tirto.id - Pendaftaran seleksi terbuka penerimaan PPNPN di lingkungan otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dibuka mulai 20 Februari hingga 24 Februari 2023 pukul 16.00 WIB.
Pendaftaran PPNPN IKN 2023 dilakukan secara online melalui https://ikn.go.id/RekPPNPNOIKN dengan mengikuti tata cara yang telah ditentukan.
Pada saat melakukan pendaftaran, pelamar wajib memenuhi sejumlah persayaratan termasuk persyaratan umum, khusus, dan dokumen.
Salah satu dokumen persayaratan yang wajib dilampirkan adalah Daftar Riwayat Hidup yang terdiri dari keterangan perorangan, riwayat kerja, riwayat pendidikan, penghargaan, keterangan keluarga, hingga prestasi yang menonjol.
Selain itu, diperlukan pula lampiran dokumen Surat Pernyataan bersedia untuk ditempatkan pada wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara. Format dokumen Daftar Riwayat Hidup dan Surat Pernyataan ditentukan sesuai pengumuman resminya.
Seleksi terbuka PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) di lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara, diselenggarakan guna memberikan kesempatan kepada putra/putri terbaik bangsa untuk menjadi bagian dalam sejarah pembangunan Ibu Kota Nusantara.
Berdasarkan pengumuman resminya, seleksi dibuka untuk mengisi posisi staff pada sembilan bidang yang telah ditetapkan, bidang tersebut meliputi:
- Sekretariat;
- Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan;
- Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan;
- Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan;
- Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat;
- Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital;
- Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam;
- Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi; dan
- Deputi Bidang Sarana dan Prasarana.
Syarat Pendaftaran PPNPN IKN 2023
Bagi masyarakat yang berminat untuk melakukan pendaftaran PPNPN IKN 2023, wajib memenuhi sejumlah persyaratan.
Persyaratan meliputi persyaratan umum, persayaratan khusus, dan dokumen kelengkapan. Berikut persyaratannya dikutip dari Pengumuman Nomor P.005/Otorita IKN/II/2023.
Persyaratan umum
Persyaratan umum terdiri dari kualifikasi umum yang harus dimiliki oleh pelamar sebelum melakukan pendaftaran, meliputi.
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana (Strata 1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) pada skala 4 dan Perguruan Tinggi yang terakreditasi Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,2 (tiga koma dua) pada skala 4;
- Berusia paling kurang 21 (dua puluh satu) tahun dan berusia maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun pada saat melamar;
- Sehat jasmani dan rohani;
- Berkelakuan baik;
- Mempunyai pendidikan formal, kecakapan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan syarat lain yang diperlukan dalam jabatan;
- Mampu mengoperasikan media teknologi informasi dan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi dari institusi terakreditasi nasional;
- Disiplin dan berintegritas;
- Bersedia ditempatkan pada wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara.
Persyaratan khusus adalah kualifikasi pendidikan pada bidang yang telah ditentukan, berikut rinciannya.
1. Sekretariat
- Ilmu Ekonomi
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Akuntansi
- Ilmu Komunikasi
- Psikologi
- Teknik Informatika
- Ilmu Komputer
- Ilmu Hukum
- Administrasi Publik
- Hubungan Internasional
- Ilmu Hukum
- Akuntansi
- Perencanaan Wilayah dan Kota
- Teknik Arsitektur
- Teknik Sipil
- Teknik Lingkungan
- Teknik Geologi
- Ilmu Hukum
- Ilmu Pertanahan
- Manajemen
- Teknik Informatika
- Teknik Industri
- Teknik Informatika
- Teknik Komputer
- Perencanaan Wilayah dan Kota
- Ilmu Hukum
- Ilmu Hukum
- Ilmu Komputer
- Ilmu Administrasi
- Ilmu Komunikasi
- Psikologi
- Pertanian
- Sosiologi
- Teknik Sipil
- Teknik Informatika
- Teknik Elektro
- Teknik Arsitektur
- Matematika
- Geografi
- Ilmu Komputer
- Sistem Informasi
- Ilmu Hukum
- Fisika
- Teknik Lingkungan
- Teknik Sipil
- Agroteknologi
- Manajemen
- Pertanian
- Silvikultur
- Ilmu Hukum
- Ilmu Kehutanan
- Teknik Geologi
- Teknik Pangan
- Perencanaan Wilayah dan Kota
- Ilmu Tanah
- Geografi
- Ilmu Hukum
- Ilmu Ekonomi
- Administrasi Bisnis
- Teknik Lingkungan
- Teknik Sipil
- Akuntansi
- Manajemen
- Teknik Elektro
- Akturia
- Ilmu Hukum
- Teknik Lingkungan
- Perencanaan Wilayah dan Kota
- Administrasi Publik
- Teknik Arsitektur
- Teknik Sipil
- Teknik Elektro
- Teknik Mesin
- Transportasi
Pelamar wajib melampirkan sembilan dokumen persayaratan saat mengajukan lamaran, yang meliputi.
- Daftar Riwayat Hidup sebagaimana format dalam Lampiran 1;
- Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP);
- Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
- Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir;
- Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 10 MB;
- Pindai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
- Pindai Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi terakreditasi nasional yang berlaku paling lama sejak 6 (enam) bulan sebelum tanggal pendaftaran;
- Pindai Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 2;
- Pindai Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 3;
Tata Cara Pendaftaran PPNPN IKN 2023
Masyarakat yang berminat mengajukan lamaran dapat mencermati tata cara pendaftaran berikut ini:
1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui tautan www.ikn.go.id/RekPPNPNOIKN mulai tanggal 20 Februari 2023 dan sampai dengan tanggal 24 Februari 2023 jam 16.00 WIB;
2. Seluruh berkas lamaran dikirim dalam format PDF dan hasil pindai berkas tersebut berkapasitas maksimal 10 MB untuk keseluruhan berkas;
3. Surat lamaran dilengkapi dengan melampirkan dokumen sebagai berikut:
- Daftar Riwayat Hidup sebagaimana format dalam Lampiran 1;
- Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP);
- Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
- Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir;
- Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 500 Kb;
- Pindai Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi terakreditasi nasional yang berlaku paling lama 6 (enam) bulan sebelum tanggal pendaftaran;
- Mengunggah Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 2;
- Mengunggah Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 3;
- Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi terbuka akan disampaikan melalui www.ikn.go.id untuk itu pelamar seleksi terbuka diharapkan aktif mengakses situs dimaksud;
- Berkas yang masuk akan diperiksa dan diseleksi oleh Panitia Seleksi, dan keputusan tidak dapat diganggu gugat.
Jadwal dan Tahapan Seleksi PPNPN IKN 2023
Rangkaian seleksi dimulai sejak pengumuman seleksi disiarkan kepada publik pada 17 Februari 2023.
Pelamar akan menghadapi sejumlah tahap seleksi, pelamar yang berhasil lolos hingga tahap akhir, akan diumumkan pada 13 Maret 2023.
Berikut ini adalah rincian jadwal dan tahapan seleksi PPNPN IKN 2023.
17 – 24 Februari 2023 = Pengumuman
20 – 24 Februari 2023 = Pendaftaran secara elektronik
24 – 27 Februari 2023 = Pemeriksaan dan seleksi administrasi
28 Februari 2023 = Pengumuman hasil seleksi administrasi
2 Maret 2023 = Tes potensi akademik (TPA) dan psikotes
9 Maret 2023 = Pengumuman hasil tes potensi akademik (TPA) dan psikotes
10 – 12 Maret 2023 = Wawancara
13 Maret 2023 = Pengumuman akhir seleksi
Link Download Daftar Riwayat Hidup PDF
Pelamar dapat mencermati format Daftar Riwayat Hidup, Surat Keterangan, dan informasi lainnya dengan download file PDF melalui link berikut ini.
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra