World Premiere Kawasaki KLX230 Digelar di Jakarta Fair 2019

Oleh: Dio Dananjaya - 23 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kawasaki KLX230 yang dirilis di Jakarta Fair 2019 dibanderol dengan harga mulai Rp42,5 juta untuk tipe standar.
tirto.id - Bertepatan dengan hari pertama Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2019, Kawasaki memperkenalkan motor trail terbarunya. Ajang ini bahkan menjadi World Premiere alias pertama kalinya Kawasaki KLX230 diluncurkan di dunia.

KLX230 hadir dengan mesin injeksi baru berkonfigurasi SOHC 1-silinder 233 cc berpendingin udara, dengan transmisi 6-percepatan. Tenaga motor ini diklaim mencapai 19 dk pada 7.600 rpm dan torsi maksimal 19,8 Nm pada 6.100 rpm.

Kawasaki turut menyematkan perangkat pengereman handal, dengan rem cakram di depan dan belakang. Sedangkan suspensi depan bertipe teleskopik, sementara bagian belakangnya menggunakan monosok dengan New Uni Track Swingarm.

“Model KLX khususnya yang baru terlahir ini berdasarkan survei dan studi kami pada pelanggan di Indonesia dengan waktu yang cukup lama. Ini sekaligus menjadi World Premiere, karena memang peminatnya di Indonesia sedang tinggi-tingginya,” ujar Michael C. Tanadhi, Head & Sales Promotion, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Rabu (22/5/2019).

KLX230 dijual dengan harga Rp42,5 juta (tipe standar) dan untuk varian SE (Special Edition) Rp44,9 juta on the road Jakarta. Menurut Michael, motor ini akan mulai didistribusikan ke konsumen setidaknya setelah Hari Raya Lebaran.


Dalam rangka peluncurannya yang perdana, Kawasaki juga memberikan harga spesial bagi konsumen yang membeli sebelum 30 Juni 2019. Promo launching ini membuat harga KLX230 tipe standar menjadi Rp39,9 juta dan tipe SE Rp42,3 juta.

“Kami yang pertama meluncurkan motor dual purpose di kapasitas mesin 230 cc, sebab kami ingin menjadi yang terbaik di segmen off-road di Indonesia. Buat konsumen yang tertarik, silakan booking order di PRJ atau dealer terdekat untuk mendapatkan launching price ini,” katanya di hadapan wartawan (22/5/2019).

Kawasaki KLX230 Segera Diekspor

Kawasaki KLX230 yang baru saja diluncurkan rupanya telah diproduksi di dalam negeri. Indonesia disebut jadi satu-satunya negara yang menjadi pemasok utamanya. Motor ini bahkan telah disiapkan untuk segera diekspor ke benua Amerika.

“Kami akan segera ekspor motor ini ke benua Amerika, khususnya ke Amerika Serikat dan Amerika Selatan. Sewaktu KLX150 diperkenalkan, itu pasarnya baik di sana. Dengan produk baru ini kami harap juga demikian,” terang Michael.

PT KMI sendiri disebut bakal memproduksi KLX230 rata-rata sebanyak 25.000 unit per tahun. Untuk pasar domestik penjualannya diperkirakan sekitar 10.000 unit per tahun, sementara sisanya dikirim untuk kebutuhan ekspor.

Baca juga artikel terkait KAWASAKI atau tulisan menarik lainnya Dio Dananjaya
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Dio Dananjaya
Penulis: Dio Dananjaya
Editor: Yantina Debora
DarkLight