Spesifikasi, Fitur dan Harga Mobil Terbaru Hyundai, Ioniq

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 28 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Spesifikasi, fitur dan harga dari mobil Hyundai Ioniq, yang diklaim lebih efisien daripada mobil dengan sistem pembakaran biasa.
tirto.id - Perusahaan mobil asal Jepang, Hyundai, kembali meluncurkan produk terbaru, Hyundai Ioniq. Ioniq akan dilunucrkan pada 2020, dan diklaim lebih efisien daripada mobil dengan sistem pembakaran biasa.

Hyundai Ioniq tipe hybrid, Car and Driver merangkum, disebut-sebut lebih efisien daripada pesaingnya, Toyota Prius.

Ioniq telah lolos uji Environment Protection Agency (EPA, standar efisiensi bahan bakar Amerika Serikat) dengan rating mencapai 58 mpg.

Mobil hybrid ini memiliki mesin dengan kekuatan 118-134 tenaga kuda. Terdapat tiga versi Ioniq, yaitu Hybrid, Plug-in hybrid, dan elektrik.

Plug-in hybrid memiliki penyimpanan daya listrik yang masih rendah, yaitu sekitar 60hp sehingga akan masih banyak menggunakan energi dari bahan bakar.

Teknologi Hybrid Ioniq layak dicoba karena terjangkau dan hemat, juga dilengkapi kontrol iklim otomatis, raido satelit SiriusXM, dan proximity key.

Variasi lainnya dari Hyunda Ioniq adalah plug-in hybrid, dan elektrik. Plug-in hybrid, adalah mobil yang memasok daya listrik lewat pengisian ulang di sumber listrik.

Listrik adalah sumber utama dari mobil plug-in hybrid, sedangkan hybrid hanya akan memakai daya listrik jika sumber daya biasa sudah habis.

Mesin

Ioniq Hybrid dapat dikategorikan kurang cepat, karena akselerasi mesin membutuhkan 8,9 detik dari kecepatan 0 ke 60 mph.

Transmisi juga memerlukan waktu pause yang cukup lama saat pengemudi menambah kecepatan.

Ioniq Elektrik juga kurang lebih sama dengan tipe hybrid, sedangkan untuk plug-in hybrid, dengan empat mesin silinder 1,6 liter, motor listrik, trnasmisi otomatis dual-clutch akan terasa lebih cepat dan lebih lancar.

Baterai

Ioniq plug-in hybrid diisi ulang dengan listrik 240volt dalam durasi dua jam, pada tegangan 120volt, plug-in hybrid dapat terisi selama kurang lebih 9 jam pengisian ulang.

Ioniq elektrik, yang mencapai standar EPA hingga 145 mpg membuatnya lebih efisien dibanding kompetitor lainnya di sektor mobil elektrik. Baterai mobil keduanya memiliki masa garansi pabrik hingga 8 tahun.

Interior

Kabin Ioniq terbilang nyaman, dengan menggunakan komposit tebu dan batuan vulkanik. Jarak bari depan dan belakang cukup luas, bahkan ketika kursi depan dimundurkan pada batas maksimal.

Ioniq adalah mobil keluarga dan cocok untuk perjalanan jauh yang membutuhkan ruang untuk peralatan dan barang bawaan.

Di sektro hiburan, Ioniq dilengkapi dengan layar hiburan sentuh8 inci dan dapat disambungkan dengan Apple CarPlay, Android Auto, dan port auxiliary, serta port US.

Keamanan

Setiap jenis Ionoq dilengkapi dengan sistem keamanan yang tersertifikasi oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), dengan fitur driver-assistance. Untuk tipe premium, Ioniq dapat mendeteksi pejalan kaki yang berada di sekitar jalur mobil. Kelengkapan keamanan di Hyundai Ioniq, termasuk:

- Rem darurat otomatis dan peringatan tabrakan depan standar

- Peringatan jalur parkir dan jarak aman standar

- Pantauan blind-spot dan peringatan traffic bagian belakang

Harga

Dari segi harga, antara Hyundai Ioniq hybrid, plug-in hybrid, dan elektrik, memiliki rentang yang berbeda.

- Hybrid dibanderol sekitar 24,156 dolar AS.

- Plug-in hybrid dibanderol sekitar 27,455 dolar AS.

- Elektrik dibanderol dengan:

Ioniq Elektrik Elite mulai dari 52,941 dolar AS
Ioniq Elektrik Premium mulai dari 57,141 dolar AS.


Baca juga artikel terkait HYUNDAI atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight