Xiaomi Redmi 4A, Smartphone Murah dengan Infrared Blaster

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 1 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Xiaomi Redmi 4A yang diluncurkan secara global November 2016.
tirto.id - Xiaomi Redmi 4A merupakan smartphone kelas entry-level yang cukup populer di masanya. Hal ini tak lepas dari harganya yang terjangkau dan spesifikasi yang bersaing di kelasnya. Tak hanya itu, ponsel ini juga didukung fitur unik seperti Mi Remote dengan hadirnya infrared blaster.

Ponsel Xiaomi Redmi 4A diluncurkan secara global November 2016 dan masuk Indonesia akhir 2016. Saat ini masih ada beberapa seller di e-commerce yang menjual smartphone Xiaomi Redmi 4A dengan harga di kisaran Rp1 juta.

Penampilan fisik smartphone Xiaomi Redmi 4A ini cukup menarik dengan balutan casing berbahan polikarbonat atau plastik. Sekilas, penampilannya memang mirip dengan Redmi 4X dengan dimensi yang lebih tipis dan bobot yang lebih ringan. Meski demikian, build quality-nya cukup solid.

Xiaomi membekali Redmi 4A dengan dukungan layar berukuran 5 inci resolusi HD dengan panel IPS dan masih mengusung aspek rasio 16:9. Layar ponsel ini mampu memancarkan warna yang cukup cemerlang dan tajam. Sayangnya, layar ponsel ini tak dilengkapi dengan proteksi antogores.

Sama seperti smartphone Xiaomi lainya, Redmi 4A ini menggunakan antarmuka MIUI 10 yang menggunakan basis sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Meski mendapat update MIUI secara reguler, ponsel ini hingga kini belum mendapat upgrade ke Android yang lebih baru.


Xiaomi Redmi 4A dibekali baterai berkapasitas cukup standar di kelasnya, yakni 3120mAh. Salah satu kelebihan Xiaomi Redmi 4A ini adalah dilengkapi dengan infrared blaster pada sisi atas. Infrared blaster membuat Redmi 4A dapat difungsikan sebagai remote universal untuk peralatan elektronik di rumah, seperti TV atau AC.

Performa Xiaomi Redmi 4A terbilang memadai di masanya dan bahkan masih cukup untuk kebutuhan komunikasi masa kini. Ponsel ini mengandalkan sokongan chipset Snapdragon 425 yang berkonsep quad-core dengan kecepatan 1,4GHz dan ditandemkan RAM 2GB. Kemampuan gaming Redmi 4A cukup andal dengan dukungan GPU dari Adreno 308.

Sektor fotografi, Xiaomi Redmi 4A ini mengandalkan kamera utama berkekuatan 13 megapiksel yang ditandemkan lensa aperture f/2.2 yang telah dibenamkan fitur phase-detection autofocus dan juga LED flash. Kamera depan guna memuaskan penggemar selfie berkekuatan 5MP dengan lensa aperture f/2.2.

Xiaomi Redmi 4A tersedia dalam dua varian media penyimpanan, yakni 16GB dan 32GB. Ponsel ini didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal bertipe hybrid. Slot model hybrid yang digunakan ponsel ini memuat pengguna harus memilih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM dengan microSD.

Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Yantina Debora
DarkLight