Menuju konten utama

Link Rekrutmen PPNPN IKN 2023 di ikn.go.id dan Cara Daftar

Lowongan PPNPN IKN 2023, link rektrutmen, dan cara daftarnya.

Link Rekrutmen PPNPN IKN 2023 di ikn.go.id dan Cara Daftar
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono (kanan) dan Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio melihat layar yang menampilkan dunia virtual Jagat Nusantara saat peluncurannya di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (28/10/2022). Jagat Nusantara merupakan platform dunia virtual pertama di Indonesia yang terhubung dengan kota nyata yakni IKN. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

tirto.id - Pendaftaran seleksi terbuka penerimaan PPNPN di lingkungan otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dibuka mulai 20 Februari 2023 dan ditutup pada 24 Februari 2023 pukul 16.00 WIB. Pendaftaran PPNPN IKN 2023 dilakukan secara online melalui https://ikn.go.id/RekPPNPNOIKN.

Seleksi terbuka PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) di lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara, diselenggarakan guna memberikan kesempatan kepada putra/putri terbaik bangsa untuk menjadi bagian dalam sejarah pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Berdasarkan pengumuman resminya, seleksi dibuka untuk mengisi posisi staff pada sembilan bidang yang telah ditetapkan, bidang tersebut meliputi:

  1. Sekretariat;
  2. Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan;
  3. Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan;
  4. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan;
  5. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat;
  6. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital;
  7. Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam;
  8. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi; dan
  9. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana.

Syarat Pendaftaran PPNPN IKN 2023

Bagi masyarakat yang berminat untuk melakukan pendaftaran PPNPN IKN 2023, wajib memenuhi sejumlah persyaratan.

Persyaratan meliputi persyaratan umum, persyaratan khusus, dan dokumen kelengkapan. Berikut persyaratannya dikutip dari Pengumuman Nomor P.005/Otorita IKN/II/2023.

Persyaratan umum

Persyaratan umum terdiri dari kualifikasi umum yang harus dimiliki oleh pelamar sebelum melakukan pendaftaran, meliputi.

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana (Strata 1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) pada skala 4 dan Perguruan Tinggi yang terakreditasi Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,2 (tiga koma dua) pada skala 4;
  • Berusia paling kurang 21 (dua puluh satu) tahun dan berusia maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun pada saat melamar;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Berkelakuan baik;
  • Mempunyai pendidikan formal, kecakapan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan syarat lain yang diperlukan dalam jabatan;
  • Mampu mengoperasikan media teknologi informasi dan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi dari institusi terakreditasi nasional;
  • Disiplin dan berintegritas;
  • Bersedia ditempatkan pada wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara.

Persyaratan Khusus

Persyaratan khusus adalah kualifikasi pendidikan pada bidang yang telah ditentukan, berikut rinciannya.

1. Sekretariat

  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Akuntansi
  • Ilmu Komunikasi
  • Psikologi
  • Teknik Informatika
  • Ilmu Komputer
  • Ilmu Hukum
  • Administrasi Publik
  • Hubungan Internasional
2. Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan

  • Ilmu Hukum
  • Akuntansi
3. Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan

  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Teknik Arsitektur
  • Teknik Sipil
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Geologi
  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Pertanahan
  • Manajemen
  • Teknik Informatika
4. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan

  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika
  • Teknik Komputer
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Ilmu Hukum
5. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat

  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Komputer
  • Ilmu Administrasi
  • Ilmu Komunikasi
  • Psikologi
  • Pertanian
  • Sosiologi
6. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital

  • Teknik Sipil
  • Teknik Informatika
  • Teknik Elektro
  • Teknik Arsitektur
  • Matematika
  • Geografi
  • Ilmu Komputer
  • Sistem Informasi
  • Ilmu Hukum
  • Fisika
7. Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam

  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Sipil
  • Agroteknologi
  • Manajemen
  • Pertanian
  • Silvikultur
  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Kehutanan
  • Teknik Geologi
  • Teknik Pangan
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Ilmu Tanah
  • Geografi
8. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi

  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Ekonomi
  • Administrasi Bisnis
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Sipil
  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Teknik Elektro
  • Akturia
9. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana

  • Ilmu Hukum
  • Teknik Lingkungan
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Administrasi Publik
  • Teknik Arsitektur
  • Teknik Sipil
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Transportasi
Dokumen Persyaratan

Pelamar wajib melampirkan sembilan dokumen persayaratan saat mengajukan lamaran, yang meliputi.

  1. Daftar Riwayat Hidup sebagaimana format dalam Lampiran 1;
  2. Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  3. Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  4. Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir;
  5. Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 10 MB;
  6. Pindai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
  7. Pindai Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi terakreditasi nasional yang berlaku paling lama sejak 6 (enam) bulan sebelum tanggal pendaftaran;
  8. Pindai Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 2;
  9. Pindai Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 3;

Jadwal dan Tahapan Seleksi PPNPN IKN 2023

Rangkaian seleksi dimulai sejak pengumuman seleksi disiarkan kepada publik pada 17 Februari 2023.

Pelamar akan menghadapi sejumlah tahap seleksi, pelamar yang berhasil lolos hingga tahap akhir, akan diumumkan pada 13 Maret 2023.

Berikut ini adalah rincian jadwal dan tahapan seleksi PPNPN IKN 2023.

17 – 24 Februari 2023 = Pengumuman

20 – 24 Februari 2023 = Pendaftaran secara elektronik

24 – 27 Februari 2023 = Pemeriksaan dan seleksi administrasi

28 Februari 2023 = Pengumuman hasil seleksi administrasi

2 Maret 2023 = Tes potensi akademik (TPA) dan psikotes

9 Maret 2023 = Pengumuman hasil tes potensi akademik (TPA) dan psikotes

10 – 12 Maret 2023 = Wawancara

13 Maret 2023 = Pengumuman akhir seleksi

Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan lainnya dari Balqis Fallahnda

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra