Usai Temui Jokowi, Said Aqil Akui Siap Maju Bursa Ketum PBNU Lagi

Oleh: Andrian Pratama Taher - 6 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Said Aqil mengaku siap maju lagi sebagai ketua umum PBNU untuk periode ketiga.
tirto.id - Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengaku siap maju lagi sebagai ketua umum PBNU. Ia bicara soal pencalonan setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (6/10/2021).

"Kalau banyak permintaan, ya, saya siap dong, kader harus siap kalau banyak permintaan. Walaupun sampai saat ini saya belum mendeklare secara resmi, tetapi permintaan sudah sangat banyak," kata Said yang juga Komisaris BUMN PT Kereta Api Indonesia ini.

Saat ini Said Aqil sudah dua periode terpilih sebagai ketua umum PBNU sejak tahun 2010.

Dalam pertemuan dengan Jokowi, kata Said, pembahasan tidak mengarah pada bursa kandidat Ketum PBNU. Ia menegaskan, para kader NU dipersilakan maju. Ia pun menyebut beberapa nama kiai memintanya untuk maju lagi. Namun, Said belum berbicara untuk pencalonan.

"Saya belum bicara pencalonan, dengan presiden hanya masalah penyelenggaraan Muktamar sukses berhasil mohon dukungan. Bukan dukungan calon, dukungan muktamar agar lancar," katanya.

Said mengaku bertemu Presiden Joko Widodo untuk melaporkan persiapan Muktamar NU pada 23-25 Desember 2021 mendatang. Jokowi pun sempat merespons soal gagasan tersebut.

"Kita NU akan melaksanakan Muktamar pada desember 2021 tanggal 23-25. Presiden pun agak tanda tanya, apakah sudah mungkin melihat situasi COVID seperti ini apalagi di Lampung. Nanti kta lihat itu pun dengan syarat memperhatikan protokol kesehatan dan izin dari satgas nasional dan satgas lokal," kata Said.

Muktamar akan digelar secara hibrid yaitu campuran antara tatap muka dan daring. Menurut dia cara hibrid diperlukan karena 100 persen peserta Muktamar hadir.



Baca juga artikel terkait NAHDLATUL ULAMA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Zakki Amali
DarkLight