Kebakaran Kilang Balongan akibatkan 1.078 Pelanggan Mati Listrik

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 29 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kebakaran kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jabar menyebabkan 10 gardu PLN terdampak.
tirto.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat (Jabar) menyatakan sebanyak 10 gardu distribusi terdampak kebakaran kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jabar, yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari.

GM PLN UID Jawa Barat Agung Nugraha menjelaskan, dari 10 gardu yang terdampak sampai dengan pukul 08.00 WIB, sudah ada 1 gardu distribusi yang dinormalkan.


"Kami terus akan mengupayakan penormalan jaringan dan bekerja sama dengan pemerintah dan aparat agar listrik kembali menyala, beberapa lokasi harus kami lakukan survei terlebih dahulu demi keamanan masyarakat," kata GM PLN UID Jawa Barat Agung Nugraha, Senin (29/3/2021)

Sebanyak 1.078 pelanggan terdampak mengalami gangguan mati listrik akibat peristiwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 01.00 WIB.

Sesaat sejak dimulainya gangguan dini hari tadi, kata Agung, PLN langsung mengupayakan manuver jaringan untuk mengantisipasi meluasnya dampak gangguan dan menerjunkan personel serta petugas pelayanan teknis, serta melakukan upaya pengamanan aset PLN.

PLN langsung mengupayakan manuver jaringan dan menerjunkan 17 personel yang terdiri pegawai dan petugas pelayanan teknis.

Selain itu, juga melakukan upaya pengamanan aset PLN dan lokasi saat ini juga sedang dijaga oleh aparat demi keamanan bersama mencegah apabila terjadi hal yang membahayakan seperti ledakan susulan.

"Lokasi saat ini juga sedang di jaga oleh Aparat demi keamanan bersama mencegah apabila terjadi hal yang membahayakan seperti ledakan susulan," kata Agung Nugraha.

Sebelumnya, kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari. Saat ini, kilang minyak Balongan sudah dinonaktifkan untuk menghindari kebakaran yang lebih luas.

Kebakaran terjadi di tangki T301G. Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti. Namun, pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir. Kilang yang terbakar adalah kilang Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Jawa Barat.

Pertamina sudah mengevakuasi 950 warga ke tiga lokasi selama proses pemadaman Kilang Balongan per pukul 10.00 WIB hari ini. Kebakaran ini menyebabkan 5 orang mengalami luka berat dan 15 lainnya mengalami luka ringan, menurut Plt Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu Caya.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN KILANG BALONGAN atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri
DarkLight