tirto.id - Jadwal tes seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 digelar pada 2-19 Desember 2024. Kita bisa mempelajari contoh soal PPPK sebagai bentuk persiapan menghadapi ujian.
Salah satu formasi yang dibuka dalam PPPK 2024 adalah Penata Layanan Operasional. Formasi tersebut masuk dalam kategori tenaga teknis, kemudian lebih spesifiknya termasuk golongan jabatan pelaksana.
Tugas Penata Layanan Operasional adalah menjalankan pengelolaan terhadap layanan teknis. Pekerjaan ini dilakukan sesuai ketentuan maupun standar operasional (SOP) yang diberlakukan instansi masing-masing.
Kemudian secara khusus mencakup beberapa fungsi teknis. Di antaranya mengumpulkan data, mengidentifikasi data, menganalisa data, mengevaluasi, penyusunan laporan, hingga berbagai tugas lainnya.
Contoh Soal PPPK Penata Layanan Operasional 2024
Berikut ini daftar contoh latihan soal PPPK Penata Layanan Operasional 2024 yang bisa dipelajari untuk persiapan ujian terkait.
1. Bagaimana Anda mengelola waktu untuk memastikan terdapat tenggat berinovasi dan bereksperimen dalam pekerjaan?
A. Gabung ke proyek inovasi saat ada waktu luang
B. Menyediakan waktu khusus untuk eksperimen
C. Fokus terhadap pekerjaan agar tak terganggu
D. Terlibat dalam inovasi karena itu tanggung jawab
Jawaban: B
2. Bagaimana Anda menyediakan waktu untuk pengembangan keterampilan pribadi dalam pekerjaan sehari-hari yang rutin?
A. Memberikan prioritas
B. Menyiapkan waktu per minggu untuk belajar dan latihan
C. Fokus terhadap tugas dari pekerjaan yang diberikan
D. Terlibat proyek pengembangan keterampilan pribadi
Jawaban: B
3. Sejumlah proyek harus dihentikan karena pemotongan anggaran. Bagaimana Anda memutuskan proyek mana yang harus berhenti?
A. Proyek dengan dampak kecil terhadap tujuan
B. Proyek yang baru
C. Proyek dengan biaya tinggi dan tidak jelas
D. Proyek yang memeroleh kritik, namun punya potensi besar
Jawaban: A
4. Apa yang Anda lakukan demi meningkatkan kemampuan?
A. Mengikuti pembelajaran daring gratis maupun berbayar
B. Menggunakan sejumlah sumber pembelajaran yang ada
C. Mengisi waktu luang untuk nonton tips di Youtube
D. Memakai sumber terpercaya dan kredibel
Jawaban: B
5. Terdapat acara kelompok etnis, salah satu etnis secara representasi tidak memadai. Anda pun mengundang perwakilan mereka untuk hadir dan aktif berpartisipasi.
A. Sangat Setuju
B. Setuju
C. Ragu
D. Tidak Setuju
E. Sangat Tidak Setuju
Jawaban: A
6. Doni baru saja gagal dalam proyek dan merasa ragu atas kemampuannya sendiri. Anda tidak peduli padanya karena masih banyak hal yang perlu dilakukan.
A. Sangat Setuju
B. Setuju
C. Ragu
D. Tidak Setuju
E. Sangat Tidak Setuju
Jawaban: E
7. Seorang pegawai baru kelurahan ikut pelatihan. Ia merasa perlu ikut karena bisa menambah pengetahuan, kecakapan, dan tercipta tujuan…
A. efektif-efisien
B. baik
C. Ragu
D. kepribadian
E. profesional
Jawaban: A
8. Berikut daftar naskah dinas khusus, yakni…
A. Nota dinas, Disposisi, Instruksi
B. Surat edaran, Nota dinas, Disposisi
C. Pedoman, Berita acara, Surat keterangan
D. Surat edaran, nota dinas, Berita acara
E. Berita acara, Surat kuasa, Surat keterangan
Jawaban: A
9. Berikut daftar naskah dinas arahan adalah…
A. Peraturan perundang-undangan
B. Surat edaran
C. Naskah dinas penugasan
D. Instruksi
E. Standar operasional prosedur administrasi pemerintahan
Jawaban: C
10. Pedoman tata naskah dinas mencakup…
A. Pejabat penandatangan Naskah Dinas
B. Jenis dan format naskah dinas
C. Pembuatan naskah dinas
D. Pengamanan naskah dinas
E. Pengendalian Naskah Dinas
Jawaban: B
11. Pak Alex datang ke kantor Badan Pusat Statistik untuk memeroleh data layanan statistik. Jenis pelayanan ini termasuk…
A. Langsung
B. Tidak langsung
C. Online
D. Kemudahan Akses
E. Pura-pura
Jawaban: A
12. Membuka lembar kerja baru dapat menggunakan tombol pintasan…
A. Ctrl + N
B. Ctrl + S
C. Ctrl + V
D. Ctrl + U
E. Ctrl + T
Jawaban: A
13. Salah satu karakter khusus pelayanan publik adalah…
A. Pelanggan yang bersifat eksternal cukup menonjol
B. Selalu terkait dengan jenis pelayanan dalam bentuk lain
C. Kurang efisien dan efektivitas
D. Masyarakat secara keseluruhan diperlakukan tidak adil
E. Tatanan kehidupan yang tidak baik
Jawaban: B
14. Ciri gagalnya pelaksanaan pelayanan publik yaitu…
A. Kerugian perseorangan
B. Tanggungjawab negara
C. Tanggung Jawab warga
D. Tinggi dan langsung
E. Resiko kolektif, banyak orang dan bersama
Jawaban: E
15. Mekanisme pelayanan pengaduan dari penerima pelayanan mengutamakan asas…
A. Hasil memuaskan
B. Rapi
C. Teratur
D. Cepat dan tuntas
E. Disiplin
Jawaban: E
16. Pelaksana layanan operasional bisa digugat ke Peradilan Tata Usaha Negara apabila terdapat…
A. Kerugian
B. Permasalahan
C. Perselisihan
D. Pertengkaran
E. Kesalahpahaman
Jawaban: A
17. Pengaduan dari pelaksana layanan operasional perlu didukung…
A. Laporan
B. Dokumen
C. Kesaksian
D. Penanggung Jawab
E. Pelaksana
Jawaban: B
18. Untuk kelancaran pelayanan publik diperlukan…
A. Kedisiplinan
B. Pelatihan
C. Pembina dan penanggung jawab
D. Pengawasan
E. Kerjasama
Jawaban: C
19. Perpanjangan SIM sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Samsat Digital. Pelayanan ini termasuk prinsip…
A. Sistem manajemen publik
B. Teknologi
C. Jaringan
D. Manajemen digital
E. Software
Jawaban: A
20. Terdapat kasus penggusuran, namun sejumlah warga ada yang tidak setuju. Oleh sebab itu, Budi memohon perpanjangan masa selama satu bulan agar para warga bersiap. Sejumlah orang pun ada yang setuju ditempatkan di rumah susun. Permohonan dalam kasus ini disebut sebagai…
A. Banding
B. Dispensasi
C. Masa remisi
D. Atribusi
E. Delegasi
Jawaban: B
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani