Mengenal Aplikasi Keen dan Keunggulannya

Oleh: Abdul Hadi - 20 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi Keen ini berfungsi untuk menyeleksi, mengkurasi, menyimpan, dan bahkan membuat sendiri konten atau topik yang berkaitan dengan minat serta hobi pengguna.
tirto.id - Tim eksperimental Area 120, inkubator internal dari Google baru saja merilis aplikasi terbaru bertajuk Keen.

Aplikasi ini berfungsi untuk menyeleksi, mengkurasi, menyimpan, dan bahkan membuat sendiri konten atau topik yang berkaitan dengan minat serta hobi pengguna.

Aplikasi Keen ini mirip seperti Pinterest, yang sudah terlebih dahulu mengukuhkan posisinya sebagai aplikasi minat dan hobi, serta menonjolkan tampilan visualnya melalui papan pin virtual (pinboard).

Sama seperti Pinterest, dengan pin tersebut, pengguna Keen bisa mengoleksi konten-konten yang disukai dari situs web mana pun yang masuk jaringan Google.

Konten yang disimpan ini bentuknya link atau tautan yang bisa dikreasikan pengguna, dengan tampilan gambar atau foto di aplikasi Keen.

"Pada aplikasi Keen [...] Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu, untuk kemudian membuat konten dari web yang Anda percayai, ”tulis CJ Adams, salah satu penggagas Keen, sebagaimana diwartakan The Verge.

“Anda bisa merangkum hal-hal menarik, mengenai topik apa pun, baik itu tips memasak roti lezat di rumah, beternak burung, atau bahkan meneliti tipografi tulisan. Aplikasi Keen memungkinkan Anda membuat konten yang disukai, membagikan koleksi konten kepada orang lain, dan menemukan konten baru berdasarkan apa yang telah Anda simpan," tambah CJ Adams.

Jika sudah ada Pinterest dengan gaya aplikasi yang sama, lalu apa kelebihan aplikasi Keen?

Kelebihan aplikasi Keen



Masih dari The Verge, aplikasi Keen yang diusung Google ini dilengkapi dengan kecerdasan artifisial (artificial intelligence) yang lebih mumpuni dari Pinterest.

Hal ini dikarenakan Pinterest, selama ini tidak terlalu menekankan pada pengembangan algoritma kecerdasan artifisial aplikasinya.

Dengan kecerdasan artifisial yang dikembangkan Google itu, aplikasi Keen dapat mengorganisir konten-konten yang sudah dipilih dan disimpan, serta membantu menemukan konten-konten sejenis sesuai dengan pilihan dan minat pengguna.

Aplikasi Keen ini bisa diunduh di Play Store untuk gawai pintar bersistem Android atau melalui web desktop.

Namun, belum diketahui apakah Google juga menyiapkan aplikasi Keen untuk pengguna iOS atau tidak.

Setelah mengunduh dan menginstalnya di perangkat Anda, aplikasi Keen meminta pengguna untuk mendaftar terlebih dahulu atau langsung masuk (log in) melalui akun Google.

Selepasnya, Anda dapat memasukkan pilihan minat dan hobi yang diinginkan, yang kemudian akan dilacak Google. Beberapa jenak setelahnya, konten-konten menarik akan Anda jumpai di aplikasi ini.


Baca juga artikel terkait APLIKASI KEEN atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight