TKN Minta Emak-emak Seluruh Indonesia Kawal Suara Jokowi-Ma'ruf

Oleh: Riyan Setiawan - 23 April 2019
Ida meminta agar para emak-emak tetap menunggu hasil real count dari KPU pada 22 Mei nanti.
tirto.id - Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional (TKN) Ida Fauziyah meminta para emak-emak di seluruh Indonesia untuk terus mengawal suara kemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Tadi saya sudah sampaikan, kami minta mereka mengawal suara di daerah masing-masing," kata Ida usai melakukan syukuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Rumah Aspirasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

Meskipun kemenangan Jokowi-Ma'ruf masih berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei. Ida meminta agar para emak-emak tetap menunggu hasil real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei nanti.

Menurut Ida, cara para emak-emak mengawal suara kemenangan Jokowi-Ma'ruf, yaitu dengan meminta mereka menjadi saksi atau relawan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), agar terus mengawal di daerahnya masing-masing.

"Surat suara yang sedang dikerjakan di kecamatan, mereka relatif memantau. Kami tetap menghormati, tapi kalau kami mensyukuri hasil Pemilu, ya masak enggak boleh," tuturnya.

Ida menyampaikan rasa syukurnya karena pelaksanaan Pemilu yang sukses, lancar dan damai. Ia juga berterima kasih kepada seluruh penyelenggara Pemilu, TNI dan Polri. Untuk itu, Ida juga memberi gelar pahlawan demokrasi kepada penyelenggara Pemilu dan aparat keamanan yang mengorbankan nyawanya untuk suksesnya Pemilu.

“Kami mensyukuri hasil quick count yang memenangkan Joko Widodo-Kiai Haji Ma’ruf Amin. Kami berterima kasih kepada seluruh elemen perempuan pendukung. Partisipasi perempuan yang tinggi baik sebagai pemilih yang aktif maupun kelompok masyarakat yang dipilih, memberi harapan baru terbangunnya keadilan dan kesetaraan gender di bidang politik,” pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Alexander Haryanto