Liga Inggris

Prediksi Leicester vs Aston Villa: Balas Dendam demi Kejar Man City

Oleh: Fitra Firdaus - 9 Maret 2020
Dibaca Normal 2 menit
Prediksi Leicester Cty vs Aston Villa di Liga Inggris pada Selasa (10/3/2020): tuan rumah siap membalas dendam kekalahan di final Carabao Cup agar bisa menempel Manchester City.
tirto.id - Pertandingan Leicester City vs Aston Villa dalam lanjutan pekan 29 Liga Inggris digelar di Stadion King Power pada Selasa (10/3/2020) pukul 03.00 WIB. Dapat ditonton melalui live streaming Mola TV, ini kesempatan The Foxes mendekati Manchester City di klasemen Premier League sekaligus membalas dendam kekalahan dari Villa di Piala Liga Inggris.

Leicester City saat ini masih di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris. Pasukan Brendan Rodgers mengumpulkan 50 angka. Jumlah ini hanya dua poin di atas Chelsea yang pada Minggu (8/3) menang besar atas Everton 4-0. Mengingat kompetisi tinggal 11 pekan lagi, The Foxes tak boleh lengah sedikit pun agar tak ditempel ketat The Blues.

Selain itu, kekalahan Manchester City atas Manchester United 2-0 dalam derbi pada Minggu (8/3) membuka kemungkinan lain. The Citizens kini memiliki 57 angka dari 28 laga. Artinya, Leicester bisa menekan anak asuh Pep Guardiola yang ada di posisi runner-up, meskipun City memiliki laga tunda kontra Arsenal pada Kamis (12/3).

Leicester City sendiri baru saja bangkit dengan menang 1-0 dari Birmingham di FA Cup. Namun, jika bicara konteks Premier League, The Foxes tak pernah menang dalam 4 laga pemungkas. Oleh karenanya, mereka butuh momentum untuk konsisten di jalur kemenangan. Tak bisa dikesampingkan, Leicester tentu belum lupa kekalahan 2-1 di Villa Park yang membuat mereka gagal ke final Piala Liga Inggris.

Melihat posisi Aston Villa, Leicester City layak jauh diunggulkan. The Villans hanya duduk di urutan 19 klasemen Premier League, alias di zona degradasi. Dalam 4 laga termutakhir di semua kompetisi, mereka selalu kalah. Terakhir kali Villa menang terjadi di leg kedua semifinal Piala Liga Inggris kontra Leicester. Namun, itu justru yang membuat Brendan Rodgers waspada.

"Dalam periode seperti ini, siapa pun lawan Anda, entah itu tim papan atas atau papan bawah, tak berarti apa pun karena semua bertarung untuk hidup. Ketika laga terakhir makin dekat, semua tim akan mendesak demi tujuan tertentu," kata Rodgers dikutup laman resmi Leicester City.

Di sisi lain, Aston Villa datang ke King Power dalam kondisi lebih segar. Setelah tumbang dari Manchester City di final Piala Liga Inggris, pasukan Dean Smith punya waktu 8 hari untuk mempersiapkan diri.

Smith sendiri meminta anak asuhnya untuk semakin serius dalam 11 laga terakhir Premier League musim ini, yang bakal menentukan apakah tim promosi ini segera tergelincir ke Divisi Championship, atau bisa bertahan lebih lama di Premier League.

"Kami bisa mengalahkan mereka pada ujung waktu di Villa Park. Kami tahu pada hari baik, kami bisa mengimbangi Leicester, tapi mereka ada di urutan ketiga [klasemen] bukan tanpa alasan. Kami sangat yakin, bisa menang dalam 11 laga tersisa musim ini," kata Smith dikutip laman resmi Aston Villa.



Prediksi Jalannya Pertandingan

Leicester City kemungkinan bisa menurunkan top skor mereka, Jamie Vardy yang sudah mengemas 17 gol sepanjang musim di Premier League. Namun, sang penyerang Inggris bisa saja turun dari bangku cadangan. Soal ini, Rodgers bisa mempercayakan lini depan kepada Kelechi Iheanacho.

Musim ini, Leicester adalah tim tersubur ketiga di Liga Inggris (54 gol) di bawah Manchester City (68 gol) dan Liverpool (66 gol). Mereka ada di urutan kedua soal gol dari serangan balik (6 kali). Artinya Aston Villa layak sangat waspada. Apalagi, The Villans adalah tim dengan rekor kebobolan terbanyak (6 kali) dari counter attack.

Kelemahan lain Villa adalah mudahnya gawang mereka terkoyak dari set pieces (14 kali). Namun, Leicester juga tidak boleh lupa, terakhir kali mereka menjamu Aston Villa di King Power, laga berakhir imbang 1-1 dalam semifinal Piala Liga Inggris.

Perkiraan Susunan Pemain

Leicester City (4-1-4-1): Kasper Schmeichel; Ricardo Pereira, Jonny Evan, Caglar Soyuncu, Christian Fuchs; Wilfred Ndidi; Ayoze Perez, Youri Tielemans, James Maddison, Harvey Barnes; Kelechi Iheanacho

Aston Villa (4-3-3): Pepe Reina; Frederic Guilbert, Bjorn Engels, Tyrone Mings, Matt Target; Danny Drinkwater, Marvelous Nakamba, Douglas Costa; Anwar El Ghazi, Mbwana Samatta, Jack Grealish

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight