Oesman Sapta Salahkan Wiranto Usai Hanura Tak Lolos ke Parlemen

Oleh: Riyan Setiawan - 15 Mei 2019
Oesman Sapta Odang menyalahkan Wiranto, karena Partai Hanura yang dipimpinnya tak lolos ambang batas parlemen.
tirto.id - Ketua Umum Partai Harnura Oesman Sapta Odang (OSO) menyebut faktor partainya tak lolos ambang batas parlemen (parliamentary threshold) karena internal.

Menurut dia, Ketua Dewan Pembina Partai Hanura, Wiranto punya andil membuat partainya tak bisa meloloskan kader ke DPR RI.

"Jadi, ada yang bertanya, kenapa Hanura kalah? Tanya Wiranto bukan saya. Orang yang bikin kalah dia kok," ujar dia sambil berkelakar saat buka bersama Presiden Jokowi dan pejabat negara, di rumahnya, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/201).

Dalam buka puasa bersama pejabat negara tak dihadiri oleh Wiranto. Pejabat tinggi yang hadir meliputi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Jaksa Agung H. M Prasetyo, Menteri Sosial Agus Gumiwang.
Kemudian ada Umum PBNU Said Aqil Siradj, Ketua MA Hatta Ali, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan mantan Wakil Presiden Hamzah Haz.


Meskipun kalah, ia mengaku tak mempersoalkann, karena jagonya, Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf unggul dalam hitung cepat.

"Kita nggak apa-apa Hanura dia bikin kalah. Tapi yang penting nomor 01 menang," kata dia.

Berdasar sejumlah hitung cepat lembaga survei pada Pemilu 2019, Partai Hanura tak mampu menembus ambang batas parlemen 4 persen.

OSO juga mengklaum, semua anggota DPR RI mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau Pak Zul waktu buka puasa ini, Pak Zul ini waktu buka puasa di MPR, dia bilang saya tidak mendukung Pak Jokowi, tapi berteman. Itu hebatnya Pak Jokowi, mau berteman sama orang yang tidak mendukung," ucap dia.

Sebelumnya, buka bersama di rumah dinas Zulkifli Hasan, ketua MPR RI. Saat itu, Zulkifli mengaku tak mendukung Jokowi-Ma'ruf, karena Partai Amanat Nasional yang dipimpinnya mengusung Paslon 02, Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali