Kim Garam Resmi Hengkang dari LE SSERAFIM, Buntut Kasus Bullying

Penulis: Maria Ulfa, tirto.id - 20 Jul 2022 11:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
HYBE Music dan Source Music secara resmi mengumumkan Kim Garam hengkang dari LE SSERAFIM pada Rabu (20/7/2022).
tirto.id - HYBE Music dan Source Music secara resmi mengumumkan Kim Garam hengkang dari LE SSERAFIM pada Rabu (20/7/2022). Source Music mengatakan mereka telah mengakhiri kontrak dengan Kim Garam sebagai buntut kasus bullying.

"Halo. Ini adalah HYBE Music/Source Music. Kami ingin memberi Anda informasi tentang keputusan yang dibuat sehubungan dengan anggota LE SSERAFIM KIM GARAM dan rencana untuk kegiatan LE SSERAFIM di masa depan," kata perwakilan agensi, seperti dikutip Soompi.

Mereka menambahkan, "Perusahaan kami telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak eksklusif dengan KIM GARAM."

Agensi lantas meminta maaf kepada para penggemar yang telah menunjukkan cinta dan dukungan kepada grup. Source Music meminta maaf karena telah membuat penggemar khawatir atas kontroversi bullying yang melibatkan Kim Garam.

Agensi juga mengatakan, saat ini LE SSERAFIM akan beraktivitas sebagai 5 anggota, yaitu Kazuha, Sakura, Chaewon, Yunjin dan Eunchae.

"LE SSERAFIM akan melanjutkan aktivitas mereka sebagai grup beranggotakan lima orang, dan kami tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk mendukung grup ini untuk berkembang lebih jauh sebagai artis melalui musik dan penampilan mereka," kata agensi lagi.

Kim Garam sendiri memulai debutnya dengan LE SSERAFIM pada 2 Mei 2022 dengan lagu “FEARLESS.”

Namun, pada tanggal 5 April 2022, Source Music mengungkapkan Kim Garam sebagai anggota berikutnya dari girl grup baru LE SSERAFIM. Pada hari yang sama, klaim bahwa dia terlibat dalam kekerasan di sekolah mulai muncul di berbagai komunitas online.

Seorang netizen yang mengaku telah lulus sekolah menengah yang sama dengan Kim Ga Ram (selanjutnya disebut sebagai "A") mengatakan bahwa Kim Garam akan mengirim pesan kepada juniornya di Facebook jika mereka tidak menyapanya dengan benar di sekolah, dan dia juga akan minum dan merokok.

Orang lain yang mengaku sebagai teman sekolah menengah Kim Garam menyatakan, “Dia benar-benar melakukan banyak hal saat itu. Penindasan ringan diberikan, dan dia akan melemparkan kata-kata kutukan kepada Anda jika Anda lewat.”

Salah satu postingan online menyertakan percakapan yang diduga dari Kim Garam. Menurut pesan tersebut, dia menggunakan bahasa kasar untuk mengancam seseorang yang tidak menjawab telepon mereka.

Ada lagi dugaan bahwa seorang siswa pingsan di sekolah dan masuk ruang gawat darurat akibat ulah Kim Garam. Netizen lain merilis foto yang menunjukkan Kim Garam dan teman-temannya berpose dengan latar belakang papan tulis yang berisi gambar eksplisit.

Setelah rumor intimidasi muncul, Source Music merilis pernyataan yang menyangkal tuduhan tersebut dan kemudian mengumumkan bahwa Kim Garam akan menghentikan sementara aktivitasnya.

Selama masa itu, netizen terus mengungkapkan klaim-klaim dan bukti-bukti baru tentang kasus bullying im Garam.

Akan tetapi, HYBE dan Source Music terus-terusan menyangkal tuduhan dan mengklaim Kim Garam sebagai korban, bukan pelaku.

Sehingga akhirnya, kritik terus bermunculan untuk HYBE karena dianggap mempertahankan Kim Garam meski banyak bukti muncul ke permukaan terkait perlakuan buruknya selama sekolah.


Baca juga artikel terkait KIM GARAM atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora

DarkLight