Prediksi Persija vs PSMS di Liga 1: Macan Kemayoran Siap Revans

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 2 menit
Persija Jakarta berada dalam situasi diunggulkan untuk membalas kekalahan dari PSMS pada putaran pertama Liga 1 lalu.
tirto.id - Pekan 10 GoJek Liga 1 2018 akan memperteukan Persija vs PSMS di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (12/8/2018). Jelang duel terakhir jelang libur Asian Games ini, Persija siap menuntaskan misi mereka untuk membalas kekalahan yang terjadi pada putaran pertama lalu.

Berhadapan di Stadion Teladan, di putaran pertama Macan Kemayoran takluk 3-1 dari PSMS. Gol Rohit Chand tak mampu menyelamatkan Persija dari kekalahan setelah PSMS membalas tiga kali beruntun lewat bunuh diri Marko Simic, gol Suhandi, serta aksi Reinaldo Lobo.



Kini, segalanya bisa berbalik 180 derajat. Jelang bergulirnya pertemuan ulang di putaran kedua, Persija punya modal cukup baik. Macan Kemayoran memang hanya menahan imbang tuan rumah Arema FC di pekan 19. Namun, jika dilihat lebih rinci, dalam empat laga terakhirnya Persija hanya menelan satu kekalahan.

Situasi tersebut kontras dengan yang sedang dilalui PSMS. Ayam Kinantan sedang jadi sorotan akibat performa yang anjlok. Dalam empat laga terakhir, tiga kekalahan bahkan didapat skuat asuhan Peter Butler.

Tak cuma catatan tren saja, performa kandang Persija musim ini membuat di atas kertas sulit membayangkan untuk mampu diimbangi PSMS. Sejauh ini, dari sembilan pertandingan kandang yang sebagian besar dihelat di Sultan Agung, Macan Kemayoran baru sekali kalah.

Di lain pihak, rapor membuktikan jika PSMS selalu tampil buruk di laga tandang musim ini. Mereka selalu kalah tiap bermain di luar Stadion Teladan.

Terlepas dari tren buruk lawan, pelatih Persija, Stefano Teco meyakini jika PSMS tak dapat begitu saja diremehkan. Komposisi pemain yang sudah mengalami sejumlah perubahan membuat Teco tetap akan memasang kewaspadaan tinggi.

“PSMS Medan sudah ganti pelatih dan ganti pemain asing. Cuma Lobo yang dipertahankan dari putaran pertama dan ada beberapa perubahan pada pemain lokal. Pasti mereka sudah memperbaiki kekurangan,” tutur sang pelatih seperti dikutip laman resmi klub.

Jika menang, Persija berpeluang masuk ke deretan tiga teratas di klasemen. Saat ini Macan Kemayoran berada di posisi kelima dengan 29 poin, hasil delapan kemenangan, lima kali imbang, serta enam kekalahan.

"Saya harap pertandingan besok mereka bisa tampil baik karena ini laga terakhir kita di Bantul. Setelah Asian Games kita sudah kembali ke Jakarta,” tandas Teco.

Di pihak lawan, PSMS akan tampil nothing to lose. Posisi di dasar klasemen membuat mereka tak akan ragu tampil habis-habisan. Hal ini juga tak ditampik pelatih Peter Butler yang menyebut skuatnya bakal tampil ofensif.

“Kami akan bermain ofensif melawan Persija. Dan motivasi tinggi pemain saat ini juga sangat mendukung mewujudkan hasil positif di laga nanti,” tutur Peter Butler.

Empat Laga Terakhir Persija Jakarta

5/8/2018 Liga 1 Arema FC 1-1 Persija Jakarta Imbang
27/7/2018 Liga 1 Persija Jakarta 1-0 Bhayangkara FC Menang
21/7/2018 Liga 1 Mitra Kukar 0-2 Persija Jakarta Menang
17/7/2018 Liga 1 Persija Jakarta 0-2 Bali United Kalah

Persija hanya menderita satu kekalahan dalam empat laga terakhirnya. Dua kali Macan Kemayoran meraih kemenangan dan sekali memetik hasil imbang.

Empat Laga Terakhir PSMS Medan

3/8/2018 Liga 1 Bhayangkara FC 3-1 PSMS Medan Kalah
28/7/2018 Liga 1 PSMS Medan 1-2 Bali United Kalah
23/7/2018 Liga 1 PSMS Medan 3-1 PSM Makassar Menang
18/7/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 2-0 PSMS Medan Kalah

Sebaliknya, PSMS hanya sekali menang dalam empat laga terakhirnya. Sisa tiga laga lain berakhir dengan kekalahan.

Head to Head Persija vs PSMS (Empat Pertemuan Terakhir)

6/4/2018 Liga 1 PSMS Medan 3-1 Persija Jakarta
12/2/2018 Piala Presiden Persija Jakarta 1-0 PSMS Medan
10/2/2018 Piala Presiden PSMS Medan 1-4 Persija Jakarta
14/4/2012 ISL Persija Jakarta 1-0 PSMS Medan

Pertemuan di putaran pertama memang dimenangkan PSMS. Namun, jika dilihat dalam empat head to head terakhir Persija lebih sering menang, yakni sebanyak tiga kali.

Perkiraan Susunan Pemain Persija vs PSMS

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurahman, Yan Pieter; Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand; Renan Silva, Marco Simic, Riko Simanjuntak.

Cadangan: Daryono, Gunawan Dwi Cahyo, Michael Orah, Novri Setiawan, Asri Akbar, Bambang Pamungkas, Osas Saha.

PSMS Medan: Abdul Rohim; Muhamad Roby, Reinaldo Lobo, Firza Andika, Frediyan Wahyu; Legimin Raharjo, Alexandros Tanidis, Shohei Matsunaga; Antoni Putro Nugroho, Felipe Martins, Erwin Ramdani.

Cadangan: Dhika Bayangkara, Marko Kabiyai, Gusti Sandria, Roni Fatahilah, Choiril Hidayat, Alwi Slamat, Rachmat Hidayat.

Kickoff pertandingan Persija vs PSMS dijadwalkan pukul 15.30 WIB. Jika tak ada perubahan, Indosiar akan menyiarkan langsung laga ini.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan