tirto.id - Kendati sudah ada aturan baku ilmu tajwid, namun ada ayat-ayat Al-Quran yang tidak tunduk pada hukum tajwid. Bacaan tersebut dikenal sebagai bacaan garib. Berikut ini pengertian, jenis, dan contohnya dalam Al-Quran.
Secara definitif, garib berasal dari bahasa Arab yang artinya aneh, jarang, atau asing. Dalam hal ini, bacaan ayat-ayat garib menyalahi kaidah bahasa Arab atau tajwid pada umumnya.
Sebagai misal, huruf ra (رَ) dalam bacaan garib jenis imalah dibaca dengan bunyi "re". Pembacaan demikian dilakukan karena dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW melalui jalur riwayat Hafs.
Hukum bacaan garib merupakan bagian dari ilmu tajwid, tata cara membaca Al-Quran. Sebab, ayat-ayat Al-Quran memiliki kaidah cara membaca tersendiri yang berbeda dari bahasa Arab pada umumnya.
Bisa jadi orang yang tumbuh di Arab atau orang Arab asli belum tentu lancar membaca Al-Quran karena tidak belajar ilmu tajwid.
Salah satu bahasan dalam ilmu tajwid tersebut adalah bacaan-bacaan garib pada Al-Quran. Berikut ini penjelasannya, sebagaimana dikutip dari Al-Quran Hadis (2020) yang ditulis Nismatul Khoiriyah.
1. Imalah
Bacaan garib pertama adalah imalah. Dalam bahasa Arab, imalah artinya miring. Dalam hal ini, hukum bacaan imalah dilafalkan dengan memiringkan bacaan ra (رَ) menjadi "re".
Cara membacanya adalah dengan membelokkan bunyi ra fathah menjadi setengah kasrah dan hurufnya dibaca tipis (tarqiq).
Bacaan imalah hanya terdapat dalam satu ayat Al-Quran, yakni pada surah hud ayat 41 sebagai berikut:
۞ وَقَالَ ٱرْكَبُوا۟ فِيهَا بِسْمِ ٱللَّهِ مَجْر۪ىٰهَا وَمُرْسَىٰهَآ ۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ
Bacaan latinnya: "Wa qālarkabụ fīhā bismillāhi majreehā wa mursāhā, inna rabbī lagafụrur raḥīm"
Artinya: "Dan Nuh berkata: 'Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya'. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang," (QS. Hud [11]: 41).
Hukum ilmalah pada ayat di atas terletak pada lafal: مَجْرَاهَا (Dibaca: Majreha).
2. Isymam
Bacaan isymam dilakukan dengan cara memonyongkan bibir (seakan-akan membaca harakat dammah).
Bacaan garib isymam tidak terdengar melalui bunyi (atau jika memang ada sangat samar), namun ditunjukkan dengan cara membacanya yang agak monyong.
Contoh isymam hanya ada satu dalam Al-Quran, yakni pada surah Yusuf ayat 11 sebagai berikut:
قَالُوا۟ يَٰٓأَبَانَا مَا لَكَ لَا تَأْمَ۫نَّا عَلَىٰ يُوسُفَ وَإِنَّا لَهُۥ لَنَٰصِحُونَ
Bacaan latinnya: "Qālụ yā abānā mā laka lā ta`mannā 'alā yụsufa wa innā lahụ lanāṣiḥụn"
Artinya: "Mereka berkata: 'Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingini kebaikan baginya," (QS. Yusuf [12]: 11).
Hukum isymam pada ayat di atas terletak pada lafal: لَا تَأْمَنَّا (Dibaca: La ta'manna). Bunyinya nyaris mirip seperti biasa, namun bibir agak dimoncongkan seperti membaca harakat dammah.
Hal itu disebabkan asal katanya adalah "Laa Ta’manunna", namun bunyi "U" dalam kata tersebut dihilangkan.
3. Saktah
Bacaan saktah dalam Al-Quran dibaca sembari berhenti sepanjang dua harakat tanpa menarik napas.
Tanda bahwa ayat itu terdapat bacaan saktah ditunjukkan dengan huruf sin kecil (س) atau dengan tulisan lengkap (سكته) di bagian atas ayat.
Dalam Al-Quran, hanya ada 4 tanda saktah, yakni pada surah Al-Kahfi di akhir ayat 1, surah Yasin pada ayat 52, surah Al-Qiyamah ayat 27, dan surah Al-Muthaffifin ayat 14.
4. Tashil
Bacaan garib selanjutnya adalah tashil yang terjadi ketika dua hamzah berada dalam posisi saling berurutan.
Cara membaca hamzah pertama adalah seperti lafal hamzah pada umumnya, sementara itu, hamzah yang kedua dibaca seperti huruf ha' samar, yakni seperti antara hamzah dan bunyi alif.
Bacaan tashil hanya ada satu dalam Al-Quran pada surah Fushilat ayat 44 di lafal: أَأَعْجَمِيٌّ (Dibaca: Aha'jamiyyu)
5. Naql
Dalam ilmu tajwid, naql artinya memindahkan harakat pada huruf sebelumnya. Pada tilawah Al-Quran, hanya terdapat satu ayat dibaca dengan kaidah garib naql, yakni pada surah Al-Hujurat ayat 11:
Lafalnya terdapat pada kata: بِئْسَ الإِسْمُ. Jika merujuk pada bacaan Al-Quran biasanya, cara membacanya adalah dengan bunyi "Bi'sal ismu".
Namun, karena ada kaidah naql, cara melafalkannya adalah dengan memindahkan harakat pada huruf sebelumnya. Dengan demikian, cara membacanya adalah: "Bi'salismu".
Editor: Addi M Idhom