Resep Nasi Goreng Kambing Khas Kebon Sirih untuk Idul Adha

Kontributor: Nurul Azizah, tirto.id - 11 Jul 2022 13:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara memasak nasi goreng kambing ala Kebon Sirih dan tipsnya.
tirto.id - Berbagai pilihan kreasi olahan daging kambing bisa menjadi inspirasi olahan menu daging kurban. Salah satunya adalah menu nasi goreng kambing khas Kebon Sirih. Pembuatan nasi goreng yang praktis dan tidak memakan waktu lama bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memasak menu ini.

Nasi goreng memiliki beragam variasi, seperti nasi goreng kebon sirih yang berasal dari Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Dikutip dari E-Modul 55 Tempat Makan Unik dan Asik Ala Warkot, menu nasi goreng kambing identik dengan warung nasgorkam Kebon Sirih yang didirikan oleh H. Naim (alm.) sekitar 50 tahun lalu.

Sebenarnya H. Naim berjualan nasi goreng dan mie goreng, tetapi karna nasi goreng lebih laris maka menu nasi gorenglah yang lebih dikenal. Kini warung nasgorkam H. Naim dijalankan oleh tiga putranya dengan tetap mempertahankan resep warisan dari H. Naim.

Kelezatan nasgorkam ini terletak pada bulir nasi yang harus utuh, tidak lengket satu sama lain, dan berasal dari beras yang baik dan enak. Proses memasak nasgorkam ini juga harus benar agar teksturnya pas untuk digoreng. Menurut Rudy, putra H, Naim, nasi yang sudah dimasak perlu segera didinginkan agar menjadi agak keras.

Resep Nasi Goreng Kambing Khas Kebon Sirih


Dikutip dari laman Bango, resep nasi goreng ala kebon sirih berikut ini dapat disajikan untuk 4 orang dan durasi pembuatannya selama kurang lebih 40 menit.

Bahan

-300 gr Daging kambing, diiris tipis atau dipotong kotak-kotak kecil (sesuai keinginan)

-450 gr Nasi matang (sebaiknya nasi yang dimasak sehari sebelumnya)

-100 gr Minyak samin

-100 ml Kaldu kambing ( bila tidak ada, gunakan air matang )

-2 cm Kayu manis

-1 lembar Daun bay (sejenis daun salam)

Bumbu Halus

-7 siung bawang merah

-4 siung bawang putih

-4 biji cabe merah

-2 biji cabe rawit merah

-¼ sdt kunyit bubuk

-¼ sdt jintan bubuk

-2 biji cengkeh, dihaluskan

-2 biji kapulaga, dihaluskan

-Kecap Manis Bango, secukupnya

-Garam, secukupnya

Cara Memasak Nasi Goreng Kambing Ala Kebon Sirih


1. Pertama, terlebih dahulu panaskan minyak samin di wajan lalu masukkan kayu manis, daun bay, dan bumbu halus lalu tumis sampai harum. Tambahkan daging kambing ke dalamnya, kemudian aduk-aduk hingga bumbu merata.

2. Kemudian tambahkan kaldu kambing, biarkan mendidih hingga daging kambing matang dan kaldu agak mengental.

3. Anda bisa memasukkan nasi dan kecap Bango dan garam ke dalamnya. Jangan lupa aduk hingga tercampur merata dan nasi agak mengering.

4. Nasi goreng siap disajikan dengan acar dan emping/kerupuk.

Jam Operasional dan Lokasi


Dikutip dari laman Jakarta Tourism, nasgorkam kebon sirih H. Naim buka setiap Senin - Minggu (16:00 - 23:59 WIB) dengan kisaran harga : Rp25.000-Rp67.000 per porsi. Lokasi nasgorkam H. Naim dapat diakses dengan transportasi publik:

-Bus TransJakarta (Rp 3.500,-/orang)

Adapun rute menuju lokasi adalah dengan menaiki Bus TransJakarta dari Halte Harmoni dengan rute tujuan Blok M (Koridor 1), di tengah perjalanan berhenti di Halte Bank Indonesia. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan transportasi online menuju lokasi (estimasi tarif Rp13.000).


Baca juga artikel terkait NASI GORENG KAMBING atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight