Hasil Piala Dunia Wanita 2019

Timnas AS Taklukkan Thailand 13-0, Alex Morgan Cetak Lima Gol

Oleh: Fitra Firdaus - 12 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Alex Morgan mencetak lima gol dalam laga Amerika Serikat vs Thailand di Grup F Piala Dunia Wanita 2019 yang berakhir 13-0.
tirto.id - Alex Morgan mencetak quintrick alias lima gol ketika Tim Nasional (Timnas) Amerika Serikat mengalahkan Thailand 13-0 di Grup F Piala Dunia Wanita 2019 pada Rabu (12/6/2019). Berkat catatan itu, Morgan kini ada di puncak top skor turnamen empat tahunan yang kali ini digelar di Perancis.

Tampil di Stade Auguste-Delaune II, Reims, Amerika Serikat adalah juara bertahan Piala Dunia Wanita. Sementara itu sang lawan asal Asia untuk kedua kalinya berhasil mendarat di putaran final Piala Dunia. Namun, sejak awal, USWNT tidak memberikan kesempatan bagi Thailand.

Menit ke-12, Kelley Ohara menyisir sisi kiri kotak penalti Thailand, lantas melepaskan umpan yang tinggal ditanduk masuk oleh Alex Morgan jadi gol perdana timnya. Dari sana sudah terendus pertahanan wakil Asia yang rentan. Delapan menit berselang, tembakan Rose Lavelle tipis dari luar kotak penalti masuk telak.

Lindsey Horan membuat kedudukan 3-0 bagi Amerika Serikat memanfaatkan kegagalan barisan belakang Thailand menghentikan tendangan bebas yang sejatinya tidak terlalu mengancam. Berangkat ke turun minum dengan selisih sekecil itu, Thailand tak akan menyangka 10 gol lain tercipta di paruh berikutnya.

Alex Morgan menjadi bintang lapangan dengan mencetak empat gol lain. Dimulai dengan aksinya pada menit ke-54, dan dilanjutkan liga gol lain yang dibuat dalam rentang 13 menit sejak menit ke-74 hingga tiga menit jelang bubaran.

Para pemain Amerika Serikat lain tidak mau tertinggal untuk memberikan sinyal betapa berbahayanya USWNT. Samanta Mewis mencetak dua gol di babak kedua. Sementara, Lavelle menambah satu gol lagi pada menit ke-56.

Megan Rapinoe, Mallory Pugh, dan Carli Lloyd turut tercatat sebagai pencetak gol dalam pertandingan ini. Pesta besar-besaran ini juga semakin membuktikan lemahnya pertahanan di depan kiper Sukanya Charoenying.

Pasalnya, dalam rentang waktu enam menit sejak menit 50, gawang Thailand terkoyak empat kali. Sementara, dalam 18 menit terakhir, ada tambahan 6 gol lagi.

"Tim AS ini mengeluarkan semua senjata yang siap untuk membuat pernyataan besar, dan mereka melakukan hal itu (melawan Thailand). Mereka haus gol dan lapar untuk menang. Morgan adalah bintang malam ini dengan lima golnya, dan hasil ini sangat besar bagi tim tersebut. Morgan yang fit, tangguh, dan percaya diri akan memimpin tim ini jauh ke ronde berikutnya," tulis Erin Fish, reporter FIFA.



Lima gol yang dicetak Alex Morgan di partai ini menyamai catatan Michelle Akers, seniornya di Amerika Serikat, yang mencetak jumlah gol yang sama saat USWNT menang 7-0 atas Taiwan di Piala Dunia 1991.

Sementara, kemenangan 13-0 Amerika Serikat ini adalah kemenangan dengan selisih gol terbesar dalam sejarah Piala Dunia Wanita.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA WANITA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus