Libur Hari Raya Waisak 2022: Daftar Tempat Wisata Jakarta Pilihan

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 12 Mei 2022 08:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Daftar 5 destinasi wisata di Jakarta untuk berwisata di masa liburan Hari Raya Waisak 2022.
tirto.id - Libur tanggal merah bulan Mei 2022 salah satunya adalah memperingati Hari Raya Waisak 2566 BE.

Hari raya umat Budha tersebut jatuh pada Senin, 16 Mei 2022. Sehingga libur akhir pekan berlangsung selama tiga hari dari 14-16 Mei 2022.

Cara merayakan libur tanggal merah ini salah satunya adalah dengan berkunjung ke tempat wisata dengan tujuan menambah wawasan dan edukasi.

Daftar Tempat Wisata Jakarta untuk Rayakan Libur Hari Waisak 2022


Libur panjang dapat dipakai untuk berwisata untuk melepas kepenatan. Bagi warga Jakarta, ada sejumlah pilihan lokasi wisata yang layak dipertimbangkan untuk dikunjungi saat masa liburan. Berikut pilihannya:

1. Museum Layang-Layang Indonesia

Museum Layang-Layang berada di Jakarta Selatan. Di museum ini terdapat koleksi layangan dengan beragam variannya. Di samping itu, pengunjung dapat sekaligus mengikuti lokakarya membuat layang-layang.

Mengutip Antara, Museum Layang-Layang memiliki pula ruang temu komunitas. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti membatik, menari Jawa, belajar gamelan Jawa, hingga melukis payung. Ada pula kelas khusus yang untuk olahraga yoga dan meditasi.

2. Pos Bloc

Pos Bloc adalah tempat kumpul baru yang menempati lokasi kantor pos pertama di Jakarta. Lokasinya ada di Pasar baru. Di sana terdapat restoran, kafa, dan toko-toko.

Pengunjung bisa melakukan swafoto dengan latar pemandangan yang cukup menarik. Atau, mereka dapat pula hanya sekadar duduk-duduk pada tangga berundak yang terletak di tengah ruangan besar.

Pilihan kuliner di sana cukup beragam. Banyak toko menjual jajanan lokal, roti, kopi, hingga gelato nikmat. Suguhan menu utama juga bervariasi dari masakan Indonesia sampai Meksiko.

3. Setu Babakan

Setu Babakan adalah lokasi wisata budaya yang menampilkan Kawasan Perkampungan Budaya Betawi. Di sana pengunjung akan menemukan beragam budaya khas Betawi yang menjadi suku asli Jakarta.

Beberapa budaya yang dapat ditemui adalah pertunjukan musik, tari dan teater, latihan silat, atraksi, sampai prosesi budaya. Kuliner Betawi juga tersedia seperti kerak telor, bir pletok, ikan pecak, dan nasi ulam.

Jika ingin mengenal suku Betawi dan budayanya lebih dalam, pengunjung dapat mampir ke Museum Betawi. Bagian lobby-nya terdapat Pustaka Betawi yang memiliki koleksi buku-buku yang membahas seputar Betawi.

4. Sarinah

Sarinah bisa menjadi pilihan berikutnya untuk wisata belanja. Pusat perbelanjaan Sarinah kembali dioperasikan tahun ini usai mendapatkan renovasi pada tahun 2020. Wajah baru Sarinah yang ada di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat itu sekarang lebih variatif.

Sarinah turut menyediakan tempat untuk berburu barang khas Indonesia. Pengunjung mengunjungi tempat khusus yang menjual pakaian, pernak-pernik, souvenir tradisional, kerajinan bambu dan rotan, sampai kudapan lokal. Banyak gerai makanan juga sudah dibuka dengan menawarkan hidangan unggulannya masing-masing.

5. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park adalah taman seluas 7 hektar yang bisa dijadikan tempat piknik keluarga. Ada arena bermain bagi anak-anak dan memiliki berbagai spot foto menarik.

Tempat ini merupakan taman revitalisasi dari Taman Tebet yang resmi dibuka pada 23 April 2022. Mengutip sosial media Tebet Eco Park, pengunjung bisa datang ke sana setiap hari yang dibuka dari pukul 06.00-19.00 WIB. Untuk menuju ke Tebet Eco Park bisa ditempuh menggunakan bus TransJakarta dan KRL.


Baca juga artikel terkait HARI RAYA WAISAK atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight