Tutorial Pendaftaran Rekrutmen Pertamina 2019 untuk SMA/SMK/D3/S1

Oleh: Yantina Debora - 28 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Tutorial pendaftaran rekrutmen BUMN Pertamina 17-31 Agustus 2019 melalui portal recruitment.pertamina.com.
tirto.id - PT Pertamina (persero) memperpanjang periode pendaftaran untuk rekrutmen fresh graduate SMA/SMK, D3 dan D4/S1 hingga 31 Agustus 2019.

Sebelumnya pendaftaran lowongan kerja BUMN ini rencananya ditutup pada 25 Agustus 2019. Bagi Anda yang tertarik untuk berkarier di Pertamina dapat melakukan pendaftaran melalui portal https://recruitment.pertamina.com/.

Cara melakukan pendaftaran lowongan kerja Pertamina ini bisa dengan membuka laman https://recruitment.pertamina.com/ pada browser Anda.

"Pelamar disarankan menggunakan Google Chrome," kata Pertamina.

Klik Daftar pada halaman utama (landing page) untuk membuat akun pribadi Anda dan mengisi data-data yang diperlukan. Data yang diperlukan seperti Nama Lengkap, Nomor KTP, Email, Password. Klik Daftar jika data yang diisi sudah benar.

Usai klik Daftar, akan muncul notifikasi data yang disikan pada form registrasi. Jika data yang diisi sudah benar, Anda dapat memilih tombol Ya. Jika data yang diisi masih harus diperbaiki, Anda dapat memilih tombol Tidak dan akan kembali ke laman Daftar Akun.

Setelah konfirmasi, akan muncul notifikasi bahwa Registrasi Berhasil. Anda dapat memeriksa email balasan berupa Verifikasi Akun.

Selanjutnya masuk ke email dan cek inbox hingga spam. Anda akan menerima email verifikasi akun. Klik tombol Aktivasi Akun untuk di-direct kembali ke laman tampilan awal kembali (tampilan awal ketika masuk).

Usai verifikasi, akan muncul pesan "terima kasih email Anda telah dikonfirmasi."

Langkah selanjutnya yaitu log in. Buka https://recruitment.pertamina.com/ dan klik Masuk pada halaman utama (landing page). Masuk menggunakan alamat email dan password yang sudah diaktivasi. Kemudian klik tombol Masuk.

Setelah berhasil masuk, akan muncul halaman utama berupa Progress Vacancy. laman ini nantinya akan berisi progress dari posisi yang Anda lamar.

Anda dapat mengubah foto profile dengan klik tombol Nama Peserta pada pojok kanan atas halaman. Klik icon cloud untuk mengunggah file photo Anda yang akan ditampilkan dalam CV Anda, kemudian klik Save.

Untuk mengisi data diri, Anda dapat mengklik menu Curriculum Vitae. Pada tampilan curriculum vitae akna tampak tampilan di bawah melihat keseluruhan data yang sudah diisikan.


pada tap Data Diri, isilah data berupa Nomor KTP, Jenis Kelamin, Kewarganegaraan dan lainnya. Anda diwajibkan untuk mengisi semua kolom yang bertanda bintang merah (asterisk) sesuai dengan data yang sebenarnya.

Lalu klik tombol Simpan jika Anda sudah yakin untuk menyimpan data yang telah diisikan.

Cara Melamar Posisi Pekerjaan

Jika Anda selesai mengisi semua data soal pendidikan, organisasi dan lainnya, Anda baru bisa melamar suatu posisi. Untuk melihat daftar posisi yang sedang dibuka, Anda perlu mengklik tab menu Job Vacancy.

Anda dapat mencari posisi pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan dengan menyaring posisi berdasarkan Nama Perusahaan, Jenis Program, Tipe Pekerjaan dan mengurutkan tanggal psotingan lowongan kerja yang dimaksud.

Setelah melihat detail pekerjaan dan melihat kesesuaian requirement pekerjaan dengan kualifikasi Anda. Anda dapat melamar pekerjaan tersebut dengan mengklik tombol Lamar Pekerjaan Ini.

"Pilih tombol Lamar untuk melamar posisi pekerjaan yang sudah dipilih," tulis pertamina.

Cara Melihat Perkembangan Tahap Rekrutmen

Anda dapat melihat perkembangan tahapan rekrutmen Pertamina 2109 pada tab menu My Application. Tahapan rekrutmen ditandai dengan dot pada garis lurus tahapan seperti Applied.

Selanjutnya, Screening, Assessment, Online Interview, Interview User, Top Management Interview, Medical Check Up dan Hired.

perkembangan setiap tahapan akan ditandai dengan warna dengan definisi. Sedang Diproses ditandai dengan warna biru. Lulus tahapan ditandai dengan warna hijau dan Gagal ditandai dengan warna merah.

Daftar Lowongan Kerja Pertamina 17-31 Agustus 2019

Bimbingan Keahlian Juru Teknik (BKJT) untuk SMA/SMK:

  • Usia maksimal 22 tahun atau tahun kelahiran maksimal 1997
  • Memiliki ijazah SMA/SMK atau Ijazah Sementara/Surat Keterangan Lulus untuk lulusan tahun 2019
  • Jurusan SMA adalah IPA atau jurusan SMK adalah Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Listrik, dan Teknik Instrumen
  • Nilai rata-rata SKHUN/Ujian Nasional 6.00
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah operasi PT Pertamina (Persero)


Bimbingan Profesi Ahli (BPA) untuk D3:

  • Usia maksimal 25 tahun atau tahun kelahiran maksimal 1994
  • Memiliki ijazah D3 atau Ijazah Sementara/ Surat Keterangan Lulus untuk lulusan Tahun 2019
  • Jurusan adalah Teknik Mesin, Teknik Sipil, Akuntansi, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan, Manajemen, Teknik Elektro
  • IPK minimal 2.75
  • Akreditasi Jurusan Minimal B
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah operasi PT Pertamina (Persero)

Bimbingan Profesi Sarjana (BPS) untuk D4/S1:

  • Usia maksimal 27 tahun atau tahun kelahiran 1992 Memiliki Ijazah S1/D4 atau Ijazah Sementara/ Surat Keterangan Lulus untuk lulusan tahun 2019
  • Jurusan adalah Akuntansi, Ilmu Hukum, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Teknik Fisika, Teknik Geodesi dan Geomatika, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, Manajemen, Statistika, Teknik Elektro, Teknik Perkapalan, Teknik Arsitek, Kedokteran Umum
  • IPK Minimal 3.00
  • Akreditasi Jurusan minimal B
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah operasi PT Pertamina (Persero)

Baca juga artikel terkait LOWONGAN KERJA BUMN atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight