SoftBank Investasi $2 Miliar di Indonesia Melalui Grab

Oleh: Yantina Debora - 29 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Melalui Grab, SoftBank investasikan dana 2 miliar dolar AS di infrastruktur digital Indonesia.
tirto.id - Grab mengumumkan investasi sebesar 2 miliar dolar AS untuk Indonesia selama lima tahun ke depan melalui modal yang diinvestasikan oleh SoftBank, pada (29/7/2019).

Investasi SoftBank guna mendukung pengembangan infrastruktur digital di Indonesia. Investasi ini akan disalurkan untuk membangun jaringan transportasi perkotaan generasi selanjutnya serta transformasi layanan penting seperti industri kesehatan.

“Dengan kehadiran kami di 224 kota, Indonesia merupakan pasar terbesar kami dan kami memiliki komitmen jangka panjang dalam pembangunan negeri secara berkelanjutan," kata Anthony Tan, CEO of Grab.

"Kami sangat senang dapat memfasilitasi investasi SoftBank dan percaya bahwa melalui investasi untuk digitalisasi layanan penting dan proyek infrastruktur, kami berharap dapat turut mendukung mewujudkan ambisi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara dan meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi jutaan orang di Indonesia.”

Aliran investasi ini diumumkan usai pertemuan antara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Masayoshi Son, Chairman dan CEO of SoftBank Group, Anthony Tan, CEO of Grab, serta Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Dalam pertemuan itu, pemerintah mengungkapakn ambisi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dalam beberapa tahun ke depan.


Indonesia akan fokus pada peluang investasi di sektor teknologi dan pengembangan talenta lokal di bidang teknologi. SoftBank, yang pada awal tahun ini menginvestasikan 1,46 miliar dolar AS untuk Grab, akan semakin menegaskan kehadirannya di Indonesia melalui investasi ini.

“Sektor teknologi di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan saya sangat senang dapat berinvestasi bagi masa depan Indonesia melalui Grab dengan investasi sebesar 2 miliar dolar AS,” kata Masayoshi Son, Chairman dan CEO of SoftBank Group.

Grab akan Luncurkan Layanan e-healthcare di Indonesia

Selain mengumumkan investasi 2 miliar dolar AS, Grab juga mengumumkan akan meluncurkan layanan e-healthcare di Indonesia dalam tiga bulan ke depan.

Layanan e-healthcare bertujuan untuk meningkatkan akses kepada layanan dokter dan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang di Indonesia, Grab juga akan membangun kantor pusat yang kedua di Indonesia.

Kantor pusat yang kedua ini akan menjadi rumah bagi R&D centre yang berkembang pesat di Jakarta dan akan menjadi kantor pusat bagi bisnis GrabFood, penyedia layanan antar makanan terbesar di Asia Tenggara.

Baca juga artikel terkait INVESTASI 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight