Twibbon Hari Bidan Nasional 24 Juni 2022 dan Cara Memperingatinya

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 23 Jun 2022 11:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Link twibbon Hari Bidan Nasional 2022 dan cara memperingatinya.
tirto.id - Hari Bidan Nasional diperingati setiap tanggal 24 Juni. Bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan Bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan.

Peringatan Hari Bidan dibuat untuk mengampanyekan peran penting bidan terutama yang berhubungan dengan persalinan dan juga kesehatan reproduksi. Tanggal 24 Juni dipilih sebagai Hari Bidan karena bertepatan dengan hari lahirnya IBI (Ikatan Bidan Indonesia) sebagai organisasi persatuan bidan nasional yang lahir pada tahun 1951.

Bidan adalah tenaga profesional yang bertanggung-jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi.

Asuhan ini mencakup upaya pencegahan, promosi persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak, dan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai, serta melaksanakan tindakan kegawat-daruratan.

Bidan mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan, tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Kegiatan ini mencakup pendidikan antenatal dan persiapan menjadi orang tua serta dapat meluas pada kesehatan perempuan, kesehatan seksual atau kesehatan reproduksi dan asuhan anak.


Cara Memperingati Hari Bidan Nasional 24 Juni 2022


Salah satu cara terbaik untuk merayakan Hari Bidan adalah dengan belajar tentang Kebidanan dan perannya dalam persalinan. Jika Anda mengenal bidan atau seseorang yang membantu Anda melahirkan anak Anda, pastikan untuk mengirimi mereka kartu ucapan terima kasih di Hari Bidan ini.

Ada beberapa langkah lain yang dapat Anda ambil untuk menjadi bagian dari Hari Bidan, yaitu dengan menginformasikan pada masyarakat tentang peran bidan. Anda dapat membuat forum soal kebidanan atau pengalaman dengan bidan, bisa juga mengunggahnya di media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa membuat twibbon Hari Bidan. Berikut ini beberapa link Twibbon yang bisa Anda gunakan.
  1. https://www.twibbonize.com/hrbdnrsch
  2. https://www.twibbonize.com/dinkesbidan
  3. https://www.twibbonize.com/bidannasionaltujuhsatu
  4. https://www.twibbonize.com/bidannasional2022
  5. https://www.twibbonize.com/harbinas
  6. https://www.twibbonize.com/haribidannasional-33mkd
  7. https://www.twibbonize.com/2022nasionalbidanhari


Baca juga artikel terkait HARI BIDAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight