Prediksi Qatar vs UEA di Piala Asia: Manfaatkan Faktor Tuan Rumah

Oleh: Hendi Abdurahman - 29 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Catatan apik Qatar dalam lima laga terakhir membuat mereka diunggulkan, tapi faktor tuan rumah yang diemban UEA diprediksi membuat laga takkan berjalan mudah.
tirto.id - Pertandingan semifinal Piala Asia 2019 antara Qatar vs UEA bakal dihelat di Stadion Mohammed Bin Zayed pada Selasa (29/1/2019) mulai pukul 21.00 WIB. Catatan apik Qatar dalam lima laga terakhirnya akan coba dimentahkan tuan rumah Uni Emirat Arab. Siapa yang bakal melaju ke final?

Berada di babak semifinal dengan selalu menang, ditambah berhasil memasukkan 12 gol tanpa kebobolan menjadi torehan positif yang diraih skuat asuhan Felix Sanchez. Apalagi, pada laga terakhirnya di babak perempat final, Almoez Ali dan kolega mampu meraih kemenangan penting atas tim unggulan Korea Selatan dengan skor 0-1.

“Saya pikir satu alasan utama kami dapat mencapai hingga sejauh ini adalah karena para pemain telah menyadari akan tekanan. Dalam kompetisi apa pun, Anda memiliki tekanan sebagai sesuatu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang bagus,” ujar pelatih Qatar, Felix Sanchez sebagaimana dilansir situs resmi AFC.

Di lain pihak, Uni Emirat Arab mendapati jalan terjal sebelum memastikan langkahnya di empat besar. Kendati menjadi juara grup, Ali Mabkhout dan kawan-kawan sempat direpotkan oleh Bahrain dan Thailand sebelum menang atas India. Di babak 16 besar, anak asuh Alberto Zaccheroni mesti berjuang keras dengan menang atas Kirgistan lewat adu penalti.

Dari catatan tersebut, capaian Qatar jelas lebih baik. Namun, bertindak sebagai tuan rumah diperkirakan membuat Khalifa Mubarak dan rekan-rekan bakal tampil dengan semangat tinggi. Apalagi, mereka juga kiranya tak ingin mengulang kegagalan pada Piala Asia 2015 saat kalah di babak semifinal.

“Qatar adalah tim yang kuat dan terorganisir, dan menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan. Mereka telah melakukan dengan baik, tidak hanya di sini, tapi juga pada 2018. Kita harus fokus untuk mencapai final,” beber Zaccheroni.


Prediksi Pertandingan

Menilik perjalanan kedua tim hingga babak semifinal, Qatar diperkirakan menjadi unggulan teratas. Kendati demikian, laga semifinal kerap menawarkan sesuatu yang berbeda. Contoh teranyar dapat dilihat dari tumbangnya Iran atas Jepang di semifinal pertama kemarin, Senin (28/1/2019). Meski diunggulkan lantaran mempunyai hasil lebih mentereng dibanding Jepang, mereka justru dipermalukan dengan skor telak 0-3.

Tidak menutup kemungkinan kejadian serupa akan terulang di pertandingan malam nanti antara Qatar vs UEA. Apalagi, anak asuh Alberto Zaccheroni mendapat keuntungan lain lantaran bertindak sebagai tuan rumah yang disinyalir bakal didukung penuh oleh para suporternya.

Laga malam nanti diprediksi bakal menjadi pembuktian sebenarnya bagi Qatar dalam memanfaatkan tekanan untuk kemudian dijadikan keuntungan. Jika dapat bermain lepas, The Maroon diunggulkan untuk lolos ke final. Namun, jika tuan rumah dapat bermain dengan kemampuan terbaik seperti yang ditunjukkan saat mengalahkan Australia, kemenangan dapat menjadi milik UEA.

Perkiraan Susunan Pemain

Qatar: Saad Al Sheeb; Pedro Correia; Al Rawi; Tarek Salman; Hassan Al-Haydos; Abdulaziz Hatem; Assim Madibo; Khoukhi; Akram Afif; Alil Afif; Almoez Ali.

UEA: Khalid Essa, Fares Juma, Walid Abbas, Mahmoud Khamis, Ismaeel Al Hamadi, Bandar Mohammed, Khamis Esmail, Ali Salmeen Al Balushi, Ahmed Barman, Ali Ahmed Mabkhout, Saif Rashid Nasir.

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman