10 Pantai Terpopuler di Indonesia Versi Tripadvisor

Oleh: Ninda Fitria - 25 Oktober 2019
Dibaca Normal 3 menit
Deretan pantai terpopuler di Indonesia menurut rekomendasi Tripadvisor, dari pantai Pandawa, Pantai Kelingking hingga Pantai Lengkuas.
tirto.id - Tripadvisor merekomendasi 10 pantai terpopuler di Indonesia dan sebagian besar berlokasi di Bali. Pantai Kelingking, Pantai Nusa Dua hingga Pantai Pandawa menjadi pantai yang direkomendasikan Tripadvisor.

Selain di Bali, Tripadvisor juga merekomendasi beberapa pantai di Nusa Tenggara Barat dan Bangka Belitung. Indonesia memang banyak pantai dengan keindahannya masing-masing.

Ada pantai yang berbentuk dataran yang landai baik yang sempit maupun yang lebar, atau pantai yang bertebing terjal dan berbatu, dan berteluk. Berikut adalah rekomendasi 10 pantai populer menurut Tripadvisor:

1. Pantai Kelingking

Merupakan pantai kecil terpencil dengan pasir putihnya. Pantai ini terletak di Nusa Penida, Bali. Daya tarik utama dari pantai ini adalah tebing tinggi yang ada di atas pantai. Dari titik ini pengunjung bisa melihat tebing yang menjorok ke lautan dengan bentuk seperti dinosaurus.

Salah satu objek yang memukau di pantai ini adalah Kelingking Secret Point Nusa Penida. Di Kelingking Secret Point, terdapat spot yang terkenal untuk diving yakni Manta Point. Di kedalaman bawah laut Manta Point ini pengunjung dapat menyelam dan menyaksikan ikan Manta (ikan pari terbesar di dunia) berenang bebas bersama mereka.

2. Pantai Nusa Dua

Terletak di Nusa Dua dan jaraknya kurang lebih 40kilometer dari Denpasar, ibukota provinsi Bali. Pantai disini bersih dengan pasirnya yang putih. Menjelang sore hari, ombak di pantai ini cukup besar. Saat surut, pengunjung bisa melihat keindahan terumbu karang di pantai.

Di sekitar pantai ini banyak terdapat resort-resort yang disewakan untuk pengunjung. Tak jauh dari pantai ini, pengunjung bisa berjalan-jalan menuju waterblow yang menyuguhkan deburan ombak besar yang bertubrukan dengan batu karang.

3. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach).

Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

4. Pantai Selong Belanak

Pantai ini terletak di sebuah desa bernama Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara International Lombok.

Pantai ini terkenal dengan pasir putih dan airnya yang jernih. Dengan bibir pantai berpasir putih dengan lebar sekitar 10 meter dan panjang sekitar 1 kilo meter, ombaknya cukup tenang dan lautnya dangkal, pantai ini kebanyakan dijadikan sebagi tempat belajar surfing dari segala usia mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Pada bulan Juni, Juli dan Agustus pantai ini sangat rame dikunjungi wisatawan dari luar negri.

5. Pantai Gili Meno

Gili Meno terletak 45menit dari Kota Mataram. Di Pulau ini terdapat taman burung yang dengan banyak koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan masih alami.

Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik. Alternatif kendaraan hanya terdapat sepeda dan Cimodo.

Di Gili pengunjung bisa snorkeling atau berenang sembari menikmati karang dan biodiversitasnya. Selain itu, pengunjung juga bisa mengunjungi Bird Park yang terletak di Bird Pak Homestay jika ingin melihat langsung koleksi burung.

6. Pantai Atuh

Pantai Atuh merupakan pulau alami terpencil di bawah tebing dengan pantai berpasir & bebatuan di lepas pantai. Pantai ini terletak di Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Nama Atuh berasal dari sebuah mata air yang ada dekat lokasi Pantai Atuh ini. Tepatnya berada di sebelah barat Pura Atuh. Mata air ini sampai sekarang masih dipergunakan oleh penduduk sekitar.

7. Pantai Melasti

Pantai Melasti adalah pantai terletak di sebelah selatan Pulau Bali tepatnya di Desa Ungasan, dan bersebelahan dengan Pantai Bali Cliff. Lokasinya dapat ditempuh dari Jimbaran kurang lebih 15 menit. Pantai ini disebut Pantai Melasti karena di pantai ini kerap dipakai untuk upacara Melasti oleh warga sekitarnya pada hari tertentu misalnya sebelum hari raya Nyepi.

8. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu tempat wisata di pulau Belitung. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Pesona pantai ini yaitu hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan serta hamparan bebatuan yang berada di sekitar pantai.

9. Pantai Tanjung Aan

Terletak sekitar 75 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok, pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, dan memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 2 Kilometer. Tak seperti Pantai di Lombok lainnya, pasir Pantai Tanjung Aan berbentuk bulat seperti merica.

Pantai ini dikelilingi oleh beberapa bukit dan memiliki ombak yang cukup tenang dengan kedalaman yang relatif dangkal, sangat tepat digunakan untuk snorkeling atau berenang.

Saat musim liburan, Pantai Tanjung Aan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik. Namun, pada bulan Februari, pantai ini akan penuh dengan wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Karena pada bulan tersebut ada acara spesial yaitu Ritual Bau Nyale. Ritual ini berhubungan dengan mitos masyarakat setempat tentang Puteri Mandalika, dimana puteri tersebut melompat dari bukit untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya.

10. Pantai Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Letaknya di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun pada masa Belanda dan hingga kini mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Di pantai ini terdapat batu granit, pasir putih dan air laut yang jernih dan menjadi untuk snorkeling dan menyelam.


Baca juga artikel terkait PARIWISATA atau tulisan menarik lainnya Ninda Fitria
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ninda Fitria
Penulis: Ninda Fitria
Editor: Yantina Debora
DarkLight