Kecelakaan Maut Balikpapan: Cara Mengatasi Rem Blong dan Penyebab

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 21 Jan 2022 12:30 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Cara mengatasi rem blong, yang diduga jadi penyebab kecelakaan maut Balikpapan.
tirto.id - Kecelakaan maut yang terjadi di Balikpapan pada Jumat (21/1/2021) hari ini diduga karena truk kontainer mengalami rem blong. Truk melaju dengan kecepatan tinggi dan menabrak beberapa kendaraan yang tengah berhenti karena lampu merah di persimpangan Muara Rapak, Balikpapan.

Rem blong adalah kondisi yang bisa dialami kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Cara mengatasi rem blong adalah Anda tidak boleh panik dan melakukan langkah-langkah pencegahan agar meminimalisasi kerusakan dan korban jiwa.


Cara Mengatasi Rem Blong


Situs web Nissan membagikan beberapa cara untuk mengatasi rem blong. Cara-cara ini bisa Anda ingat jika Anda tidak panik dan tetap tenang saat mengalaminya.


1. Turunkan gigi secara bertahap

Ketika Anda mulai merasakan rem blong pada kendaraan, segera turunkan gigi secara bertahap, dari tinggi ke rendah. Ada kemungkinan bahwa putaran RPM (rotasi per menit) akan sangat tinggi ketika Anda menurunkan gigi. Hal tersebut tidak masalah selama Anda menurunkannya secara perlahan. Teknik ini biasa disebut pengereman mesin.

2. Manfaatkan rem tangan

Sembari melakukan teknik pengereman mesin, Anda juga bisa memanfaatkan rem tangan. Rem tangan akan sangat efektif menurunkan kecepatan. Namun, teknik ini harus Anda lakukan dengan hati-hati, sebab rem tangan akan sekejap menghentikan ban. Hal ini menyebabkan ban menjadi selip sehingga mobil bisa terbalik.

Oleh karena itu, turunkan dulu gigi baru manfaatkan rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan.

3. Jangan matikan mesin

Jangan sekali-kali mematikan mesin saat Anda mengalami rem blong, sebab hal ini membuat Anda sulit untuk mengendalikan laju kendaraan, terutama pada mobil dengan power steering. Sebaliknya, pertahankan mesin untuk tetap menyala.

Lihat sisi samping kiri atau kanan Anda, lalu menepilah ketika memungkinkan. Apabila Anda berada di sebelah kanan jalan dan tidak memungkinkan untuk menepi ke jalur lambat, tidak masalah bila Anda berhenti di sebelah kanan. Pastikan tanda darurat Anda menyala.

4. Jauhkan kaki dari pedal gas

Jika kontrol penuh sudah Anda dapatkan, pastikan kaki Anda menjauhi pedal gas agar terhindar dari faktor tidak sengaja menginjak pedal gas. Ketika kondisi di depan kendaraan aman, cek juga apakah ada sesuatu yang menghalangi atau mengganjal pedal rem.

5. Memompa rem

Coba juga untuk mengguncangkan atau memompa pedal rem. Ada kemungkinan bahwa rem blong terjadi hanya sementara karena kesalahan pada sistem.

Jika setelah memompa rem kembali berfungsi, sebaiknya hindari untuk mengendarai kendaraan langsung apalagi untuk kecepatan tinggi. Sebaiknya Anda segera membawa kendaraan ke bengkel terdekat.

6. Membenturkan kendaraan

Semua langkah di atas sudah dilakukan tetapi kendaraan tak juga berhenti, Anda bisa menabrakkannya ke sesuatu yang lunak seperti area berlumpur. Bila tidak memungkinkan, benturkan pada pasir, pagar kayu, atau hal lain yang aman untuk berbenturan.


Penyebab Rem Blong


Menurut situs web Suzuki, ada beberapa penyebab mengapa kendaraan Anda bisa mengalami rem blong.

1. Jarang dirawat

Gangguan pada sistem kendaraan bisa menyebabkan rem blong. Usahakan untuk selalu merawat kendaraan secara berkala untuk mengetahui ada gangguan pada kendaraan atau tidak.

2. Kekurangan minyak rem

Penyebab lain adalah mobil Anda kekurangan minyak rem. Kurangnya minyak memang akan menyebabkan rem menjadi sulit dikendalikan. Jika kekurangan minyak rem, maka mobil akan terus melaju dan sulit berhenti.

3. Uap air

Faktor lain penyebab dari rem blong adalah masuknya udara ke dalam sistem pengereman yang memunculkan uap air. Uap air dihasilkan dari proses oksidasi yang dapat mengganggu sistem pengereman mobil Anda. Lama kelamaan uap air akan membuat minyak rem terasa panas.

Minyak rem yang sudah panas akan mengakibatkan gangguan pada sistem pengereman. Tekanan dari minyak rem menjadi turun dan rem tidak bisa berfungsi dengan baik.

4. Kualitas minyak rem

Kualitas minyak rem juga bisa mempengaruhi kondisi rem. Pastikan beli minyak rem berkualitas bagus. Menggunakan minyak rem dengan kualitas buruk bisa mempengaruhi suhu minyak rem dan akhirnya blong.

5. Sering menginjak pedal

Terus menerus menginjak pedal rem dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan blong. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya gesek antara kaki dengan pedal secara terus menerus dan mengakibatkan kaliper panas. Kaliper yang panas inilah yang bisa membuat rem menjadi blong.


Baca juga artikel terkait KECELAKAAN BALIKPAPAN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Otomotif)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight