Kemenag Gorontalo Utara Siapkan Pemantauan Hilal 1 Ramadan 1440 H

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 5 Mei 2019
Pemantauan hilal di Gorontalo, akan dilakukan oleh tim Kanwil Kemenag, ormas Islam, pemerintah daerah bersama pihak BMKG Gorontalo.
tirto.id - Kementerian Agama (Kemenag) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, sudah mempersiapkan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk menentukan awal Ramadan 1440 Hijriyah.

"Kami telah mematangkan persiapannya, mengingat salah satu lokasi pemantauan hilal ada di wilayah ini, yaitu di Kecamatan Tomilito," ujar Kepala Kantor Kemenag Gorontalo Utara, Arfan Tilome, di Gorontalo, Sabtu (4/5/2019) seperti dilansir dari Antara.

Pemantauan hilal dari wilayah itu, akan dilakukan oleh tim dari Kanwil Kemenag, ormas Islam, pemerintah daerah bersama pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo.

"Hasilnya akan dilaporkan ke pusat, sebagai salah satu referensi atau masukan untuk sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan 1440 Hijriyah," ujarnya.

Terkait adanya pendapat sebagian umat Islam, 1 Ramadan tahun ini jatuh pada hari Minggu (5/5/2019), Arfan menilai hal itu lumrah.

"Yang mulai melaksanakan puasa 1 Ramadan pada besok hari, hanya sebagian kecil saja jadi tidak perlu dipersoalkan," ujarnya.

Ia berharap, umat Islam tidak membahas perbedaan terkait 1 Ramadan, sebab intinya adalah niat dalam melaksanakan ibadah puasa.

"Perbedaan jangan menjadi pertentangan, sebab esensi ibadah adalah menjalankannya dengan niat karena Allah dan saling mengajak umat dalam kebaikan untuk meraih kesempurnaan ibadah agar mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya," ujar Arfan.

Ia berharap, umat Islam senantiasa menjaga sikap saling hormat menghormati serta tidak mempertentangkan perbedaan yang tidak mempengaruhi esensi ibadah di bulan suci Ramadhan.


Baca juga artikel terkait RAMADAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH