Prediksi IHSG Terkonsolidasi, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 9 Des 2022 05:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi IHSG terkonsolidasi pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini, Jumat (9/12/2022). Analis merekomendasikan sejumlah saham pilihan.
tirto.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi terkonsolidasi pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini, Jumat (9/12/2022). Posisi IHSG diperkirakan berada pada rentang 6.721 sampai dengaan 7.027.

"Pergerakan IHSG masih terlihat cenderung terkonsolidasi dengan potensi tekanan yang mulai menurun," ujar CEO PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya dalam risetnya.

Dia mengatakan, peluang teknikal rebound mulai terlihat walaupun kenaikan yang mungkin terjadi masih berada dalam rentang terbatas.


Sedangkan momentum tekanan menjadi waktu tepat bagi investor jangka menengah dan panjang dikarenakan harapan akan kondisi yang kian membaik di tahun mendatang.

Berikut ini beberapa rekomendasi dari Yugen Bertumbuh Sekuritas, untuk saham-saham berpotensi dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya adalah:

- BBCA

- AALI

- INDF

- BBRI

- TBIG


- CTRA

- LSIP

- SMRA

Selain itu, Financial Expert Ajaib Sekuritas, Chisty Maryani juga rekomendasikan saham milik PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI). Perusahaan yang ergerak dalam perdagangan ritel pakaian, sepatu, asesoris, tas dan peralatan olah raga dinilai masih menarik dicermati dengan buy 1.420, target price 1.465, dan stop loss <1.360.

"MAPI bergerak uptrend dalam jangka menengah, berada diatas pergerakan MA-20 dan 50. Membentuk pola bullish piercing indikasi lanjutkan penguatan yang juga tercermin pada stochastic oscillator membentuk golden cross di area netral," jelasnya.

Hingga kuartal III-2022 Pendapatan MAPI naik 55,8 persen YoY menjadi Rp18,8 triliun. Alhasil, MAPI berhasil mencatat laba bersih Rp1,76 triliun dari rugi bersih Rp114,8 di periode yang sama tahun lalu.

"Menjelang akhir tahun diproyeksikan konsumsi masyarakat meningkat. Adapun IKK masih di level optimis dan tingkat inflasi yang melandai juga menjadi katalis positif MAPI," jelasnya.

Selanjutnya, dia juga rekomendasikan saham milik PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR). Perusahaan bergerak bergerak di bidang pertambangan dan batu bara ini dinilai masih laik dikoleksi dengan buy 1.650, target price 1.700, dan stop loss <1.610.

"ADMR dalam jangka pendek bergerak sideways berpotensi untuk rebound dari support saat ini dengan membentuk candle hammer. Indikator stochastic oscillator golden cross di area netral," jelasnya.

ADMR mengalokasikan modal ke PT Adaro Indo Aluminium (AIA) sebesar Rp1,15 triliun untuk mengembangkan bisnis anak usaha ke depan. Adapun kembali dibukanya aktivitas bisnis di Cina dan pelonggaran Zero Covid Policy menjadi sentimen positif bagi sektor metal mining yaitu Alumunium.

Disclaimer: Artikel ini merupakan rekomendasi dan analisis saham dari analis sekuritas yang bersangkutan, bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham tertentu. Tirto tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Apabila akan membeli/menjual saham, pelajari lebih teliti dan tiap keputusan ada di tangan investor.


Baca juga artikel terkait PREDIKSI IHSG HARI INI atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight