Committee of Six, yang bertugas memfasilitasi perundingan damai antara Moro National Liberation Front (MNLF) dengan pemerintah Filipina. Kemudian pada tahun 1996, Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri (KTM-OKI) ke-24 di Jakarta.
Penulis: Dicky Setyawan
Editor: Yulaika Ramadhani