Terima 40 Ribu APD, Anies Distribusikan ke RS Rujukan & Faskes

Oleh: Riyan Setiawan - 23 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan akan mendistribusikan pakaian coverall ke seluruh RS rujukan COVID-19 dan faskes di seluruh wilayah Ibu Kota.
tirto.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta telah menerima 40.000 pakaian Disposable Protective Coverall yang merupakan salah satu kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD), untuk penanganan wabah COVID-19 di wilayah Ibu Kota.

Pakaian coverall ini diterima dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga merupakan sebagai Gugus Tugas COVID-19.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan akan mendistribusikan pakaian Coverall tersebut ke seluruh Rumah Sakit (RS) Rujukan COVID-19 serta fasilitas-fasilitas Kesehatan (faskes) di seluruh wilayah Ibu Kota. Anies mengatakan APD ini tidak termasuk sarung tangan, masker, dan pelindung mata.

"Jadi tidak terbatas pada RS rujukan saja tapi juga faskes lain yang saat ini juga menangani termasuk ke Puskesmas yang juga sudah mulai mendeteksi kasus-kasus COVID-19 di wilayah sekitarnya," kata dia di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menuturkan jika Dinkes DKI yang akan mengatur untuk mendistribusikan pakaian coverall ini secara proporsional.

"Dengan adanya kelengkapan ini, bisa membantu petugas-petugas kita yang saat ini berada di garda terdepan, memastikan mereka tidak terpapar dan alat-alat ini menjadi sangat penting sekali," ucapnya.

Pada waktu yang sama, Kepala Dinkes Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengklaim pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajarannya agar seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 pagi ini mendapat distribusi pakaian Coverall.

Pendistribusian tersebut ditujukan guna memaksimalkan perlindungan para tenaga medis, dokter, dan jajaran yang berada di rumah sakit yang melayani pasien terinfeksi COVID-19.

"Kami akan memastikan para petugas kesehatan semuanya aman dan terlindungi dari paparan COVID-19," tuturnya.

Pakaian Coverall tersebut akan didistribusikan kepada sejumlah pihak sebagai berikut :
1. RSPI Sulianti Saroso
2. RSPAD Gatot Subroto
3. RSUP Persahabatan
4. RSUP Fatmawati
5. RS Umum Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto
6. RSAL Mintoharjo
7. RSUD Pasar Minggu
8. RSUD Cengkareng
9. RSUD Duren Sawit
10. RS Pelni
11. RSUD Tarakan
12. RSUD Koja
13. Labkesda
14. AGD
15. Wisma Atlet
16. 44 Puskesmas
17. 6 Sudinkes
18. Dinas Kesehatan
19. 47 Rumah Sakit Pendukung


Baca juga artikel terkait KASUS CORONA DI INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri
DarkLight