Sinopsis Serial The Queens Gambit yang Tayang Hari Ini di Netflix

Oleh: Abdul Hadi - 23 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis serial The Queens Gambit yang bercerita soal Beth Harmon, seorang yatim piatu yang ditemukan sedang meratapi kematian ibunya.
tirto.id - Film berseri The Queen's Gambit akan tayang pertama kali di Netflix pada Jumat, 23 Oktober 2020, sebagaimana diumumkan melalui media sosialnya.

Serial delapan episode ini disutradarai oleh Scott Frank, sementara penulis naskahnya adalah Allan Scott dan Scott Frank sendiri, diadaptasi dari novel berjudul sama yang dikarang oleh Walter Tevis.

The Queen's Gambit diproduseri oleh Scott Frank, William Horberg, Allan Scott, serta dibintangi oleh Anya Taylor-Joy, Marielle Heller, Thomas Brodie-Sangster, Moses Ingram, Harry Melling, Bill Camp, dan masih banyak lagi.

Sinopsis The Queen's Gambit

Serial ini bercerita tentang seorang anak yatim piatu, Beth Harmon yang ditemukan sedang meratapi kematian ibunya (Chloe Pirrie).

Setting film yang dikondisikan berada di tahun 1950-an, secara kebetulan mempertemukan Beth Harmon dengan pengasuh anak (Bill Camp) yang mengenalkannya dengan permainan catur.

Lantas saja, Beth Harmon kecil, yang diperankan oleh Isla Johnson merasa bahwa papan catur membebaskan jiwa analitis dan kegeniusannya.

Bagi Beth, segala yang berhubungan dengan catur menjadi masuk akal, menenangkan, dan memberinya kontrol penuh. Beth menjadi terobsesi dengan papan catur.

Obsesinya begitu besar, bahkan ketika tidak menghadapi papan catur, saat beranjak menuju pembaringan, ia dapat tidak tidur sepanjang malam.

Beth menatap langit-langit kamar melalui ranjangnya, dan membayangkan papan catur imajiner.

Beth memainkan permainan catur melalui kepalanya, berimajinasi sebanyak mungkin mengenai langkah-langkah dari pion-pion catur untuk mengalahkan lawan-lawan yang ia imajinasikan sendiri.

Beberapa waktu setelahnya, barulah Beth Harmon menyadari bahwa ternyata pihak panti asuhan ternyata memberinya obat penenang karena obsesinya itu.

Melalui tujuh episode mini, The Queen's Gambit mengisahkan perjalanan Beth Harmon sejak kecil, diasuh di panti asuhan, karena kegeniusannya menapak karier sebagai pemain catur profesional kelas dunia. Kehidupannya juga kian diperumit dengan gangguan adiksi yang ia alami.

Ketika beranjak dewasa, orang terdekatnya hanyalah pengasuh dan teman sekamarnya, Jolene (Moses Ingram).

Kemudian, saat meninggalkan panti asuhan, ia ternyata diadopsi oleh Alma (Marielle Heller), perempuan kesepian yang membutuhkan teman, selain suaminya yang iri dan pendendam.

Seiring berjalannya waktu, Beth Harmon kemudian dikelilingi oleh banyak laki-laki. Ia menarik banyak perhatian, mulai dari laki-laki biasa, penulis kenamaan, hingga lawan caturnya sendiri.

Laman Variety menuliskan setiap scene yang terus diisi dengan daya tarik Beth Harmon, disisipi dengan jumlah permainan catur yang tak terhitung banyaknya, tentunya, jika diperankan oleh aktor biasa akan terasa membosankan, namun ketika Anya Taylor-Joy memainkan peran sebagai Beth Harmon, perannya terasa menakjubkan.

Bagaimana perjalanan Beth Harmon, dari seorang yatim piatu, dengan kegeniusan dan kerapuhannya menapak tangga menjadi pecatur kelas dunia?

Selanjutnya, jika tidak ada perubahan jadwal, maka serial The Queen's Gambit bisa disaksikan di Netflix pada Jumat, 23 Oktober 2020.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight