Perbedaan OPPO Reno dengan 10x Zoom yang Harganya Terpaut Rp5 Juta

Oleh: Ibnu Azis - 20 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dengan selisih harga Rp5 juta, OPPO Reno 10x Zoom menawarkan peningkatan spesifikasi dari Reno versi reguler.
tirto.id - OPPO menawarkan Reno 10x Zoom ke konsumen dengan harga Rp5 juta lebih mahal dari versi reguler. Reno 10x Zoom dijual dengan harga Rp12.999.000, sedangkan Reno reguler dibanderol Rp7.999.000. Perbedaan harga ini terjadi lantaran Reno 10x Zoom menawarkan spesifikasi lebih tinggi dari Reno reguler.

Apabila kedua perangkat dilihat sekilas, maka tampak identik secara fisik. Namun bila diperhatikan "jeroannya", maka terdapat perbedaan spesifikasi di beberapa komponen, seperti layar, kamera (belakang), chipset, dan kapasitas baterai.

Kedua perangkat sama-sama menawarkan layar dengan rasio 19,5:9, bertipe OLED, resolusi FHD+, dan sudah terlapisi kaca antigores Corning Gorilla Glass 6. Bedanya, Reno 10x Zoom memiliki diagonal sedikit lebih besar, yaitu 6,6 inci, sedangkan Reno reguler 6,4 inci.

Di sektor fotografi, Reno 10x Zoom tersemat 3 buah kamera belakang, masing-masing memiliki konfigurasi 48MP ultra-clear HD (utama), 13MP untuk kemampuan zoom hingga 10x (telephoto), dan 8MP untuk sudut pandang mencapai 120 derajat (ultra-wide).

Di Reno reguler, lensa telephoto absen, sementara lensa ultra-wide-nya hanya 5MP. Untuk kamera utamanya berkekuatan sama dengan Reno 10x Zoom, termasuk tipe sensor yang digunakan, yaitu Sony IMX586.

Pindah ke bagian dapur pacu, berstatus sebagai flagship OPPO terbaru, Reno 10x Zoom bertenaga chipset Qualcomm paling gegas saat ini, yakni Snapdragron 855 dengan RAM8GB. Reno reguler menggunakan seri chipset yang lebih rendah, yaitu Snapdragron 710 dengan RAM 6GB.

Terakhir, Reno 10x Zoom di komponen catu daya tertanam baterai 4.065mAh atau sedikit lebih besar dari Reno reguler, yang dibekali kapasitas 3.765mAh. Keduanya sudah didukung fitur Fast Charge VOOC 3.0 melalui USB Type-C saat mengisi daya.

Spesifikasi lainnya, baik Reno 10x Zoom dan Reno reguler sudah menjalankan sistem operasi Android 9.0 dalam balutan antarmuka ColorOS 6. Hadir pula fitur keamanan komplet mulai sensor sidik jari di bawah layar atau Hidden Fingerprint Unlock 2.0 dan Face Unlock.

Berikutnya, kamera depan kedua perangkat sama-sama berkekuatan 16MP, penyimpanan internal 256GB (khusus Reno reguler tak memiliki slot microSD), dan dukungan Dual Nano-Sim Cards.

Keduanya juga ditawarkan dalam dua varian warna, yakni Ocean Black dan Jet Black.

Mengenai Reno 10x Zoom dan Reno reguler, duet smartphone pertama OPPO dari lini Reno ini resmi meluncur di Indonesia pada 17 Juni 2019.


Baca juga artikel terkait OPPO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH