Mengenal Ruangkelas, Fitur Baru Ruangguru untuk Dukung Pembelajaran

Oleh: Ega Krisnawati - 10 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fitur Ruangkelas dirancang seperti ruangan belajar agar guru dan murid dapat secara interaktif melakukan percakapan seputar materi pembelajaran.
tirto.id - Ruangguru menyediakan fitur baru bernama Ruangkelas guna mendukung sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19 agar proses belajar mengajar bisa berjalan lancar.

Fitur Ruangkelas adalah layanan learning management system yang dimanfaatkan sebagai sarana kelas virtual guru dan murid. Fitur Ruangkelas dirancang seperti ruangan belajar atau classroom.

Di dalamnya, guru dan murid dapat secara interaktif melakukan percakapan seputar materi pembelajaran. Nantinya, murid pun dapat memanfaatkan fitur Ruangkelas untuk diskusi kelompok.

"Kami menghadirkan fitur Ruangkelas secara gratis, sehingga proses belajar mengajar jarak jauh dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujar Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Tirto.

Akses Ruangkelas dapat dipakai secara gratis ketika sekolah telah mendaftar ke situs Ruangguru. Kemudian, guru dapat membuat kelas sesuai dengan yang dibutuhkan.


Tidak hanya itu, di dalam fitur Ruangkelas pun telah diberikan fitur lainnya berupa fitur Tugas. Pada fitur Tugas guru akan memberikan soal latihan dalam bentuk esai maupun pilhan ganda.

Tidak hanya fitur Tugas, siswa-siswi pun dapat menikmati fitur lainnya di aplikasi Ruangguru yakni Ruangbelajar. Pada fitur Ruangbelajar terdapat fitur Materi Belajar yang menawarkan rangkuman berupa video belajar. Selain itu, guru pun dapat mengunggah materinya dengan cara mengunggah berkas ataupun melampirkan tautan.

Ruangguru, melalui akun Twitter @ruangguru, telah meluncurkan lima fitur baru yang dapat mendukung PJJ selama masa Pandemi COVID-19 antara lain:

1. Jadwal Belajar

Fitur Jadwal Belajar dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengingat untuk belajar. Tidak hanya itu, fitur tersebut juga dapat membantu teman lain, bahkan tetangga agar tidak lupa untuk belajar.

2. Asah Otak

Fitur Asah Otak adalah semacam fitur pre-test sebelum belajar. Sehingga fitur ini, dapat melakukan seleksi materi, ataupun video belajar apa saja yang akan direkomendasikan sesuai dengan hasil pre-test.

3. Ruangbelajar SD versi terbaru

Konten di fitur Ruangbelajar SD akan lebih seru dan interaktif, karena dilengkapi dengan tokoh animasi bernama Dafa dan Lulu dengan metode tematik. Fitur tersebut, cocok untuk siswa-siswi kelas 1-2 SD.

4. Ruangbelajar SMK

Tidak hanya fitur Ruangbelajar SD, SMP, SMA saja. Ruangguru juga telah menawarkan fitur terbarunya yakni, Ruangbelajar SMK.

5. Teman Baru

Fitur Teman Baru memberikan tiga nama tokoh animasi bernama, Modo, Candra, dan Harry.

Seperti dilansir dari situs resmi, Ruangguru sudah dipakai oleh 15 juta pengguna dan terdapat 100 bidang pelajaran yang diolah lebih dari 300 guru. Tidak hanya itu, Ruangguru juga memiliki misi untuk menyediakan dan memperluas pendidikan yang berkualitas tanpa batasan ruang dan waktu.


Baca juga artikel terkait RUANGGURU atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight