Manfaat Garam Hitam: Cegah Tekanan Darah Tinggi Hingga Bantu Diet

Oleh: Abdul Hadi - 15 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Konsumsi garam hitam lebih direkomendasikan daripada garam dapur karena kandungan natriumnya rendah.
tirto.id - Bumbu masak merupakan bagian penting untuk menyiapkan santapan. Salah satu bumbu masak yang tak pernah ketinggalan digunakan di dapur adalah garam.

Di antara banyak jenis garam yang lazim digunakan, garam hitam dianggap sebagai garam yang memiliki pelbagai manfaat, ia diklaim lebih sehat daripada garam dapur biasa.

Kendati tidak terlalu populer di Indonesia, garam hitam umum digunakan di India sebagai bumbu masak dan bahan pengobatan. Garam hitam juga diketahui mengandung banyak manfaat.

Dilansir Healthline, garam hitam adalah garam batu yang berasal dari tambang garam di Pakistan, Bangladesh, India, Nepal, dan lokasi lainnya di Himalaya. Garam hitam Himalaya merupakan jenis garam hitam yang paling populer.

Kendati namanya garam hitam, tak jarang warna sebenarnyanya bercorak coklat kemerahan. Ada juga yang berwarna merah muda hingga ungu muda.

Selain dijadikan bumbu masakan, garam hitam juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan rumahan. Garam hitam diketahui bisa menyembuhkan kram otot, perut kembung, mulas, dan lain sebagainya.

Beragam manfaat konsumsi garam hitam yang dipaparkan berikut ini merupakan hasil dari studi terbatas dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Namun, laman India Times melaporkan bahwa konsumsi garam hitam lebih direkomendasikan di banding garam meja, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi dan orang yang menjalani diet untuk mengurangi asupan sodium.

Garam hitam mengandung sedikit bahan tambahan daripada garam meja. Bahan tambahan seperti zat anti-penggumpalan, aluminium silikat, dan kalium iodat yang umumnya ditambahkan ke garam biasa tidak ditambahkan ke garam hitam.

Berikut ini sejumlah manfaat garam hitam sebagaimana dikutip dari Antara:

1. Ramah Tekanan Darah

Konsumsi garam dalam jumlah banyak bisa berkaitan dengan tekanan darah tinggi, kanker perut, dan pengeroposan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan natrium yang cukup tinggi pada garam komersil.

Namun, karena garam hitam rendah natrium daripada garam biasa, ia dapat menjadi alternatif pengganti garam dapur biasa bagi para penderita tekanan darah tinggi.

2. Baik untuk Pencernaan

Garam hitam dianggap baik untuk kesehatan pencernaan. Ia juga dapat meringankan penyakit perut seperti sembelit, kembung, dan lain sebagainya.

3. Mencegah dan Meredakan Kram Otot

Kandungan kalium di garam hitam dapat membantu mengatur fungsi otot dan meredakan nyeri otot. Selama ini, kalium dianggap sebagai mineral penting yang membantu mengatur konstraksi otot dan mencegah kram.

4. Baik untuk Diet Berat Badan

Selain direkomendasikan bagi para penderita tekanan darah tinggi, garam hitam juga bisa menjadi alternatif bagi orang yang diet untuk menurunkan berat badan. Ini karena garam hitam memiliki kandungan natrium rendah.

5. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan mineral pada garam hitam dapat meningkatkan kesehatan tekstur kulit dan rambut. Zat mineral yang terdapat pada garam hitam bekerja mendetoksifikasi tubuh dari racun, serta membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit.


Baca juga artikel terkait GARAM atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight