Sinopsis Hidden Figures: Perjuangan 3 Wanita Kaum Minoritas di AS

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 28 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Hidden Figures berkisah tentang perjuangan 3 perempuan Afro-Amerika saat menjadi kaum minoritas di AS.
tirto.id - Film Hidden Figures akan hadir dan tayang dalam program Big Movies GTV, Jumat (28/8/2020) malam, pukul 22.30 WIB.

Film ini menceritakan kisah perjuangan 3 wanita jenius berkulit hitam (kelompok minoritas di AS) yang memegang peran vital di divisi awal program luar angkasa AS - NASA, di saat diskriminasi masih menjadi isu utama.

Hidden Figures adalah film drama biografi yang disutradarai Theodore Melfi dan ditulis oleh Melfi bersama Allison Schroeder.

Film berdurasi 127 menit ini memiliki rilis terbatas pada 25 Desember 2016, oleh 20th Century Fox, sebelum menyebar luas di Amerika Serikat pada 6 Januari 2017.

Film yang dipilih oleh National Board of Review sebagai salah satu dari sepuluh film teratas tahun 2016 ini berhasil menerima berbagai penghargaan, termasuk tiga nominasi di Academy Awards ke-89, termasuk untuk Film Terbaik.

Hidden Figures juga memenangkan Screen Actors Guild Award for Outstanding Performance oleh Cast in a Motion Picture.

Film yang menerima skor 7,8 dari total 10 bintang di situs IMDb ini berhasil meraup pendapatan box office 236 juta dolar AS di seluruh dunia.

Sinopsis Hidden Figures


Hidden Figures berkisah tentang tiga perempuan berkulit hitam yang saat itu menjadi kaum minoritas di Amerika Serikat (AS). Mereka adalah Mary Jackson (Janelle Monáe), Dorothy Vaughan (Octavia Spencer), dan Katharine Goble (Taraji P. Henson).

Mary Jackson adalah seorang ahli teknik yang pernah ditolak menjadi teknisi di NASA, kecuali bila dia berhasil lulus di pendidikan tinggi yang dikhususkan bagi kulit putih.

Kemudian Dorothy yang memiliki peran sebagai pelaksana tugas Supervisor atau pengawas dari Area Barat, selalu tidak berhasil memperoleh jabatannya secara permanen karena alasan warna kulitnya.

Sementara Katherine Goble menjadi tokoh sentral dari film Hidden Figures.

Saat AS berpacu melawan Rusia untuk menempatkan seorang pria di luar angkasa, NASA menemukan bakat yang belum dimanfaatkan dari ketiga wanita matematikawan keturunan Afrika-Amerika itu.

Mereka berfungsi sebagai otak di balik salah satu operasi terbesar dalam sejarah AS.

Berdasarkan kisah kehidupan nyata yang luar biasa dari tiga wanita yang dikenal sebagai "manusia komputer" ini, film Hidden Figures mengikuti kisah Mary, Dorothy, dan Katherine saat mereka dengan cepat naik pangkat di NASA bersama banyak pemikir terhebat dalam sejarah.

Ketiganya secara khusus ditugaskan untuk menghitung peluncuran penting astronot John Glenn (Glen Powell) ke orbit, dan menjamin kepulangannya dengan selamat.

Dorothy, Mary, dan Katherine Gobels Johnson melintasi semua jenis kelamin, ras, dan garis profesional sementara kecerdasan dan keinginan mereka berhasil menggapai mimpi besar, melampaui apa pun yang pernah dicapai sebelumnya oleh umat manusia.

Perjuangan dan dedikasi yang mereka berikan dengan kuat mengokohkan ketiganya dalam sejarah AS sebagai pahlawan Amerika sejati.




------------------------
Jadwal tayang film menyesuaikan masing-masing stasiun televisi. Waktu tayang dan judul film dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS HIDDEN FIGURES atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Film)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight