Respons PSSI Soal Pengeroyokan Bus Persija Oleh Suporter PSM

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 28 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ratu Tisha Destria mengatakan keputusan baru akan diberikan setelah rapat yang dilakukan Komite Disiplin (Komdis) PSSI.
tirto.id - Persija Jakarta mengajukan permohonan penundaan laga leg kedua final Piala Indonesia menyusul adanya pengeroyokan terhadap bus pemain Macan Kemayoran yang dilakukan oleh sejumlah suporter PSM, Sabtu (27/7/2019).

Menanggapi langkah tersebut, Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan keputusan baru akan diberikan setelah rapat yang dilakukan Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

“Kami harus rapatkan dulu, karena harus tahu duduk permasalahannya seperti apa. Dan kita harus lihat dari dua sisi, harus lihat dari persiapan PSM juga, tidak boleh [langsung] menggubris apa yang sudah dilakukan, apa hal-hal yang menyebabkan terjadinya kekurangan,” tutur Tisha.

Pernyataan yang sama juga dilontarkan Plt Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto ketika dijumpai reporter Tirto di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu (27/7/2019) malam.

“Besoklah kami umumkan. Besok kan finalnya, tapi banyak dinamika yang terjadi di sana. Kami enggak tau apakah komite disiplin sidang malam ini, kita tunggu dulu lah,” ungkap Iwan.

Akibat peristiwa pengeroyokan tersebut, bus yang ditumpangi para pemain Persija dikabarkan mengalami pecah pada bagian kaca dan lecet di sejumlah titik. Lebih parahnya lagi, dua pemain, yakni Ryuji Utomo dan Marko Simic ikut terluka. Ryuji mengalami luka pada bagian paha, sementara Simic terluka pada tangannya.

Di sisi lain CEO PSM, Munafri Arifuddin ikut menyayangkan kejadian yang menimpa Persija. Namun, pria yang akrab disapa Appi ini berharap tidak akan ada penundaan dan berjanji akan membantu memastikan keamanan para penggawa dan ofisial tim Macan Kemayoran. Appi juga mengatakan bakal menindak tegas pelaku.

"Kami tahu ini datangnya dari mana dan siapa yang melakukan. Aparat kemanan dan seluruh security officer saya [minta] untuk cari orangnya dan menindak tegas hal-hal seperti ini," kata dia.

Terlepas dari peristiwa buruk tersebut, laga PSM vs Persija sejatinya dijadwalkan berlangsung Minggu (28/7/2019) sore. Ini merupakan pertemuan kedua Macan Kemayoran dan Juku Eja di final, setelah duel di leg pertama Minggu (21/7/2019) pekan lalu berkesudahan dengan skor tipis 1-0 untuk kemenangan Persija.


Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight