Pengumuman Hasil Psikotes PKH Kemensos 2019 Hari Ini 30 Desember

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 30 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pengumuman hasil seleksi psikotes dan uji kompetensi PKH Kemensos dijadwalkan rilis pada 30 Desember 2019 hari ini.
tirto.id - Pengumuman hasil psikotes dan uji kompetensi bidang pendamping sosial PKH Kemensos disiarkan pada Senin (30/12/2019) hari ini. Pengumuman hasil seleksi PKH Kemensos akan disampaikan lewat situs web resmi PKH Kemensos di ssdm.pkh.kemsos.go.id.

Pelamar dapat mengetahui hasil seleksi psikotes dan uji kompetensi bidang SDM PKH Tahun 2019, dengan cara memasukkan NIK ke situs web ssdm.pkh.kemsos.go.id/site/pengumuman. Kemensos mengatakan seluruh jadwal dan pelaksanaan seleksi SDM PKH 2019 diinformasikan melalui portal Kemensos di kemsos.go.id dan pkh.kemsos.go.id.

Pelamar yang mengikuti seleksi PKH Kemensos juga bisa mengecek secara berkala media sosial dan situs web resmi PKH Kemensos untuk melihat hasil pengumuman. Akun media sosial resmi PKH Kemensos yaitu @kemsos_pkh di Instagram, @kemsos_pkh di Twitter, dan @kemsos.pkh di Facebook.

Sementara itu akun media sosial resmi Kemensos yaitu @KemensosRI di Twitter, @kemensosri di Instagram, dan situs web kemsos.go.id.

Pelaksanaan psikotes dan uji kompetensi bidang pendamping sosial PKH Kemensos telah digelar pada 5,9, dan 12 Desember 2019.

Dalam seleksi SDM PKH tahun, Kemensos membuka 2.500 lowongan untuk Pendamping Sosial dan Pendamping Sosial Akses dengan kualifikasi pendidikan SMA, D3, D4 dan S1 Ilmu Sosial.

Kemensos juga membuka 15 lowongan untuk Administrasi Pangkalan Data dengan kualifikasi pendidikan D3 atau S1 Ilmu Komputer, Informatika, Statistika atau rumpun Ilmu Sains dan Teknologi.

Lowongan ketiga yaitu sebanyak 20 kuota untuk Koordinator Kabupaten atau Kota dengan persyaratan berusia di bawah 45 tahun dan bersedia bekerja purna waktu dan tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, TNI, Polri atau terikat kontrak.

Formasi jabatan untuk Pendamping Sosial dan Administrator Pangkalan Data, terbuka untuk seluruh pelamar, pada lokasi Kabupaten/Kota dan Kecamatan yang bukan lokasi Kecamatan PKH Akses.

Formasi jabatan untuk Pendamping Sosial Akses, terbuka untuk seluruh pelamar, pada lokasi kecamatan PKH Akses yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Formasi jabatan untuk Koordinator Kabupaten/Kota, terbuka khusus untuk pelamar yang saat ini menjabat sebagai SDM PKH (pendamping sosial, administrator pangkalan data dan pekerja sosial supervisor).

Pendaftaran PKH Kemensos telah dibuka pada 22-26 November 2019. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui https://kemsos.go.id dan https://pkh.kemsos.go.id. Rekrutmen PKH Kemensos ini dibuka untuk lulusan SMA hinga S1.

Lokasi penempatan untuk dibuka untuk Provinsi Aceh, Banten, Bengkulu, AKI jakarta, Gorontalo, Jambi, Jabar, Jateng, Jatim, Kalbar, Kalsel, Kaltim dan Kaltara.

Selanjutnya Kepulauan Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sualwesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Program PKH sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Program ini digelar sejak tahun 2007.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.


Baca juga artikel terkait PKH KEMENSOS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight