Indeks Merek
Seni Reinkarnasi Lewat Rebranding, Jurus Jitu Kabur dari Skandal
Strategi rebranding acap kali ditempuh untuk memperbaiki citra perusahaan.
Cara Pendaftaran Hak Merek secara Online-Offline & Tarif untuk UMKM
Pendaftaran hak merek ke DJKI sebagai bentuk perlindungan HKI dapat dilakukan secara online dan offline. Berikut ini panduan dan penjelasannya.
Ironi Kemasan Polos
Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu kebiasaan umum konsumen dalam memilih barang adalah menarik atau tidak kemasannya. Bila kebijakan pembatasan merek dan kemasan polos diterapkan dengan dalih melindungi konsumen, hal ini justru berpotensi menyebabkan konsumen kehilangan hak atas informasi produk.
Pembatasan merek dan kemasan polos, menurut Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), juga berpotensi membatasi ruang gerak atau kreativitas pengusaha dan dapat membawa dampak buruk bagi produk legal, salah satunya, memancing produk ilegal kian marak beredar di Indonesia.
Pembatasan merek dan kemasan polos, menurut Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), juga berpotensi membatasi ruang gerak atau kreativitas pengusaha dan dapat membawa dampak buruk bagi produk legal, salah satunya, memancing produk ilegal kian marak beredar di Indonesia.
Mantap Bikin Merek
Merek bukan sekadar identitas, namun juga reputasi—kamu hanya akan meraihnya setelah mencoba melakukan hal-hal sulit dengan baik. Dilindungi Undang-Undang, sekaligus tergolong sebagai salah satu entitas Kekayaan Intektual, Merek harus terdaftar. Gagal mendaftarkan Merek berarti kehilangan kesempatan meraih berbagai manfaat & keuntungan.
Apalah Arti Sebuah Nama? Banyak! - Tirtografi
Sebuah merek bukan sekadar perkara nama. Ia adalah identitas dan mengandung beragam reputasi juga informasi.
Sisik Melik Pembatasan Merek
Tren pembatasan merek di sejumlah negara dianggap berbuah simalakama
Daftar Merek Favorit Milenial Indonesia, dari Nike hingga Indomie
Milenial Indonesia memiliki merek favorit mulai dari fesyen seperti H&M, Zara hingga Uniqlo, lalu merek makanan minuman seperti Starbucks hingga Indomie.
Merek Populer Pilihan Konsumen Dunia Tahun 2017
Menurut laporan Footprint Kantar Worldpanel 2018, ada 17 merek FMCG (fast moving consumer goods) yang sering kali dipilih oleh konsumen lebih dari satu miliar kali dalam setahun.
Kisah dan Keringat di Balik Label Baju Anda
"The label doesn’t tell the whole story."
Detergen Pakaian Adalah Rinso
Di Indonesia, sebagian orang menyebut detergen sebagai Rinso. Padahal Rinso adalah merek salah salah satu detergen di Indonesia.
Kenapa Sanyo Melekat Sebagai Pompa Air?
Di Indonesia sebagian masyarakat terbiasa menyebut pompa air dengan nama "Sanyo". Padahal, banyak merek pompa air yang beredar di pasar.
Semua Pasta Gigi adalah Odol
Odol adalah sebuah merek pasta gigi Jerman yang jadi generik untuk menyebut semua pasta gigi.
Produk Gagal Merek Terkenal
Tidak semua produk dari merek besar bisa sukses di pasaran.
Ramai-ramai Jualan dengan Bahasa Aktivisme
Seks sempat laku jadi jualan para pembuat iklan. Kini, para ahli pemasaran beralih menjual aktivisme untuk menangguk lebih banyak keuntungan.
Di Indonesia, Merek Amazon Sudah Banyak yang Punya
Perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon, akan masuk ke Indonesia. Namun, di Indonesia ternyata sudah ada beberapa merek serupa Amazon. Sudah ada 2 dari 9 permohonan merek Amazon yang tidak diterima.
Kultus Merek di Lingkaran Milenial
Fanatisme terhadap sebuah merek adalah kondisi psikologis. "Fans" Apple adalah contoh yang baik. Selain marketing yang andal, Apple juga memiliki ekosistem penggemar fanatik yang solid dan terbentuk secara alami. Secara tak langsung, mereka lah yang mendukung kejayaan Apple hingga hari ini.
Sengketa Merek dan Putusan Berbeda Para Hakim
Tak semua gugatan yang dilayangkan oleh merek terkenal bisa menang. Beberapa produsen harus kehilangan kepemilikan mereknya di Indonesia. Beda hakim, beda pula pertimbangan hukumnya.
Keteledoran Ditjen KI yang Berujung Sengketa Merek
Di Indonesia, beberapa merek pendompleng merek terkenal bisa saja diterima dan masuk dalam daftar merek di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Ditjen KI mengakui terkadang terjadi kekeliruan sebab adanya ketidaktahuan dari para pemeriksa.
Mencari Akar Sengketa Merek Indonesia
Sebelum pendaftaran sebuah merek diterima, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Di Indonesia, beberapa merek pendompleng merek terkenal bisa dengan mudah diterima dan masuk dalam daftar merek di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
Pesona Lego di Tengah Gempuran Konsol Game
Di tengah hiruk pikuk game-game digital seiring dengan makin beragamnya konsol game yang tersedia seperti Playstation ataupun Xbox, mainan konvensional masih mendapat tempat di hati konsumen. Lego merupakan satu dari sedikit perusahaan yang berhasil “bermain” dan bertahan cukup lama dalam ceruk pasar tersebut.