Telkom Grup Resmi Buka Blokir Netflix

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 7 Juli 2020
Telkom Grup akhirnya membuka blokir terhadap Netflix pada 7 Juli 2020.
tirto.id - Pengguna Telkom Grup dapat mengakses platform video streaming asal Amerika Serikat, Netflix, mulai hari ini, 7 Juli 2020.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan, pembukaan blokir berlaku untuk pelanggan IndiHome, Telkomsel dan wifi.id.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan Telkom Group untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/7/2020).

Sebelumnya, perusahaan pelat merah Telkom Grup memblokir Netflix sejak Januari 2016, tak lama setelah pengguna ada Netflix Indonesia. Pemblokiran itu mengakibatkan pengguna jaringan Telkom Grup tak dapat mengakses Netflix.

Tirto menjajal layanan Telkom Grup setelah ada pernyataan tersebut. Hasilnya, akses video ke Netflix berjalan lancar dan film di dalam aplikasi dapat diputar.

Pembukaan blokir Netflix, kata Arif, setelah ada kesediaan untuk memenuhi sejumlah syarat. Di antaranya menyediakan mekanisme penanganan keluhan pelanggan, mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Netflix, kata dia, juga akan patuh pada aturan Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN yakni kesepakaan untuk tidak menayangkan prohibited content meliputi konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

”Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkembangkan bisnis digital serta untuk terus menjaga excellent customer experience Telkom Group dengan menyediakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses konten-konten berkualitas. Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” jelas dia.


Baca juga artikel terkait NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali
DarkLight