Ketentuan terkait penyesuaian tarif ojek daring (online) akan ditetapkan oleh Gubernur di masing-masing wilayah.
Di tengah kenaikan tarif ojek online, masyarakat perlu cermat ketika melakukan mobilitas.
GARDA menolak kenaikan tarif baru ojol. Mereka menilai aturan pembagian zonasi tersebut akan mencerminkan ketidakadilan bagi para mitra pengemudi.
Kementerian Perhubungan resmi menetapkan tarif baru untuk ojek online (Ojol) dan mulai belaku pada Sabtu (10/9/2022).
Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugianto menjelaskan, perhitungan jasa dilakukan atas dasar beberapa komponen.
Kementerian Perhubungan akhirnya kembali menunda kenaikan tarif ojek online.
Jokowi meminta Menhub Budi agar mendengar suara driver dan pengguna ojek online sebelum menentukan tarif.
Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati menuturkan keputusan penundaan kenaikan tarif ojek online diambil karena melihat kondisi di masyarakat.
Berikut info tarif Ojol 2022 terbaru di Zona 3, yakni Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, Papua, dan sekitarnya.
Kemenhub menunda kenaikan tarif ojek online (ojol) alasannya karena ingin memperpanjang waktu untuk sosialisasi.
Peraturan ini nantinya akan menjadi pedoman sementara bagi penetapan batas tarif atas dan tarif bawah ojek online.
Tarif Ojol di Jabodetabek akan segera naik Rp250 per kilometer. Tinggal menunggu Keputusan Menteri Perhubungan.
YLKI mengkritik rencana Kementerian Perhubungan yang membuka peluang meninjau kembali tarif ojek online (ojol).
Grab mengakui kenaikan tarif bersifat situasional. Gojek memastikan kenaikan tarif sudah memperhitungkan kemampuan konsumen.
Per 2 September 2019 pukul 00.00 WIB, tarif ojol akan berlaku di seluruh kota operasional Grab dan Go-Jek.
Grab Indonesia mengklaim kenaikan tarif menambah pendapatan pengemudi hingga 30%.
Tarif ojek online akan mengalami kenaikan di 88 kota wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali pada 9 Agustus besok.
Kemenhub akan melaporkan aplikasi ojek online yang menerapkan diskon berlebihan ke penggunanya.
Revisi PP No. 15 Tahun 2016 perlu dilakukan untuk mengurangi beban biaya perpanjangan izin taksi online per 5 tahun sekali.
Menurut Budi, salah satu kendala yang dialami pemerintah adalah sulitnya melakukan pengawasan terhadap penerapan aturan.
Kemenhub meminta aplikator ojek online tidak menerapkan diskon tarif yang besar-besaran dan mengarah kepada predatory pricing.
Kementerian Perhubungan menargetkan aturan baru soal tarif ojek online diberlakukan pada pekan depan usai menguji cobanya pada lima kota.
Kemenhub membatalkan rencana untuk melarang diskon tarif ojek online untuk menghindari persaingan usaha tidak sehat.
Ketua Pengurus Harian YLKIÂ menyebut wacana Kemenhub yang akan melarang diskon tarif ojek online (ojol) diharapkan dapat menciptakan persaingan sehat.
Sebagian konsumen khawatir larangan diskon akan membuat tarif ojek online melambung.
Stafsus Kemehub, Wihana Kirana menilai, persaingan usaha terkait pemberian diskon antarperusahaan aplikasi ojek online ranah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).
Go-Jek berharap, keputusan Kemenhub mempertimbangkan sisi pendapatan mitra, konsumen, dan keberlangsungan industri.
Menhub Budi Karyadi menegaskan, tarif ojek online yang disampaikan pihaknya merupakan usulan dari pengemudi ojol.
Ketua Garda Igun Wicaksono menjelaskan, Kemenhub akan melakukan pengaturan diskon tarif ojol untuk mencegah perang harga yang dapat mematikan kompetitor atau predatory pricing.
YLKI menyatakan intervensi Kemenhub terkait penentuan diskon tarif ojek online seharusnya tak diperlukan dan dinilai turut campur terlalu dalam.
Budi Karya berdalih penerapan diskon tarif ojol mengarah pada persaingan tidak sehat. Namun, YLKI menilai penghapusan justru kontraproduktif dan rugikan konsumen.