Menuju konten utama

Telkom Jamin Data Klien Aman Meski Satelit Alami Gangguan

Data pelanggan dijamin aman karena keamanan data berada di database pelanggan, tidak berhubungan dengan koneksi satelit.

Telkom Jamin Data Klien Aman Meski Satelit Alami Gangguan
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (tengah), Direktur Sales Sukardi Silalahi (kanan) dan Direktur IT Montgomery A. Hong (kiri) meluncurkan GraPARI Virtual Telkomsel, di Jakarta, Kamis (24/8). ANTARA FOTO/Audy Alwi

tirto.id - PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) menjamin keamanan data pelanggan satelit Telkom 1, yang sedang mengalami gangguan karena sedang dalam proses migrasi ke satelit Telkom 2 dan satelit Telkom 3S.

"Dalam migrasi ini, Telkom hanya sebagai pihak yang mengkoneksikan. Jadi keamanan data berada pada sisi data base pemilik pelanggan," kata Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga di Gedung Merah Putih Telkom Jakarta, Senin (28/8/2017).

Alex menjelaskan proses migrasi pelanggan satelit Telkom 1 ke satelit Telkom 2 dan satelit Telkom 3S yang sedang berlangsung dijadwalkan selesai 10 September 2017.

Sebelumnya, pada Jumat (25/8/2017) pukul 16.51 WIB terjadi anomali pada satelit Telkom 1, yang menyebabkan pergeseran pointing antena sehingga membuat semua layanan transponder dari satelit itu terganggu.

Hal ini berdampak pada layanan anjungan tunai mandiri (ATM) perbankan berbasis Very Small Appeture Small (Vsat).

"Saya bisa katakan para end user kita yang punya data seperti perbankan pasti sudah punya firewall. Jadi Telkom hanya penyedia jaringan satelit," kata Alex.

Satelit Telkom 1 memiliki 63 pelanggan, delapan di antaranya merupakan provider VSAT yang memiliki sekitar 12.030 site sehingga total ground segment-nya sekitar 15.000 site.

Secara intensif Telkom bersama Lockheed Martin selaku pabrikan satelit Telkom 1 terus melakukan investigasi, berusaha mengetahui kesehatan satelit Telkom 1 secara komprehensif.

Rencana tindak lanjut untuk satelit Telkom 1 baru akan dapat ditentukan dalam beberapa hari ke depan dan tidak tertutup kemungkinan satelit Telkom 1 tidak dapat beroperasi normal kembali.

Alex menjelaskan dalam bisnis satelit ada tiga kelompok yang menjadi pengguna jasa VSAT, yaitu pemerintah, pelanggan korporasi dan swasta.

Prioritas dalam pemulihan satelit Telkom 1 adalah mengupayakan pelayanan publik dan kegiatan operasional pemerintah disusul pelanggan yang memberikan layanan kepada publik seperti perbankan dan penyiaran, serta kelompok korporasi yang menggunakan jasa satelit untuk keperluan perusahaan sendiri tidak terganggu.

"Dari 15.000 sites yang sedang dalam proses recovery dan migrasi, atau per hari sebanyak 1.500 sites. Saat ini sudah selesai migrasi mencapai 17 persen. Ditargetkan pada 10 September 2017 proses recovery sudah tuntas," kata Alex.

Ia menjelaskan TelkomGroup membentuk posko pusat krisis yang beroperasi 7x24 jam untuk mengawal proses pemulihan.

Baca juga artikel terkait GANGGUAN SATELIT atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Teknologi
Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra