Rekomendasi Hadiah Perayaan Imlek 2021: Buah hingga Alat Pijat

Oleh: Yonada Nancy - 10 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Mengirim hadiah kepada orang-orang terkasih menjadi salah satu tradisi Imlek yang tetap bisa dilakukan di tengah pandemi COVID-19.
tirto.id - Hari Raya Imlek hanya tinggal menghitung hari, banyak masyarakat mulai mempersiapkan diri untuk menyambut hari istimewa tersebut. Sayangnya, di tengah pandemi COVID-19 seperti ini perayaan Imlek mungkin akan berbeda dari biasanya.

Jika tahun-tahun sebelumnya perayaan Imlek identik dengan berkumpul atau berlibur bersama keluarga dan kerabat, tahun ini bisa jadi harus tertunda demi alasan kesehatan.

Kabar baiknya, teknologi yang ada saat ini bisa memungkinkan Anda untuk berkumpul bersama keluarga secara virtual. Memanfaatkan teknologi seperti video call maupun video confrence, menjadi salah satu cara yang disarankan oleh Satgas Penanganan COVID-19 di laman resminya.

Meski tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar secara tatap muka, tetapi perayaan Imlek masih bisa berkesan, salah satunya dengan cara berkirim hadiah misalnya.

Mengirim hadiah kepada orang-orang terkasih menjadi salah satu tradisi Imlek yang tetap bisa dilakukan di tengah pandemi saat ini. Nilai plus lainnya, memberikan hadiah dinilai baik untuk kepuasan mental.

Dilansir dari South University, ketika seseorang memberi tanpa mengharapkan imbalan apa pun, ia sudah meningkatkan kesehatan psikologisnya. Para ahli percaya bahwa memberikan hadiah secara psikologis menumbuhkan sikap alturisme.

Manfaat tersebut tidak hanya dapat diambil saat proses pemberian saja, tetapi juga saat mencari hadiah. Devin A. Byrd, profesor dan ketua Departemen Ilmu Perilaku di South University, menyebutkan bahwa ada peningkatan emosional saat mencari hadiah.

“Ada keseluruhan tindakan - menentukan apa yang perlu diberikan dan memastikannya sesuai dengan orangnya,” katanya seperti yang dikutip dari laman resmi South University.

Rekomendasi Hadiah Imlek



Berikut beberapa rekomendasi hadiah Imlek yang bisa Anda pilih untuk orang terkasih,

1. Set peralatan minum teh

Teh memiliki hubungan yang sangat erat dengan budaya Tiongkok. Dilansir dari China Highlights, teh tidak hanya mewujudkan semangat peradaban, tetapi juga semangat bentuk ideologis.

Kualitas minum teh, tidak hanya dinilai dari rasa, warna, dan aroma teh itu sendiri. Peralatan yang digunakan ikut berpengaruh. Sehingga, hadiah set peralatan minum teh bisa jadi ide yang bagus sebagai hadiah Imlek untuk orang terkasih.

2. Angpao virtual

Tradisi pemberian uang dalam bentuk angpao memang erat kaitannya dengan perayaan Imlek, khususnya di Indonesia.

Namun, mengingat kondisi saat ini yang kurang memungkinkan untuk bertemu secara langsung, mengirimkan uang secara virtual bisa menjadi salah satu solusi. Saat ini ada banyak aplikasi berbasis uang elektronik yang memudahkan pengiriman uang, seperti aplikasi Dana, LinkAja, Gopay, dan sebagainya.

3. Minuman beralkohol

Dalam budaya Tiongkok, minuman beralkohol seperti wine identik dengan perayaan. Dilansir dari laman resmi Cchatty, minuman beralkohol diperlukan dalam berbagai perayaan mulai dari pernikahan, perayaan makan malam, pesta selamat datang, makan malam perpisahan, hingga upacara dan doa.

Selain itu minuman beralkohol juga digunakan untuk kesehatan dan identik sebagai umur panjang. Hadiah minuman beralkohol dirasa tepat untuk keluarga atau kerabat dewasa yang mengonsumsi minuman tersebut.

4. Alat pijat

Mengutip China Highlight, pijat dalam budaya pengobatan Tiongkok, adalah cara yang lembut dan efektif untuk memperbaiki tubuh seseorang. Memberikan satu set alat pijat adalah hadiah yang tepat untuk orang-orang berusia lanjut di dalam keluarga. Saat ini ada berbagai macam alat pijat yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariatif tentunya.

5. Makanan tonik

Saat ini makanan tonik sudah banyak terjual di pasaran. Makanan tonik bisa dihadiahkan oleh anggota keluarga yang sedang dalam keadaan kurang sehat atau untuk orang-orang berusia lanjut. Makanan tonik yang lumrah ditemui saat ini seperti ekstrak sarang burung walet, minuman gingseng, dan cordyceps.

6. Set buah-buahan

Parsel buah-buahan adalah hadiah yang umum diberikan dalam banyak perayaan, termasuk Imlek. Selain menjadi pilihan 'aman', set buah-buahan saat ini mudah ditemui di berbagai toko.

Menurut China Highlight, buah yang paling disarankan untuk menjadi hadiah adalah jeruk dan apel. Hal ini karena kedua buah tersebut melambangkan keselamatan dan rejeki.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memberi hadiah

Dalam budaya Tiongkok, ada beberapa benda yang sebaiknya tidak diberikan pada orang lain. Dilansir dari Claverley Court, ada enam benda yang sebaiknya dihindari saat memberi hadiah perayaan Imlek, yakni:
    • Saputangan karena melambangkan perpisahan. Memberi saputangan dalam budaya Tiongkok artinya mengucapkan selamat tinggal untuk selamanya.
    • Benda tajam, seperti pisau atau gunting. Hal ini karena benda tajam dianggap dapat memutus ikatan dengan seseorang.
    • Sepatu, karena dalam Bahasa Tiongkok kata sepatu sangat mirip dengan kata kesialan atau kejahatan.
    • Benda yang mengandung angka empat atau berjumlah empat. Ini karena angka empat sangat mirip dengan kata kematian dalam Bahasa Tiongkok.
    • Jam, karena simbol dari habis waktu. Memberi jam dianggap tidak sopan bagi orang Tionghoa khusunya bagi mereka yang berusia lanjut.
    • Buah pir, karena dalam Bahasa Tiongkok kata buah pir mirip dengan kata berpisah atau pergi. Memberikan pir memiliki makna mengucapkan selamat tinggal.

Baca juga artikel terkait IMLEK 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight