Debat Capres Pilpres 2019

Ma'ruf Akui Tak Ada Bahasan Khusus, Porsi Debat Dominan ke Jokowi

Oleh: Felix Nathaniel - 17 Januari 2019
Cawapres nomor urut 02 Ma'ruf Amin mengakui tak ada tema khusus yang dibahas dalam Debat Pilpres 2019. Pasalnya, Jokowi, menurut TKN, akan mendominasi porsi debat.
tirto.id - Cawapres nomor urut 02 Ma’ruf Amin menyatakan tak ada tema khusus yang akan dibahas olehnya dalam debat perdana capres-cawapres Pilpres 2019. Dari empat tema yang ada, Ma’ruf menyatakan bahwa tugasnya adalah mendukung pernyataan Jokowi.

Pria yang juga menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia menyampaikan bahwa apapun pertanyaan yang ada prioritas jawaban ada pada presiden. Jika Jokowi merasa perlu ada penambahan, barulah dia akan memberikan pernyataan.

“Tidak, tidak ada [tema khusus]. Pokoknya, untuk opening sama closing itu disampaikan oleh Pak Jokowi,” tegas Ma’ruf di kediamannya, Menteng, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Ma’ruf diperkirakan akan tampil dengan balutan baju koko dan sarung seperti biasanya. Persiapan Ma’ruf sejauh ini sudah cukup. Meski dari kemarin Ma’ruf masih berdiskusi dengan tim persiapan debat, tetapi hari ini dia menghabiskan waktu bersama cucunya dan membaca koran.

“Menunggu waktu saja. Nanti kalau sudah saatnya, sebelum salat maghrib, ke tempat debat KPU di Bidakara,” ucapnya lagi.

Untuk sementara, Ma’ruf akan menuju Hotel Bidakara dari rumahnya di Menteng sendirian tanpa Jokowi. Sejauh ini, dia mengaku belum ada permintaan dari Jokowi untuk berangkat bersama.

Jelang debat perdana ini, Ma’ruf sudah bertemu Jokowi di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Ma’ruf menyampaikan bahwa pertemuan kemarin bukanlah sesuatu yang istimewa. Namun, keduanya mendiskusikan pertanyaan tertutup apa yang kira-kira akan disampaikan kubu Prabowo-Sandiaga.

“Kita diskusi, kemudian juga membaca kira-kira masalah yang ditanyakan, bagaimana kita harus menjawab. Itu saja. Tidak ada persiapan khusus,” ucapnya lagi.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri