Pudarnya Pesona Jurusan Kedokteran dan Akuntansi

Oleh: Dinda Purnamasari - 25 April 2017
Fakultas kedokteran bukan lagi menjadi favorit anak SMA jurusan IPA. Demikian pula jurusan manajemen dan akuntansi yang bukan lagi jadi pilihan utama anak jurusan IPS. Apa saja jurusan yang mereka favoritkan?
tirto.id - Pada 10-13 April 2017, siswa SMA/MA di Indonesia telah melaksanakan Ujian Nasional. Selepas ini, mereka akan mulai memilih jurusan dan kampus untuk melanjutkan pendidikannya. Banyak yang mengira jurusan kedokteran, ekonomi, ataupun teknik yang menjadi favorit. Benarkah demikian?

Pamor sekolah kedokteran rupanya sudah mulai memudar. Riset mandiri yang dilakukan Tirto memperlihatkan hasil yang berbeda. Jurusan arsitektur terbukti lebih favorit dibandingkan kedokteran untuk anak-anak SMA jurusan IPA.

Biaya kuliah kedokteran yang semakin melangit membuat siswa SMA berpikir ulang untuk mendaftar. Seputar kuliah di fakultas kedokteran bisa dibaca dalam laporan khusus Tirto tentang Mahalnya Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran.


Di jurusan IPS, fakultas ekonomi juga bukan lagi favorit. Dari riset ini, siswa jurusan IPS di Jakarta lebih memilih jurusan komunikasi dibandingkan manajemen maupun akuntansi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hasil riset, maka terlebih dahulu kita akan lihat profil responden dalam riset mandiri Tirto.



Infografik Riset Mandiri Jurusan Kuliah


Jurusan kuliah yang paling diminati oleh anak SMA di Jakarta adalah Ilmu Komunikasi (10,11%). Dilanjutkan dengan Psikologi yang dipilih oleh 9,04% responden. Sastra Jerman (4,79%) dan Inggris (4,79%) merupakan jurusan ilmu budaya yang paling diminati. Sedangkan dari fakultas ekonomi, jurusan Manajemen dan Akuntansi yang masing-masing dipilih oleh 4,26% responden merupakan pilihan favorit siswa SMA Jakarta.

Infografik Riset Mandiri Jurusan Kuliah



Mayoritas responden dalam penelitian ini menyebut bahwa alasan utama mereka memilih jurusan kuliah adalah soal minat (57,45%). Alasan ini berkaitan dengan soal bagaimana mereka suka dan memiliki informasi terkait dengan jurusan yang dipilih.

Infografik Riset Mandiri Jurusan Kuliah


Permintaan dan saran keluarga juga menjadi alasan siswa SMA di DKI Jakarta dalam memilih jurusan kuliah. Sebanyak 5,85% responden menyatakan jurusan kuliah yang mereka pilih dikarenakan permintaan dan saran orang tua ataupun keluarga lainnya.








Baca juga artikel terkait FAKULTAS KEDOKTERAN atau tulisan menarik lainnya Dinda Purnamasari
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Dinda Purnamasari
Penulis: Dinda Purnamasari
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight