tirto.id - Milenial dianggap generasi yang realistis dalam menentukan pilihan. Dibanding dengan generasi sebelumnya, milenial sangat berhati-hati dalam menetapkan suatu langkah, begitu pula dengan menetapkan produk yang akan mereka beli karena hal ini berkaitan dengan pengelolaan keuangan.
Milenial mengerti teknologi dan bagaimana memanfaatkannya untuk mencari informasi terkait produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam memilih suatu produk, milenial mementingkan etika bisnis suatu perusahaan.
Penelitian Delloit mengenai milenial mengungkapkan bahwa 58 persen responden memercayai persahaan yang memiliki tujuan etis untuk kehidupan sosial. Sayangnya, 64 persen perusahaan lebih memilih melaksanakan agenda pribadi daripada memenuhi kebutuhan sosial.
Milenial percaya bahwa tujuan etis suatu perusahaan menandakan bahwa perusahaan tersebut berada di perahu yang sama dengan mereka. Dengan begitu, ada semacam rasa senasib sepenanggungan.
Sebagai contoh, milenial menyadari bahwa Coca Cola bukan minuman sehat, maka Coca Cola beradaptasi dengan cara melakukan kampanye sosial “Share a Coke”, gerakan untuk saling berbagi. Atau meluncurkan botol bertuliskan nama-nama untuk menggelorakan “Stop-bullying”. Tidak heran Coca Cola masih menjadi favorit milenial.
Melansir Forbes, milenial memanfaatkan teknologi dengan cara melihat review dari suatu produk di internet untuk meyakinkan diri dan mencari informasi. Pencarian produk melalui sosial media untuk melihat gambar dan video juga dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli produk.
Selain itu, milenial juga sangat menggilai keaslian. Dilansir Huffington Post, milenial tidak tertarik dengan janji-janji besar dan promosi yang ‘berkilau’.
Sebaliknya, milenial menginginkan pesan yang jujur, barang asli, dan interaksi yang nyaman. Sebanyak 43 persen milenial menghargai keaslian daripada konten-konten yang sengaja dibuat menarik.
Keaslian tidak hanya bicara mengenai iklan produk, tapi juga inovasi dan ide yang berbeda dari produk lainnya, akan dengan cepat mendapatkan tempat di hati milenial.
Dilansir dari TDC Indonesia, terdapat 30 merek yang disukai oleh kaum milenial Indonesia.
Merek Fesyen
Nike
Daniel Wellington
H&M
Zara
Uniqlo
Polo Ralph Lauren
Adidas
Kecantikan
Sephora
Loreal
Gillete
Gadget
Apple
Samsung
Hiburan
Grand XXI
Spotify
Film Disney
Teknologi
GOJEK-GOFOOD
Media Sosial
Youtube
Merek Kendaraan
Toyota
Honda
Makanan dan Minuman
Coca cola
Starbucks
McDonnald
Koi
Nescafe
Indomie
Merek lain-lain
Marlboro
Ikea
Editor: Agung DH