Indeks Merek

Seni Reinkarnasi Lewat Rebranding, Jurus Jitu Kabur dari Skandal
Bisnis
Rabu, 17 Jan

Seni Reinkarnasi Lewat Rebranding, Jurus Jitu Kabur dari Skandal

Strategi rebranding acap kali ditempuh untuk memperbaiki citra perusahaan.
Cara Pendaftaran Hak Merek secara Online-Offline & Tarif untuk UMKM
Bisnis
Senin, 4 Okt 2021

Cara Pendaftaran Hak Merek secara Online-Offline & Tarif untuk UMKM

Pendaftaran hak merek ke DJKI sebagai bentuk perlindungan HKI dapat dilakukan secara online dan offline. Berikut ini panduan dan penjelasannya.
Ironi Kemasan Polos
Senin, 18 Nov 2019

Ironi Kemasan Polos

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu kebiasaan umum konsumen dalam memilih barang adalah menarik atau tidak kemasannya. Bila kebijakan pembatasan merek dan kemasan polos diterapkan dengan dalih melindungi konsumen, hal ini justru berpotensi menyebabkan konsumen kehilangan hak atas informasi produk.

Pembatasan merek dan kemasan polos, menurut Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), juga berpotensi membatasi ruang gerak atau kreativitas pengusaha dan dapat membawa dampak buruk bagi produk legal, salah satunya, memancing produk ilegal kian marak beredar di Indonesia.
Mantap Bikin Merek
Minggu, 6 Okt 2019

Mantap Bikin Merek

Merek bukan sekadar identitas, namun juga reputasi—kamu hanya akan meraihnya setelah mencoba melakukan hal-hal sulit dengan baik. Dilindungi Undang-Undang, sekaligus tergolong sebagai salah satu entitas Kekayaan Intektual, Merek harus terdaftar. Gagal mendaftarkan Merek berarti kehilangan kesempatan meraih berbagai manfaat & keuntungan.
Apalah Arti Sebuah Nama? Banyak! - Tirtografi
Senin, 30 Sept 2019

Apalah Arti Sebuah Nama? Banyak! - Tirtografi

Sebuah merek bukan sekadar perkara nama. Ia adalah identitas dan mengandung beragam reputasi juga informasi.
Sisik Melik Pembatasan Merek
Mild report
Senin, 26 Agt 2019

Sisik Melik Pembatasan Merek

Tren pembatasan merek di sejumlah negara dianggap berbuah simalakama
Daftar Merek Favorit Milenial Indonesia, dari Nike hingga Indomie
Gaya hidup
Senin, 21 Jan 2019

Daftar Merek Favorit Milenial Indonesia, dari Nike hingga Indomie

Milenial Indonesia memiliki merek favorit mulai dari fesyen seperti H&M, Zara hingga Uniqlo, lalu merek makanan minuman seperti Starbucks hingga Indomie.
Merek Populer Pilihan Konsumen Dunia Tahun 2017
Kamis, 24 Mei 2018

Merek Populer Pilihan Konsumen Dunia Tahun 2017

Menurut laporan Footprint Kantar Worldpanel 2018, ada 17 merek FMCG (fast moving consumer goods) yang sering kali dipilih oleh konsumen lebih dari satu miliar kali dalam setahun.
Kisah dan Keringat di Balik Label Baju Anda
Gaya hidup
Kamis, 7 Des 2017

Kisah dan Keringat di Balik Label Baju Anda

"The label doesn’t tell the whole story."
Detergen Pakaian Adalah Rinso
Marketing
Minggu, 19 Nov 2017

Detergen Pakaian Adalah Rinso

Di Indonesia, sebagian orang menyebut detergen sebagai Rinso. Padahal Rinso adalah merek salah salah satu detergen di Indonesia.
Kenapa Sanyo Melekat Sebagai Pompa Air?
Marketing
Minggu, 15 Okt 2017

Kenapa Sanyo Melekat Sebagai Pompa Air?

Di Indonesia sebagian masyarakat terbiasa menyebut pompa air dengan nama "Sanyo". Padahal, banyak merek pompa air yang beredar di pasar.
Semua Pasta Gigi adalah Odol
Mild report
Sabtu, 14 Okt 2017

Semua Pasta Gigi adalah Odol

Odol adalah sebuah merek pasta gigi Jerman yang jadi generik untuk menyebut semua pasta gigi.
Produk Gagal Merek Terkenal
Marketing
Rabu, 22 Mar 2017

Produk Gagal Merek Terkenal

Tidak semua produk dari merek besar bisa sukses di pasaran.
Ramai-ramai Jualan dengan Bahasa Aktivisme
Marketing
Rabu, 8 Mar 2017

Ramai-ramai Jualan dengan Bahasa Aktivisme

Seks sempat laku jadi jualan para pembuat iklan. Kini, para ahli pemasaran beralih menjual aktivisme untuk menangguk lebih banyak keuntungan.
Di Indonesia, Merek Amazon Sudah Banyak yang Punya
Bisnis
Kamis, 26 Jan 2017

Di Indonesia, Merek Amazon Sudah Banyak yang Punya

Perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon, akan masuk ke Indonesia. Namun, di Indonesia ternyata sudah ada beberapa merek serupa Amazon. Sudah ada 2 dari 9 permohonan merek Amazon yang tidak diterima.
Kultus Merek di Lingkaran Milenial
Marketing
Senin, 7 Nov 2016

Kultus Merek di Lingkaran Milenial

Fanatisme terhadap sebuah merek adalah kondisi psikologis. "Fans" Apple adalah contoh yang baik. Selain marketing yang andal, Apple juga memiliki ekosistem penggemar fanatik yang solid dan terbentuk secara alami. Secara tak langsung, mereka lah yang mendukung kejayaan Apple hingga hari ini.
Sengketa Merek dan Putusan Berbeda Para Hakim
Hukum
Jumat, 14 Okt 2016

Sengketa Merek dan Putusan Berbeda Para Hakim

Tak semua gugatan yang dilayangkan oleh merek terkenal bisa menang. Beberapa produsen harus kehilangan kepemilikan mereknya di Indonesia. Beda hakim, beda pula pertimbangan hukumnya.
Keteledoran Ditjen KI yang Berujung Sengketa Merek
Hukum
Kamis, 13 Okt 2016

Keteledoran Ditjen KI yang Berujung Sengketa Merek

Di Indonesia, beberapa merek pendompleng merek terkenal bisa saja diterima dan masuk dalam daftar merek di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Ditjen KI mengakui terkadang terjadi kekeliruan sebab adanya ketidaktahuan dari para pemeriksa.
Mencari Akar Sengketa Merek Indonesia
Marketing
Sabtu, 1 Okt 2016

Mencari Akar Sengketa Merek Indonesia

Sebelum pendaftaran sebuah merek diterima, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Di Indonesia, beberapa merek pendompleng merek terkenal bisa dengan mudah diterima dan masuk dalam daftar merek di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
Pesona Lego di Tengah Gempuran Konsol Game
Hobi
Jumat, 30 Sept 2016

Pesona Lego di Tengah Gempuran Konsol Game

Di tengah hiruk pikuk game-game digital seiring dengan makin beragamnya konsol game yang tersedia seperti Playstation ataupun Xbox, mainan konvensional masih mendapat tempat di hati konsumen. Lego merupakan satu dari sedikit perusahaan yang berhasil “bermain” dan bertahan cukup lama dalam ceruk pasar tersebut.