Johan Budi Pengusul Nama Dewan Kolonel, Geng Dukung Puan Nyapres

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 21 Sep 2022 10:27 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Dewan Kolonel sudah dibentuk sejak tiga bulan lalu oleh para anggota Fraksi PDIP di DPR demi mendukung Puan Maharani maju jadi capres.
tirto.id - Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Johan Budi mengakui dirinya yang menginisiasikan nama Dewan Kolonel yang bertugas untuk menaikkan citra dan elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani dalam menghadapi Pemilihan Presiden 2024.

Dewan Kolonel itu terdiri dari seluruh anggota Fraksi PDIP di DPR RI, mulai dari Komisi I hingga Komisi XI.

"Jadi begini di Fraksi PDIP sekitar 2-3 bulan lalu sempat ada pembicaraan bahwa kami ini pendukung Mbak Puan, lalu kami usulkan untuk membentuk tim. Kemudian saya usul sebut saja timnya Dewan Kolonel. Begitu ceritanya," kata Johan Budi di Gedung DPR RI pada Selasa (20/9/2022).

Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini menerangkan bahwa tim yang dibentuk merupakan inisiasi dari Fraksi PDIP di DPR tanpa ada campur tangan dari DPP PDIP.

"Kami di fraksi ada sekelompok orang dan ingin menjadi timnya Mbak Puan untuk persiapan Pilpres. Ini enggak ada kaitannya dengan DPP loh ya," terangnya.

"Sehingga kalau kamu tanya apakah Mas Hasto tahu, silakan konfirmasi sendiri. Karena Dewan Kolonel terbentuk atas inisiatif kami sendiri sebagai kader," imbuhnya.

Johan Budi mengungkapkan bahwa Dewan Kolonel telah memiliki posko yang digagas untuk menjadi tempat berkumpul membahas tugas mereka menaikkan citra Puan Maharani. Dikabarkan bahwa posko tersebut berada di salah satu gedung di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Kami bergerak untuk Mbak Puan, tapi tentunya menunggu keputusan dari ketua umum (memilih nama capres) dan kita prepare untuk itu. Persiapan dulu semuanya. Kita sudah memiliki posko yang akan dipakai untuk bekerja," ungkapnya.

Meski sudah memiliki posko, namun Johan Budi mengaku belum pernah mengunjungi tempat tersebut. Dirinya menyebut bahwa rapat Dewan Kolonel beberapa waktu ini lebih sering dilakukan di Ruang Fraksi PDIP di Lantai 7 Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen.

"Iya sudah ada sejak 3 bulan lalu, kalau tidak salah. Tapi saya belum pernah ke situ. Tapi untuk sementara kita rapat tidak disitu karena biasanya kita naik ke lantai 7 untuk diskusi," ujarnya.

Saat dikonfirmasi mengenai sikap Puan atas terbentuknya Dewan Kolonel, Johan Budi menyebut bahwa Puan merasa senang dan menunjukkan ekspresi dukungan atas kinerja para kader PDIP di DPR.

"Mas Utut sudah menghadap Mbak Puan dan melaporkan ke Mbak Puan," terangnya.

Walaupun telah menyiapkan manuver untuk menjagokan Puan ke Pilpres 2024, namun Johan Budi tetap memasrahkan usulannya ke Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Tapi kan kita nggak bisa melangkahi apa yang diputuskan oleh Ibu Mega. Tentu semuanya menyampaikan usulan tapi apapun keputusan Ibu Mega nanti, kita akan tetap tegak lurus," tegasnya.


Baca juga artikel terkait DEWAN KOLONEL PDIP atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight