OPPO A1k Meluncur di Rusia dengan Harga Rp2 Jutaan

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 24 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Baterai 4.000mAh menjadi salah satu keunggulan spesifikasi yang diusung OPPO A1k.
tirto.id - OPPO A1k telah resmi diluncurkan di Rusia yang membidik pasar entry-level. Ponsel ini dijual dengan harga 9.990 rubel atau sekitar Rp2,2 juta (kurs Rp221,54). Baterai berkapasitas besar menjadi salah satu fitur unggulan smartphone ini.

Diperkenalkan pada pekan lalu, desain OPPO A1k tak jauh berbeda dengan ponsel OPPO lainnya seperti A3s atau A5s, yang mengusung "poni" mungil atau biasa disebut waterdrop design. Sementara cangkang belakang OPPO A1k menggunakan warna polos tanpa gradasi.

Sampai saat ini belum diketahui apakah ponsel ini akan dirilis ke pasar global termasuk Indonesia. Namun, berdasarkan informasi laman 91 Mobiles dilansir Rabu (24/4/2019), A1k akan segera diboyong OPPO ke India.

Melansir GSM Arena, smartphone ini mengandalkan layar sentuh berukuran 6,1 inci resolusi HD+ tipe IPS. Layarnya telah dilindungi antigores Corning Gorilla Glass 3. Saat diperkenalkan, OPPO A1k sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka ColorOS 6.

Sektor fotografi, OPPO A1k memang tak dibekali dengan kamera ganda seperti smartphone kekinian pada umumnya. A1k hanya mengandalkan kamera belakang tunggal resolusi 8 megapiksel dengan lensa aperture f/2.2 yang dilengkapi fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan LED flash.

Adapun kamera depannya yang berkekuatan 5 megapiksel diperkuat fitur AI dan menggunakan lensa dengan aperture f/2.0 untuk memuaskan hasrat selfie penggunanya. Baik kamera depan maupun belakang OPPO A1k juga dilengkapi fitur portrait atau bokeh.

Kinerja OPPO A1k terbilang bersaing di kelasnya berkat sokongan chipset MediaTek Helio P22 berkonsep octa-core kecepatan 2GHz. Dapur pacu ini dipadukan memori RAM sebesar 2GB. Kemampuan ponsel ini untuk mengakomodir kebutuhan gaming cukup baik di kelasnya berkat dukungan kartu grafis PowerVR 8320.

OPPO A1k juga dibekali dengan memori internal berkapasitas 32GB yang masih dapat diperluas melalui slot microSD maksimal 256GB. Untuk mendukung aktivitas pengguna sehari penuh, OPPO A1k dibekali baterai berkapasitas besar di kelasnya, yakni 4000mAh. Sayangnya, ponsel ini belum dilengkapi fitur fast charge.


Baca juga artikel terkait OPPO A1K atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis