Mitos, Fakta dan Manfaat Seputar Serum Vitamin C Bagi Kulit

Oleh: Irene Aprilya Meok - 9 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Informasi seputar mitos, fakta, dan manfaat serum vitamin C bagi kesehatan kulit.
tirto.id - Serum vitamin C sangat banyak digunakan oleh orang-orang untuk kesehatan kulit terutama pada kulit wajah. Banyaknya manfaat dari serum ini berbanding lurus dengan banyaknya pengguna serum.

Ketika didapati permasalahan umum yang dialami oleh wajah seperti bekas jerawat, warna kulit tidak merata, kulit kasar, serum ini biasanya menjadi perawatan yang disarankan.

Walau faktanya memiliki banyak manfaat, terdapat beberapa kesalahpahaman tentang serum vitamin C yang beredar di masyarakat.

Dilansir dari kiehls, berikut mitos dan fakta serum vitamin C yang perlu diketahui:

  • Mitos: Semakin banyak vitamin C, semakin baik
Faktanya, penggunaan produk serum vitamin C tidak bisa sembarangan. Produk serum vitamin C mengandung konsentrasi asam L-askrobat yang jika digunakan terlalu berlebihan akan mengakibatkan iritasi kulit.

  • Mitos: Vitamin C menyebabkan sensitivitas kulit terhadap matahari
Faktanya, vitamin C justru telah terbukti sebagai pertahanan kedua terhadap sinar UVA yang berbahaya bagi kulit.

Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan pertahanan antioksidan kulit. Vitamin C dapat diaplikasikan ke kulit pada pagi hari sebelum menggunakan tabir surya.

  • Mitos: Serum vitamin C tidak cocok untuk kulit sensitif
Faktanya, serum vitamin c dirancang agar cukup lembut bagi kulit yang sensitif. Terkadang yang salah adalah pengaplikasiannya pada kulit wajah.

Ketika pertama kali menggunakan produk serum vitamin C, sebaiknya aplikasikan sehari sekali. Setelah itu secara bertahap dapat dinaikkan menjadi dua kali sehari.

Selain tiga mitos dan fakta diatas, dilansir dari artnaturals, serum vitamin C juga memiliki manfaat lain. Berikut manfaat dari serum vitamin C:

  • Memproduksi kolagen
Seiring bertambahnya usia, manusia akan mengalami masalah pada wajah seperti muncunya garis-garis halus dan kerutan. Penggunaan serum vitamin C yang teratur akan dapat mengurangi masalah ini.

Vitamin C mengandung antioksidan yang membantu dalam memproduksi kolagen. Kolagen ini akan mengisi garis-garis halus dan kerutan. Dampaknya kulit akan terlihat lebih muda.

  • Melindungi kulit dari kerusakan karena matahari
Selain mencegah penuaan dini, vitamin C juga dapat melindungi kulit wajah dari UVA dan UVB. Hal ini bisa terjadi karena vitamin C mengandung antioksidan yang secara alami dapat memperkuat kulit dang mengusir hal-hal yang dapat merusak kulit.

Walau dapat melindungi wajah dari paparan UVA dan UVB, pengguanaan tabir surya tetap disarankan dan tidak boleh diganti dengan vitamin C.

  • Mengurangi lingkaran di bawah mata
Beberapa orang memiliki kondisi dimata bawah mata sangat mudah berwarna hitam jika kurang tidur. Vitamin C yang dapat membantu meratakan warna kulit bisa menjadi pilihan yang tepat.

Penggunaan serum vitamin C akan mengurangi tampilan hitam pada lingkaran di bawah mata, setelah itu penampilan akan jadi lebih muda, cerah dan bersemangat.

  • Mempercepat penyembuhan alami tubuh
Vitamin C telah terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan alami pada kulit. Hal ini membuat penggunaan serum vitamin C akan ideal untuk area wajah dan kulit lainnya.

Penggunaan secara teratur akan membantu menyembuhkan luka kecil, bekas jerawat dan noda lainnya dengan cepat dan efektif.

  • Meningkatkan kelembaban kulit
Kulit kering dapat diatasi dengan serum vitamin C. Dengan menggunakan serum vitamin C topikal, kulit akan mendapatkan konsentrasi vitamin tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar air dan hidrasi pada kulit.

Hal ini dapat menyebabkan permasalahan kulit yang kering dan bersisik dapat diselesaikan.

  • Kulit tampak bercahaya dan sehat
Selain memperbaiki kulit, serum dengan vitamin c juga dapat mencerahkan kulit kusam dan membuat kulit tampak lebih sehat. Konsenrasi yang kuat dari vitamin C dapat membuat kulit diisi kembali dan direvitalisasi.

Baca juga artikel terkait SUNTIK VITAMIN C atau tulisan menarik lainnya Irene Aprilya Meok
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Irene Aprilya Meok
Penulis: Irene Aprilya Meok
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight