Spesifikasi OPPO Reno4 F yang Rilis di Indonesia Hari Ini

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 12 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Spesifikasi OPPO Reno4 F yang rilis hari ini, Senin (12/10/2020) pukul 18.45 WIB.
tirto.id - OPPO akan merilis Reno4 F di Indonesia hari ini, Senin (12/10/2020). Acara peluncuran tersebut disiarkan secara langsung di akun media sosial OPPO Indonesia pukul 18.45 WIB.

Reno4 F diketahui memiliki layar sebesar 6,43 inci dengan desain berbentuk dual punch hole untuk kamera. Layar ponsel ini akan menggunakan display Super AMOLED dengan bingkai yang sangat tipis.

Dalam siaran persnya, OPPO mengatakan Reno4 F akan hadir dengan ketebalan ponsel 7,48 milimeter, sekitar 0,2 milimeter lebih tipis dibandingkan dengan Reno4 yang lebih dulu hadir di Indonesia. Ponsel ini akan berbobot cukup ringan, hanya 164 gram.

Berikut ini spesifikasi OPPO Reno4 F sebagaimana silansir dari laman GSM Arena.

Layar Reno4 F disematkan Super AMOLED, 430 nits (typ) dengan ukuran 6.43 inches, 99.8 cm2 (~84.6% screen-to-body ratio) dan resolusi 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density). Adapun sistem operasi bawaannya yaitu mendukung Android 10, ColorOS 7.2.

Pada kameranya, OPPO Reno4 F mengusung setelan quad-camera dengan lensa utama 48MP bukaan f/1.8.

Tiga lensa lainnya yaitu 8MP wide angle dan sisanya kamera mono masing-masing 2MP. Sederet fitur ditawarkan mulai AI Color Portrait hingga AI Night Flare Portrait. Hadir pula fitur untuk kreasi video yaitu SOLOOP video editor.

Untuk kamera depan tersemat dua buah lensa masing-masing 16MP dan 2MP untuk kebutuhan foto bokeh. Fitur yang diusung lengkap dari Dual Lens Bokeh hingga Ultra Steady Video.

Mengusung “Clearly Your Expression” Reno4 F hadir dengan menawarkan fitur yang sudah di sesuaikan dengan target pasar anak muda untuk menghasilkan sebuah foto potret yang tampil beda.

Untuk sensor pengaman, Reno4 F telah dilengkapi dengan Fingerprint (under display, optical). Kapasitas baterainya yaitu Li-Po 4000 mAh, non-removable yang sudah mendukung fast charging 18W.

OPPO Reno4 F memiliki sejumlah fitur canggih pada kameranya. Berikut ulasannya.

AI Color Portrait

Artificial Intelligence (AI) Color Portrait Mode mendukung fungsi pengisolasian warna pada foto, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya.

Fitur ini menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras sehingga membuat hasil foto terlihat seperti sebuah karya seni yang akan menjadi tren di kalangan anak muda.

AI Super Night Portrait

Fitur ini menjanjikan hasil foto selfie yang jernih bahkan di malam hari. Cocok untuk mengambil swafoto pada kondisi temaram seperti di dalam sebuah bar atau di bawah lampu penerangan jalan.

Didesain untuk kondisi cahaya rendah, Reno4 F menggabungkan serangkaian algoritma AI termasuk HDR, yang secara instan menangkap dan menggabungkan beberapa frame pada berbagai tingkat pencahayaan, pengenalan wajah, dan penekanan highlight.

Ini akan mencerahkan foto potret tanpa mengekspos latar belakang secara berlebihan, untuk menghasilkan bidikan potret yang lebih cerah, lebih jelas, dan berkualitas lebih baik di malam hari.

AI Night Flare Portrait

AI Night Flare Portrait akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang.

AI Night Flare Portrait menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan dengan cahaya redup, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh.

Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

AI Super Clear Portrait

AI Super Clear Potrait akan meningkatkan detail pada saat mengambil foto potret. Reno4 F menggunakan teknologi rekonstruksi wajah yang dilengkapi degan sebuah kecerdasan buatan dan teknologi deep learning yang membuat detail wajah seperti alis dapat ditingkatkan atau direkonstruksi untuk memastikan foto potret yang lebih jelas.

AI Beautification 2.0

Merupakan fitur AI Beautification generasi ke-2, yang telah disesuaikan untuk preferensi kecantikan dengan mempertahankan warna kulit alami tanpa menghilangkan detail.

Dual Lens Bokeh

Untuk mencapai bokeh dengan bidikan dengan banyak orang dalam satu frame dan juga pada fungsi video, Reno4 F menggunakan solusi berbasis perangkat lunak dan perangkat keras untuk menjalankan pemrosesan gambar dengan kedalaman pada Depth Camera 2MP dan kamera utama 16MP.

Selfie Gestures

Mengambil gambar swafoto tanpa menggunakan alat bantu agak cukup merepotkan. Apalagi menekan tombol shutter di layar dapat dapat berpotensi menimbulkan guncangan ketika swafoto.

Dengan selfie gesture, cukup menunjukan tapak tangan ke arah kamera, setelah terbaca, kamera akan menghtung mundur untuk mengambil swafoto.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight