Tips dan Cara Agar Orang Tua Baru Bisa Menabung

Oleh: Endah Murniaseh - 1 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah cara berhemat saat memiliki anak, agar uang tersebut dapat ditabung.
tirto.id - Kebutuhan hidup sudah pasti akan bertambah bila sudah memiliki anak. Sebab, bayi memiliki kebutuhan yang berbeda dari orang tua, seperti pakaian, makanan, hingga perlengkapan sehari-hari. Sehingga harus menyiapkan dana sendiri untuk memenuhi kebutuhan itu.

Oleh karena itu, orang tua harus dapat berhemat dan menabung, agar kebutuhan anak dapat terpenuhi. Berikut adalah cara berhemat saat memiliki anak, agar uang tersebut dapat ditabung, seperti dilansir dari Simple.

  • Gunakan dana tunjangan yang dikhususkan untuk anak

Saat mulai bekerja, biasanya perusahaan akan memberikan bantuan berupa tunjangan yang dikhususkan untuk anak-anak pegawai, dengan dana ini Anda dapat menghemat pengeluaran yang Anda butuhkan untuk anak. Namun tidak semua perusahaan melakukan hal ini, untuk itu Anda dapat memastikan hal ini dengan atasan Anda.

  • Atur pengeluaran untuk makan sehari-hari

Kebutuhan terbesar adalah makan, daripada Anda harus mengeluarkan anggaran yang lebih banyak karena makan di restoran, Anda dapat memasak makanan sendiri bersama keluarga. Hal ini dapat membuat Anda lebih dekat dengan anggota keluarga yang lain. Selain itu, agar anggaran tidak membengkak, Anda dapat membuat daftar makanan setiap satu minggu sekali.

  • Membeli barang-barang yang dapat digunakan kembali

Barang-barang sekali pakai biasanya akan lebih murah. Namun, jika Anda ingin berhemat, Anda dapat menggunakan opsi untuk menggunakan bahan yang dapat digunakan berkali-kali. Mungkin barang ini akan lebih mahal diawal, namun akan lebih murah diakhir karena bisa digunakan berulang kali. Selain hemat, menggunakan barang-barang yang dapat digunakan berkali-kali dapat mengurangi sampah yang kita produksi.

  • Membeli barang bekas

Barang bekas tidak selamanya buruk. Jika teliti, Anda bisa mendapatkan barang yang dengan kondisi baik dengan harga murah. Pakaian, sepatu serta mainan anak yang akan digunakan dalam jangka waktu sebentar bisa menjadi opsi dalam pembelian barang bekas.

  • Berbagi pengasuh anak

Menitipkan anak pada pengasuh akan membutuhkan biaya yang tidak murah, namun kini terdapat pengasuh yang menerima anak lebih dari satu untuk mereka asuh. Hal ini akan menghemat pengeluaran Anda serta akan membuat anak bisa bersosialisasi dengan anak yang lainnya.

  • Membeli barang untuk berlibur di rumah

Liburan saat ini telah menjadi hal yang wajib. Hal ini dikarenakan telah banyak waktu yang dihabiskan untuk bekerja. Namun liburan merupakan kebutuhan yang memerlukan biaya ekstra. Agar Anda dapat tetap liburan namun hemat, Anda dapat membeli barang-barang seperti proyektor untuk menonton film atau pun peralatan berkemah yang dapat digunakan di pekarangan rumah Anda.


Baca juga artikel terkait MENABUNG atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight